Ini 3 Jenis "BOHONG" Yang Diperbolehkan Dalam Islam

Faktakah.com - 3 Jenis Bohong Yang Dibenarkan Dalam Islam. Bohong yg diperbolehkan dalam Islam ada berbagai macam, & itu menandakan bahwa tidak semua berkata bohong dalam islam itu dosa.

Berbohong pada dasarnya ialah sebuah perbuatan yg dilarang dalam Islam sebab bohong itu artinya mengungkapkan sesuatu untuk mengurangi ataupun menambahkan sesuatu yg tidak ada buktinya & dianggap maksiat. Tapi nyatanya ada lho bohong dalam pandangan islam yang diperbolehkan.

Pengertian bohong dalam islam adalah menyebarkan berita bohong dengan maksud demi kebaikan dalam islam. Tentu terdengar aneh bukan berbohong demi kebaikan? nyatanya bohong demi kebaikan dalam islam itu akan menambah pahala kita lho, karena telah berbuat kebaikan. Tapi hukum bohong untuk kebaikan dalam islam itu hanya terbatas dan tidak boleh dilebih-lebihkan.

Disabdakan oleh Rasulullah bahwa ada tiga kebohongan yg dibolehkan. Maka dari itu kita bakal mengintip sejenak apa saja kebohongan tersebut. Hukum menyebarkan berita bohong dalam islam ada 3 macam yaitu :

Baca Juga : 7 Kebohongan Wanita Yang Sering Diucapkan Pada Pria

Ini 3 Jenis "BOHONG" Yang Diperbolehkan Dalam Islam

3 Jenis Bohong Yang Diperbolehkan Dalam Islam Menurut Sabda Rasullullah


#1. Bohong ke Istri Demi Menyenangkannya

Dikatakan oleh Ummu Kultsum radhiyallahu ‘anha bahwa ia sendiri sempat mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi sebuah keringanan bagi yg mengucapkan kebohongan ataupun dusta kecuali dalam tiga hal, yaitu ucapan suami untuk sang istri begitu juga sebaliknya, dalam tujuan ini untuk mendamaikan sebuah pertengkaran ataupun perseteruan antar manusia, serta untuk tujuan perang. Kebohongan yg diperbuat istri ke suami maupun suami ke istri demi membahagiakan pasangan itu hal yg dianggap baik.

bohong yang dibolehkan dalam islam : antara suami & istri ialah saat seorang suami memberikan istrinya sebuah hadiah pakaian, padahal sang suami tidak tahu-menahu soal fashion yg sedang tren maka baju yg dibelikan pun seleranya tidak begitu keren. Tetapi, sang istri yg jelas-jelas tahu bahwa baju itu jelek masih menerima dengan bahagia hati. Suami merasa bahagia jika si istri berbicara bahwa baju tersebut merupakan pemberian paling baik yg ia sempat terima.

Contoh lain dari bohong untuk kebaikan ialah saat sang istri bertanya terhadap sang suami apakah ia cantik, & si suami berbicara bahwa istrinya itu cantik sekali, bahkan wanita tercantik yg ia sempat temui. Hati si istri pun di sini tentu dengan cara otomatis dibahagiakan dengan kata-kata si suami barusan. Nah, bisa ditebak kalau si suami menjawab jujur, kelak tentu ada risiko yg bakal ditanggung. Nah itulah contoh bohong yang diperbolehkan dalam islam

2. Bohong dalam Situasi Perang

Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu sempat memboncengkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di atas kendaraan beliau, & setiap orang yg bertanya pada Rasulullah di tengah perjalanan, maka beliau bakal menjawab bahwa Rasulullah ialah penunjuk jalannya. Orang yg bertanya pun mendefinsikan jawaban tersebut sebagai jalan yg mempunyai makna haqiqi. Padahal Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu punya maksud bahwa jalan kebaikanlah yg sebetulnya. Hal itu beliau perbuat agar musuh-musuh Rasulullah tidak bisa mendekat & hanya demi kemaslahatan Rasulullah saja. Hal ini terdapat pada HR. al-Bukhari.

Berbohong ialah perbuatan yg diperbolehkan saat hal itu diperbuat berfungsi untuk menyelamatkan nyawa seseorang. Contoh bahwa tidak semua kebohongan itu dosa, umpama saat seseorang hendak dibunuh, padahal orang itu tidak punya salah apa-apa. Kemudian, orang tersebut meminta tolong kita untuk menyembunyikannya & saat seseorang yg bermaksud ingin membunuh tersebut datang & bertanya terhadap kita soal penampakan orang yg akan dibunuh, kita bisa berbohong agar nyawa orang tersebut bisa selamat.

#3. Bohong dengan Tujuan Mendamaikan Saudara

Bohong dalam agama islam telah disabdakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa seseorang tidak bakal dianggap pendusta jika ingin mendamaikan manusia yg sedang dalam situasi perseteruan sebab hal tersebut merupakan hal kebaikan.

Baca Juga : 6 Cara Mendeteksi Kebohongan Lewat Gerakan Mata

Hal ini tercatat di dalam hadits Ummu Kultsum radhiyallahu ‘anha. Misal saja ada dua orang kawan sedang bertengkar & kita menjadi tempat curhat mereka. Mereka mungkin menjelekkan satu sama lain & kita bisa berbicara bahwa hal itu tidak benar & justru menceritakan kebaikan-kebaikan mereka demi mendamaikan keduanya.

Itulah tiga jenis bohong yg diperbolehkan dalam Islam dan tentunya bohong menurut ajaran islam hanya ada 3!. Akibat bohong dalam islam tidaklah dosa melainkan pahala karena telah berbuat kebaikan.

0 Response to "Ini 3 Jenis "BOHONG" Yang Diperbolehkan Dalam Islam"

Post a Comment