5 Hikmah & Keutamaan "Menjaga Wudhu"

Faktakah.com - 5 Hikmah & Keutamaan "Menjaga Wudhu".  Bagi umat Islam wudhu merupakan sesuatu yg penting, nyatanya ada hikmah & keutamaan rutin menjaga wudhu. hikmah menjaga wudhu lengkap

Bagaimana tidak, wudhu merupakan sesuatu yg diperlukan jika kita memegang Al-Qur’an ataupun bahkan saat kita ingin memanjatkan loyalitas kita terhadap Allah SWT yg menjadi satu-satunya dzat terbaik & paling terjangkau hati yg memegang kendali bakal segala sesuatu yg terjadi pada bumi, galaksi, alam semesta, & segala macam hal yg ada di dalamnya. 

Air wudhu sendiri dipercaya sanggup membersihkan hadats besar & kecil, tapi apa hikmah orang yang menjaga wudhu? dan apa saja manfaat menjaga wudhu?

Baca Juga : WOW, Fakta Unik Sumur Air Zam-Zam Berdasarkan Penelitian Para Ahli


5 Hikmah & Keutamaan "Menjaga Wudhu"


Ini Hikmah & Keutamaan Selalu Menjaga Wudhu Kita

Menjaga wudhu bukanlah hal yg asing bagi mereka yg menjadi penghafal Al-Qur’an ataupun yg biasa disebut dengan nama hafizh Al-Quran. Hal ini amat wajar, mengingat seorang hafizh Qur’an sering menghabiskan waktunya untuk membaca al-Qur’an yg ia miliki tanpa peduli waktu & tempat. 

Untuk memegang suatu  Al-Qur’an yg merupakan sebagai benda suci, kita diwajibkan untuk dalam kondisi suci contohnya yg diucapkan oleh Allah SWT dalam ayat alquran tentang keutamaan menjaga wudhu dalam surat Al-Waqi’ah ayat ke-79, dimana bunyinya :


Bahwa kita tidak boleh menyentuh al-Qur’an kecuali kita tergolong dalam mereka yg suci.

Mendengar ayat tentang perintah untuk menjaga wudhu saat memegang Al-Qur’an, terjadi berbagai perbedaan pandagan yg timbul sebab cara tafsir yg tidak sama. Walau begitu, hampir seluruh ulama mempunyai pendapat yg sama tentang penyentuhan Al-Qur’an, dimana mereka harus dalam kondisi suci, sangat diharamkan menyentuh Al-Qur’an jika ada najis yang masih nempel.

Baca Juga : 

Apabila seseorang ingin membaca Al-Qur’an tanpa menyentuhnya, maka dibolehkan apabila ia hanya mempunyai hadas kecil, tapi diharamkan saat mereka mempunyai hadas besar.

Yang harus kita ketahui tentang wudhu ialah bahwa nyatanya ada hikmah & keutamaan menjaga wudhu yg kita miliki, & hal-hal tersebut ialah:

#1. Wudhu yg terjaga sanggup memasukkan seseorang ke surga contohnya layaknya Bilal. Hal ini tercatat dalam suatu  hadist yg diriwayatkan oleh Bukhari.

#2. Air wudhu sanggup membuat otot-otot yg tadinya tegang menjadi rileks. Berbagai dokter bahkan mengatakan bahwa percikan air ke wajah sanggup menghapus kepenatan & lelah.

#3. Mereka yg tidur seusai berakhir berwudhu niscaya bakal rutin dikawani & dido'akan oleh malaikat, contohnya pada hadits keutamaan menjaga wudhu yg diriwayatkan oleh Ibnu Hibban & berasal dari Ibnu Umar. Saat kita didoakan oleh malaikat, maka doa kita terhadap Allah niscaya bakal dikabulkan.

#4. Percikan air wudhu pada wajah bakal mempercerah wajah kita, sebab air tersebut sanggup menyapu bersih debu, kuman, & sisa kotoran yg melekat.

#5. Biasa menjaga wudhu kemungkinan besar bakal dihindarkan dari maksiat serta dosa-dosa lainnya. Hal ini didampakkan sebab kita sedang ada dalam kondisi yg suci & beriman. Sabda Rasulullah SAW tentang hal ini tercatat dalam hadits yg diriwayatkan oleh Ibnu Majah & Ahmad, dimana statusnya sendiri ialah hadist yg shahih. hikmah menjaga wudhu rasulullah

Keutamaan orang yang menjaga wudhunya, niscaya dosa yg dimiliki oleh seseorang bakal terhapuskan, belum lagi derajatnya di mata Allah SWT akan ditingkatkan dari sebelumnya. Hal ini dibuktikan oleh sabda Rasulullah SWT yg diriwayatkan oleh Muslim tentang hal yg membuat derajat seseorang meninggi.

Baca Juga : Adab Buang Air Kecil Ini Sering Dilupakan

Dengan fakta-fakta di atas, akankah kita menjaga wudhu kita setelah mengenal hikmah selalu menjaga wudhu & keutamaan menjaga air wudhu di sumur agar tetap bersih.

0 Response to "5 Hikmah & Keutamaan "Menjaga Wudhu""

Post a Comment