Awas! 5 Bahaya Makan Sambil Biacara

Faktakah.com -  Adab makan sambil bicaraSejak kecil pasti kita diajari oleh orang tua untuk jangan bicara/ngobrol saat sedang makan dan minum dan haruslah menjaga ketenangan selama kegiatan makan. Hal tersebut bukanlah tanpa alasan, bisa kita lihat bahwa makan sambil bicara ataupun mengobrol pasti tidak akan sedap dipandang dan tentunya tidak baik juga. 

Tetapi, terbukti jaman kini kalau makan tidak sambil ngobrol terasa ada yang kurang, apalagi kalau makan bersama dengan kawan-kawan.

Awas! 5 Bahaya Makan Sambil Biacara

Berkumpul dengan kawan dan makan bersama pasti ada banyak topik untuk dibicarakan jadi mengobrol tidak bisa dihindarkan. Terbukti tidak boleh mengobrol ataupun bicara selama makan itu bakal terkesan membosankan dan tidak asyik, tapi betapa baiknya bila nasihat orang tua ini rutin kita pertimbangkan dan patuhi.

Kenyataan hukum makan sambil berbicara dalam islam sering sekali dilupakan saat sedang asyik-asyik ngobrol dengan teman-teman. Nah sebenarnya apa hukumnya makan sambil bicara? apa yang terjadi jika makan sambil bicara? mengapa kita tidak disarankan untuk makan dan minum sambil bicara? Nah untuk menjawab semua pertanyaan tersebut yuk disimak penjelasannya...

Baca Juga : Awas! Minum teh setelah makan ternyata menyebabkan kematian

Ada berbagai bahaya dan efek negatif yang bakal bisa kita alamiah kalau ngeyel dan tetap mengobrol saat makan dan minum. Inilah 5 dampak makan sambil bicara

Inilah 5 Bahaya Makan Sambil Bicara

1. Akibat makan sambil bicara bisa membuat kita tambah kurus ataupun gemuk. 

Mengobrol sampai terlalu asyik bisa saja malah menurunkan nafsu makan dan akhirnya malah lebih memilih lanjut mengobrol dan bercerita daripada makan (contohnya mengobrol saja telah bikin kenyang). Tetapi sebaliknya, ada juga orang yang asyik mengobrol sambil makan dan tanpa disadari, ia telah makan banyak tanpa disadari.

2. Makan sambil berkata bisa membuat kita tidak menikmati makanan dan minuman.

Saking serunya bercanda dengan kawan saat makan, tahu-tahunya dampak makan sambil bicara akan menjadikan makanan dan minuman kita telah habis tanpa kita bisa menikmatinya tadi. Lebih rugi lagi kalau makanan itu ialah makanan favorit kita.

3. Apabila yang kita minum ialah minuman beralkohol yang bisa membuat kesadaran kita hilang, bisa-bisa apa yang kita bicarakan melantur dan malah menyakiti hati orang lain. 

Hal satu ini lumayan berbahaya sebab pengaruh minuman beralkohol ataupun minuman keras bisa membuat konsentrasi dan kesadaran kita menurun jadi dialog tidak lagi pada fokusnya dan akhirnya ada orang lain yang tersinggung dengan perkataan yang keluar dari mulut kita. Ada banyak permasalahan di mana seusai minum-minum bersama akhirnya malah terjadi perkelahian yang dipicu dari satu perkataan yang membuat pihak lain tidak suka.

4. Bisa saja air liur mengalir ke luar ataupun bahkan makanan yang kita tengah kunyah. 

Seseru apapun pembicaraan yang ingin ataupun sedang diperbuat, pastikan ditahan dulu agar kejadian memalukan seperti ini tidak terjadi. Mungkin tidak persoalan sebab kawan sendiri yang telah sering melihat tingkah jelek kita, tapi kalau ada orang yang kita sukai pasti membuat kita malu setengah mati bukan?


5. Tersedak makanan ataupun minuman yang masuk ke tenggorokan.

Kebiasaan makan sambil berbicara dapat mengakibatkan batuk-batuk dan sekaligus malu di depan banyak orang (kalau sedang makan di rumah makan ataupun mall). Biasanya kalau telah begitu, sekalipun tidak batuk, nafsu makan bakal otomatis hilang dan tidak ingin melanjutkan makan, padahal perut juga belum kenyang-kenyang amat. 

mengapa kita tidak boleh makan sambil bicara? berhati-hatilah karena anda dapat tersedak dan juga bisa menyebabkan kematian, makan sambil berbicara dapat tersedak karena kita tidak tahu apakah potongan makanan yang besar/kecil akan masuk mulut. Kejadian contohnya itu tidak terduga sebab sering terjadi begitu saja saat kita sedang asyik-asyiknya bercerita dengan kawan sehingga melupakan berapa besar potongan makanan yang akan masuk mulut.

Untuk itulah, ingat rutin nasihat orang tua jangan bicara/ngobrol saat sedang makan dan minum agar hal-hal tersebut tidak terjadi yang justru malah mempermalukan Anda di depan banyak orang. Itulah artikel yang bermanfaat tentang larangan makan sambil bicara.

Nantikan juga update artikel selanjutnya ya tentang hadits makan sambil bicara & hukum makan sambil berbicara dalam islam

Baca Juga : Kepala pusing + Makan pisang = ??? (apa yang akan terjadi)

0 Response to "Awas! 5 Bahaya Makan Sambil Biacara"

Post a Comment