Ingin Doa Terkabul? Ketahui 11 Syarat-Syarat Terkabulnya Doa

Faktakah.com - Syarat doa agar cepat terkabulSebagai manusia yang hanya dapat membuat rencana, berdo’a ialah salah satu cara paling mujarab untuk meminta sesuatu dari Allah SWT, zat maha sempurna yang menjadi pemilik & penguasa dari seluruh galaksi, alam semesta, & segala makhluk yang ada di dalamnya. Tapi apa saja syarat atau hal yang membuat do’a kita bakal dikabulkan oleh Allah SWT? Hari ini ayo kita bahas syarat doa agar cepat terkabul.

Ingin Doa Terkabul? Ketahui 11 Syarat-Syarat Terkabulnya Doa

Anjuran untuk berdo’a dalam agama Islam timbul di Al-Qur’an pada di surat Al-Mu’min ayat 60 yang isinya mengenai:

Apabila seseorang berdo’a terhadap Allah SWT, maka Allah bakal mengabulkan doa-doa tersebut. Sementara mereka yang arogan & sama sekali tidak berniat untuk menyembah Allah SWT secara memanjatkan do’a kepadanya maka bakal dimasukkan ke dalam neraka Jahannam dalam kondisi diri yang amat hina.

Mengingat janji ini ialah janji yang dibangun langsung oleh Allah SWT, maka pasti saja seluruh do’a yang datang telah pasti bakal dikabulkan, hanya persoalan waktu saja sebelum semuanya terjadi. Jadi bagaimana caranya syarat agar doa terkabul dengan cepat?

Syarat doa mudah terkabul, anjuran umat Islam berdo’a kembali timbul & saat ini berasal dari Nabi Muhammad SAW sendiri. Hal ini terbukti dari suatu  hadist yang diketahui keshahihannya, dimana hadits tersebut diriwayatkan oleh Ath-Thabrani. Dalam hadits tersebut, Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa tidak ada orang yang berdo’a terhadap Allah & mendapati do’anya tidak terkabul.

Hanya ada 11 syarat doa supaya cepat terkabul, nah bagi kamu yang ingin doa nya cepat terkabulkan, maka ingatlah 11 syarat-syarat ini :

Baca Juga : Kisah nyata dahsyatnya doa ibu bagi anaknya


Syarat syarat sebuah doa terkabul

Untuk terkabulnya doa, nyatanya ada berbagai syarat-syarat yang haruslah dipenuhi seseorang. Apa sajakah syarat doa kita terkabul ? nyatanya telah dituliskan dalam Al-Qur’an & Al-Hadits, yaitu sebagai berikut:

1. Berdo’a dengan sabar & diiringi shalat
2. Mengulang do’a sebanyak tiga kali
3. Berdo’a di waktu & tempat yang mustajab
4. Hanya konsumsi makanan serta minuman yang halal
5. Berdo’a dengan suara lembut & rendah hati
6. Tidak meminta doa yang berlebihan atau mustahil didapatkan
7. Berdo’alah dengan khusyu & ikhlas, & pastikan do’a tersebut hanya dikabulkan oleh Allah SWT
8. Berdo’alah untuk hal yang tidak akan memunculkan dosa nantinya
9. Hendaklah berdo’a dengan penuh keyakinan bahwa Allah SWT akan mengabulkan semua doa kita.
10. Janganlah terburu-buru dalam berdo’a
11. Pastikan kita bertakwa pada Allah saat memanjatkan do’a

Do’a yang dipanjatkan memenuhi syarat di atas & dikombinasikan dengan firman Allah di surat Al-Mu’min tadi, berarti Allah telah berjanji bakal mengabulkan semua do’a dengan tiga kondisi yaitu saat di dunia, untuk tabungan di akhirat, atau untuk mencegah kecelakaan seseorang nantinya. Pada akhirnya, manusia hanya dapat membuat rencana & sesungguhnya hanya Allah SWT-lah yang mengenal mana doa yang baik dan mana doa yang kurang baik bagi seseorang.

Saat do’a kita belum dikabulkan oleh Allah SWT, mungkin kita haruslah kembali melihat ke dalam diri kita sendiri & lakukanlah instrospeksi diri terhadap hal-hal yang kita anggap dalam hal melangkah ke depan. Atau mungkin Allah SWT terbukti menyimpan hal tersebut untuk nanti. Yang penting ialah kita telah memperhatikan syarat syarat doa cepat terkabul.

Itulah artikel mengenai syarat syarat agar doa terkabul, yuk bertakwa kepada Allah agar doa kita mudah diterima oleh sang Khaliq.

Baca Juga : Subhanallah, inilah 7 golongan orang yang hanya di doa kan malaikat

0 Response to "Ingin Doa Terkabul? Ketahui 11 Syarat-Syarat Terkabulnya Doa"

Post a Comment