Ini Ancaman Keras Makan Dengan Tangan Kiri + Jokowi Termasuk...!!!

Faktakah.com - Bolehkah makan dengan tangan kiri? Untuk kalian yg tidak memakai tangan kanan untuk makan, waspadalah sebab nyatanya ada ancaman bagi yg makan dengan tangan kiri. Ancaman ini merupakan suatu  doa yg tidak mempunyai pengertian yg baik, & yg mendo’akan tidak lain tidak bukan ialah Nabi besar Muhammad Shallallahu’alaihi wa sallam. Nah apa hukum makan dengan tangan kiri yang begitu dilarang dalam dalil makan tangan kiri? dan mengapa islam melarang makan dengan tangan kiri ? Yuk kita pahami dalam artikel ini.

Baca Juga : Inilah alasan kenapa manusia selalu rakus!
Foto Jokowi Makan dengan Tangan Kiri :
Ini Ancaman Keras Bagi Yang Makan Dengan Tangan Kiri

Hati-Hati, Ada Ancaman Bagi yang Makan dengan Tangan Kiri

Islam bukan hanya sebagai suatu  agama, tapi juga sebagai sumber rujukan untuk hidup, khususnya di dalam akhlak & kebiasaan. Salah satu akhlak yg diajarkan dalam Islam ialah makan memakai tangan kanan, bukannya tangan kiri. Suatu  hadist yg diriwayatkan oleh Bukhari, yg disampaikan oleh Aisyah ialah bahwa Nabi Muhammad rutin memakai tangan kanannya untuk segala hal yg dikualitas baik, contohnya umpama bersisir ataupun hingga bersuci.

Dalil larangan makan menggunakan tangan kiri yg diriwayatkan oleh Bukhari & Muslim yg disampaikan oleh Umar bin Abi Salamah, diceritakan di dalam hadits tentang makan dan minum dengan tangan kiri bahwa Nabi Muhammad sempat bersabda pada Umar bahwa ia haruslah mengucap bismillah & makan dengan tangan kanan, bukannya kiri. Lalu ia juga dikabarhu untuk mengambil makanan yg ada di dekatnya, bukan yg jauh darinya & lebih dekat ke orang lain.

Lewat hadist dari Muslim yg disampaikan oleh Ibnu Umar, Rasulullah mengatakan bahwa seseorang haruslah makan & minum memakai tangan kanan. Hal ini sebab hanya setan yg makan & minum memakai tangan kirinya. Pada hadist tersebut juga tertulis bahwa yg diucapkan Nabi Muhammad mengenai makan dengan tangan kanan ialah suatu perintah, & bukanlah suatu anjuran.

Hukum makan menggunakan tangan kiri menurut islam timbul pada hadits tentang larangan makan dengan tangan kiri yang riwayat oleh Muslim yg ada dalam kitab Shahih Muslim. Hadist ini diucapkan oleh Salamah bin Al Akwa’, yg isinya ialah pada ketika itu ada laki-laki yg sedang makan & duduk di samping Rasulullah. Pria tadi lalu makan dengan tangan kiri. Melihat hal tersebut, Rasulullah sempat memberi tahu laki-laki tadi untuk makan memakai tangan kanan, jangan tangan kiri. Pria tersebut menolak dengan kata “tidak bisa”, & bicara dengan arogan. Sebab hal itu, akhirnya tangannya tidak dapat hingga ke bagian mulutnya.


Bagaimana dengan hukum makan dengan tangan kiri bagi orang kidal? Bukankah Ada Ancaman Bagi yg Makan Dengan Tangan Kiri?


Hukum makan dengan tangan kiri terbukti diharamkan, hal ini merujuk pada ucapan Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin. Tapi, ia memberi garis bawah mengenai pembolehan memakai tangan kiri untuk makan. Ia mengatakan bahwa tidak apa-apa seseorang memakai tangan kiri untuk makan apabila & hanya apabila ada suatu  kondisi yg menyebabkan ia terpaksa makan tidak memakai tangan kanan. Apabila hal tersebut tidak terpenuhi, maka diharamkan makan memakai tangan tidak hanya tangan kanan. Tapi, berbagai ulama mengatakan bahwa hukum makan dengan tangan kiri ialah makruh, bukan haram. Hal ini berlaku sebab ucapan nabi dikualitas sebagai bimbingan, bukan hingga mengharamkan.

Al Imam Ibnul Qayyim mengatakan dalam Zaadul Ma’ad bahwa hanya setan makan dengan tangan kiri. Jika apabila makhluk tersebut bukanlah setan dengan cara wujud, maka ia bakal menyerupai setan. Hal ini juga ditegaskan oleh sabda Rasulullah bahwa apabila seseorang tidak mempunyai persoalan dengan tangan kanannya, makan dengan tangan kiri bakal membuat orang tersebut layaknya setan. Hal tersebut biasanya bakal mengikuti terhadap kegiatan lain-lainnya yg mengangkat kemudharatan, hal inilah yg menjadi ancaman bagi yg makan dengan tangan kiri.

Itulah artikel mengenai fakta bahaya makan menggunakan tangan kiri, ternyata telah dikatakan rasulullah melarang makan dengan tangan kiri, karena makan dengan tangan kiri mempuyai dampak negatif yang tak baik.

Baca Juga : Gila, ternyata ada juga syarat yang membolehkan kita melukakan banyak dosa

0 Response to "Ini Ancaman Keras Makan Dengan Tangan Kiri + Jokowi Termasuk...!!!"

Post a Comment