Tidur Terlentang VS Tidur Tengkurap, Jangan Disepelekan!!!

Faktakah.com - Posisi Tidur telentang atau tengkurap, mana yang lebih baik? Bagi para penggemar faktakah.com, tidur dalam posisi apapun mungkin dianggap bukan persoalan. Asalkan Anda mengantuk, di manapun rasanya anda dapat rebahkan tubuh. Tapi nyatanya, tidur dengan posisi tertentu juga mempunyai efek dan bahaya. Kami mencoba mengupas tuntas untuk Anda tentang posisi tidur ter

Tidur Terlentang VS Tidur Tengkurap, Jangan Disepelekan!!!

Fenomena Tidur

Tidur begitu berguna bagi manusia. Dengan tidur maka badan Anda diajak untuk banyak berelaksasi. Dengan maksud bakal terjadi tidak banyak peregangan yang berlangsung dengan cara perlahan pada kala Anda tertidur. Tidur pun dalam ilmu kesehatan bakal sangat berguna untuk mengembalikan energi badan Anda yang pernah lepas melepas penat aktifitas harian.

Di dalam ilmu keselamatan dan kesehatan kerja, ataupun K3, ada istilah kurang tidur, yakni badan memperoleh jatah ataupun kapasitas waktu tidur yang lumayan yang diperlukan oleh tubuh. Kurang tidur ini selayaknya wajib dibayar dengan tidur dengan waktu yang lumayan di waktu lain.

Tetapi kendala pada karyawan ialah, kadang kurang tidur lama tidak bakal terbayarkan, justru Anda bakal semakin mengalami kekurangan tidur dalam waktu manjur kerja Anda. Dan akibatnya ialah badan Anda bakal menjadi layu dan cepat lelah.

Apa efek negatif ataupun akibat kurang baik orang yang mengalami ataupun merasakan situasi kurang tidur ini? Simak informasinya berikut ini :

#1. Orang yang kurang tidur bakal mengalami penurunan gerak refleks tubuh
#2. Orang yang kurang tidur bakal merasa cepat lelah
#3. Orang yang kurang tidur bakal rentan kepada serangan beberapa penyakit
#4. Orang yang kurang tidur lambat laun bakal merusak pupil mata, sebab terlalu dipaksakan
#5. Orang yang kurang tidur bakal mengalami penurunan daya ingat otak

Demikian kira-kira efek minus dari seseorang yang mengalami kondisi kekurangan tidur dan terjebak dalam situasi kurang tidur. Sebab fenomena tidur terbukti sejatinya ialah kebutuhan dasar yang manusiawi bagi setiap orang. Umpama dengan tidur dengan cara berlebihan atau kebalikannya jarang tidur melemburi pekerjaan kantor anda akan terganggu.

Bahaya Tidur Telentang

Tidur itu sendiri mempunyai beberapa posisi tidur terbaik menurut kesehatan. Tetapi yang paling sering diperbuat oleh orang pada umumnya ialah posisi tidur dengan cara telentang, miring maupun tengkurap. Anda wahai para penggemar faktakah.com, bakal diajak untuk mengupas tuntas berguna, efek dan bahayanya pada masing-masing posisi tidur tersebut.

Dan selanjutnya, Anda jadi bakal mengenal antara tidur telentang ataupun tengkurap, posisi tidur yang terbaik apa yang cocok unutk anda? Simak penjelasan berikut ini.

Tidur telentang ialah posisi tidur pada kala badan bagian depan Anda menghadap ke atas. Dan posisi kepala menengadah. Pada tidur dalam posisi ini, tanpa sadar ada berjuta-juta saraf badan akan teregang dengan cara alami. Ada pelonggaran rongga dada, sebab tulang dada yang melindungi organ dalam badan manusia bakal sangatlah dalam posisi yang bebas. Tanpa tindihan apapun.

Ketika Anda tidur telentang, meskipun terbukti aktifitas tidur bakal berakibat positif kepada kerja syaraf, Anda tidak menyadari ada bahaya yang mengintai pada tidur saat posisi tersebut.

Seorang professor ahli Kesehatan dan Kedokteran dari Jepang bernama Prof.Dr. Yoshihiro Nakagawa, yang mengisyaratkan pada anda bahwa tidur telentang nyatanya tidaklah sehat. Alasan yang dikemukan oleh Profesor Nakagawa itu ialah: sulit bernafas, terganggunya pencernaan, dan tersedak dengan cara tiba-tiba.

Lain halnya jika posisi tidur telentang dihubungkan dengan posisi yang diidolakan oleh para bayi. Maka posisi telentang membuktikan bahwa sindrom kematian mendadak bayi (SIDS) dengan cara frontal. Walau dengan tidur telentang dapat mempengaruhi bentuk kepala bayi.

Bahaya Tidur Tengkurap

Selain posisi tidur telentang, maka posisi tidur tengkurap juga lumayan digemari oleh semua orang, khususnya pada bayi. Tidur tengkurap ialah tidur dalam posisi segi badan bagian depan menghadap ke bawah, jadi seluruh organ dalam badan Anda yang terlindung oleh tulang dada mengalami himpitan oleh berat badan Anda sendiri.

Sehubungan dengan posisi tidur pada bayi, ialah American Academy of Pediatrics (AAP) mengadakan penelitian dan memberi kesimpulan. Yakni posisi terlentang nyatanya tetap merupakan posisi yang paling aman.

Meski begitu, posisi tidur dengan cara tengkurap rata-rata tetap dianggap mempunyai banyak kelebihan, antara lain, yakni memperoleh waktu mengistirahatkan kepala bagian belakang dan merelaksasi otot-otot leher yang kencang. Tetapi jangan melebihi waktu setengah jam untuk tidur dalam posisi tengkurap. Sebab bakal menghambat kerja jantung Anda kala memacu dan memompa darah. Anda dapat pingsan ataupun mati mendadak.

Apa posisi tidur Anda yang terbaik, para penggemar faktakah.com, hanya Anda sendiri saja yang mengenal. Dan Anda pula yang menyimpulkan sendiri antara tidur telentang ataupun tengkurap, mana yang lebih baik?

Inilah posisi tidur yang terbaik bagi kesehatan anda, tidur dalam posisi apapun ada positif dan negatifnya.

0 Response to "Tidur Terlentang VS Tidur Tengkurap, Jangan Disepelekan!!!"

Post a Comment

# Dilarang Meninggalkan Link di Kolom Komentar
# Berikan Saran dan Komentar Anda Jika menurut Anda Benar :)