Hikmah Mengangkat Tangan Saat Takbir, Inilah Manfaat Besarnya...!!!

loading...
loading...
Faktakah.com - Hukum mengangkat kedua tangan ketika shalatSaat shalat, kita diwajibkan membawa kedua tangan ke atas yg disebut gerakan takbir. Nyatanya ada hikmah dibalik mengangkat kedua tangan dalam shalat ini. Gerakan takbir merupakan bagian dari gerakan yg wajib digerakkan saat kita sedangg melakukan ibadah shalat, & salah satu alasan mengangkat kedua tangan adalah sebab hal tersebut membuat shalat yg kita lakukan terkesan lebih megah, jauh lebih indah, & menjadi jauh lebih sempurna untuk dilihat apabila dibandingkan dengan tanpa gerakan takbir tersebut.

Gerakan takbir dalam shalat pertama kali diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, dimana hal ini tertulis pada suatu hadits. Hadits tersebut berbunyi mengenai Rasulullah SAW yg bersabda bahwa orang-orang sebaiknya shalat dengan mengikuti cara Rasulullah SAW dalam shalat. & apabila kita mau mencermati cara-cara Rasulullah shalat, nyatanya harmonisasi gerakan yg diperbuat saat kita shalat teramat menarik, mengingat hampir seluruh bagian badan kita ikut bergerak di dalamnya. Mungkin ini juga yg dimaksud dengan sedekah setiap persendian yg tertulis pada suatu hadits riwayat Abu Dzar nomor 1181.

Baca Juga : Astagfirullah! Inilah 10 Jenis Shalat Yang Tidak DIterima Allah

Hikmah Mengangkat Tangan Saat Takbir, Inilah Manfaat Besarnya...!!!

Manfaat Mengangkat Kedua Tangan Dalam Shalat [Takbir]

Mengangkat kedua tangan shalat wajib hukumnya untuk kesehatan, karena salah satu alasan melakukan gerakan takbir dalam shalat diperkirakan ialah untuk menolong kesehatan jasmani serta rohani orang yg mengerjakannya. Salah satu tujuan lain yg paling mutlak dari gerakan membawa tangan ini adalah sebagai salah satu cara untuk refleksi pada urat siku & pergelangan tangan. Hal ini lalu menjadi sesuatu yg sangat penting bagi kita yg saat ini bekerja di dunia modern, berhadapan seharian dengan pc & tangan kita ada pada meja dengan cara non-stop. Dengan melakukan gerakan takbir berkali-kali lewat shalat lima kali sehari, maka niscaya pergelangan tangan kita & bagian lainnya bakal rutin terjaga.

Hikmah dibalik mengangkat kedua tangan ketika shalat yg paling pertama dapat ditemukan lewat keterangan yg dituliskan oleh Imam Syafi’i, dimana hal tersebut beliau kutip dari Syaikh Nawawi dalam buku Nihayatuz Zain. Gerakan takbir tersebut, menurut Imam Syafi’i adalah suatu  pertanda mengenai usaha seorang hamba bakal kebesaran yg dimiliki oleh Allah SWT. Mengangkat tangan tersebut juga dapat berarti sebagai andalan bakal karunia serta ampunan yg dikasih oleh Allah SWT terhadap umat-umatnya yg ada di seluruh dunia.

Syaikh Muhammad Sahalih menjawab pertanyaan “untuk apa mengangkat kedua tangan saat shalat?” dengan suatu alasan yg amat ringkas & langsung menuju intinya, sebab gerakan tersebut adalah suatu gerakan pertama dari shalat. Nabi Muhammad SAW juga mengingatkan bahwa saat kita shalat haruslah mengikuti cara Rasulullah SAW beribadah. mengangkat kedua tangan shalat berjamaah

Semoga kita dapat memperoleh hikmah yg lain, & semoga juga kita dapat memperoleh kebaikan dari apa yg diperbuat oleh Rasulullah SAW. Dalam gerakan takbir juga, Syaikh Muhammad melanjutkan, ada suatu  pertanda bahwa kita sedang mengagungkan Allah SWT sebagai satu dzat yg mempunyai kendali penuh atas seluruh makhluk di alam semesta, bahkan atas seluruh bagian dari alam semesta itu sendiri. 

MengAgungkan inilah yg menyatakan “Allahuakbar”. Ini adalah suatu  bentuk lain dari penyembahan & bentuk ibadah terhadap Allah SWT, & merupakan hikmah dibalik mengangkat kedua tangan dalam shalat yg telah dinyatakan berbagai ulama sebagai yg paling baik. mengangkat kedua tangan shalat fardhu

Inilah artikel mengenai mengangkat kedua tangan ketika shalat yang ternyata banyak manfaat yang kita terima.

Baca Juga : Inilah manfaat gerakan shalat untuk kesehatan manusia
loading...

0 Response to "Hikmah Mengangkat Tangan Saat Takbir, Inilah Manfaat Besarnya...!!!"

Post a Comment