Hukum Makan dan Minum Pakai Tangan Kiri, Inilah Dosa Besarnya!!!

Faktakah.com - Larangan makan dan minum pakai tangan kiriBeberapa dari kita terlahir dengan tangan kiri yg lebih dominan, tapi nyatanya Islam sendiri mengatur hukum makan & minum dengan tangan kanan. Apakah ini berarti kita melakukan perbuatan yg dilarang dalam Islam?

mengapa kita tidak boleh makan dan minum dengan tangan kiri? nyatanya ada sebuah ancaman berupa dosa saat kita sedang makan dengan tangan kiri... 

Baca Juga : Ini Ancaman Keras Makan Dengan Tangan Kiri + Jokowi Termasuk...!!!

Hukum Makan dan Minum Pakai Tangan Kiri, Inilah Dosa Besarnya!!!

Bagaimana Hukum Makan dan Minum dengan Tangan Kiri?

Kita sama-sama telah tahu bahwa Islam bukan hanya sebuah agama yg ajarannya haruslah kita patuhi, tapi juga Islam berperan sebagai panduan hidup kita di dunia khususnya pada persoalan kebiasaan & akhlak dalam beberapa macam hal. 

Salah satu hal yg rutin ditekankan dalam Islam ialah larangan makan dan minum menggunakan tangan kiri, & sebaiknya memakai tangan kanan. Hal ini diperkuat lewat hadits tentang makan dan minum dengan tangan kiri yg disampaikan Aisyah & diriwayatkan oleh Bukhari, dimana hadits tentang makan dan minum dengan tangan kiri bercerita mengenai Nabi Muhammad yg selalu memakai tangan kanan untuk makan dan minum, dan tidak pernah makan dan minum pakai tangan kiri.

Pernah ada kisah dimana Umar datang pada Nabi Muhammad saat ada acara makan-makan. Nabi bersabda bahwa Umar haruslah ucapkan bismillah & jangan gunakan tangan kiri untuk makan ataupun minum, tapi gunakanlah tangan kanan. Hal lain yg diingatkan oleh Rasulullah SAW terhadap Umar pada saat itu ialah supaya Umar memilih makanan yg ada di dekatnya, bukan makanan yg susah ia ambil. 

Kembali lewat hadits yg diriwayatkan oleh Muslim dari Ibnu Umar tentang hukum makan dan minum menggunakan tangan kiri, dikatakan bahwa Nabi Muhammad SAW hanya mau memakai tangan kanan untuk hal baik. Ini sebab dipercaya hanya setanlah yg mau makan dengan tangan kiri. Sebab hal ini juga, makan dengan tangan kanan sebagai perintah & bukan anjuran.

Hukum makan minum pakai tangan kiri ada di dalam hadits dari Salamah bin Al Akwa’ yang diriwayatkan oleh Muslim & dikualitas shahih. Dalam hadits tersebut, Salamah bercerita bahwa ada seorang laki-laki yg duduk & makan bersama Rasulullah, dan dia duduk samping beliau. Pria tersebut memberi suapan dengan tangan kiri, & Rasulullah telah memberi tahu akhlak makan, namun pria tersebut menolak ucapan Nabi Muhammad dengan congkak. Mendadak, tangan yg ia miliki tidak mempunyai kekuatan untuk mencapai daerah mulutnya.

Hukum Makan dan Minum Bagi Orang Kidal

Terbukti dalam Islam telah diatur persoalan hukum makan memakai tangan kiri, & yg menjadi rujukan tentang keputusan tersebut ialah ucapan dari Syaikh Muhammad. Untungnya, beliau memberi keringanan untuk para manusia yg mempunyai persoalan dengan tangan mereka ataupun yg hanya dapat memakai tangan kiri untuk beraktivitas. Syaikh Muhammad juga membahas bahwa sebetulnya tidak apa-apa apabila seseorang tidak dapat memakai tangan kanannya & makan memakai tangan kiri.

Dalam sebuah hadits diucapkan bahwa hanya setan yg makan & minum memakai tangan kiri, & apabila kalau orang yg makan pakai tangan kiri bukan setan, maka ia akan di serupai menyerupai setan. Rasulullah juga menegaskan supaya seseorang mau memakai tangan kanan untuk makan apabila tak ada persoalan. 

Baca Juga : FAKTA, 8 Alasan Mengapa Islam Melarang Makan Babi...!!!

Inilah hukum makan & minum dengan tangan kiri, ternyata merupakan akhlak yang tidak terpuji ya???

0 Response to "Hukum Makan dan Minum Pakai Tangan Kiri, Inilah Dosa Besarnya!!!"

Post a Comment

# Dilarang Meninggalkan Link di Kolom Komentar
# Berikan Saran dan Komentar Anda Jika menurut Anda Benar :)