Adab Buang Air Kecil Ini Sering Dilupakan

Faktakah.com - Adab buang air kecil menurut rasullullah disebutkan dalam salah satu hadits bahwa ada penyiksaan kepada seseorang di neraka sebab dia sendiri tidak membersihkan dengan baik dari percikan air kencing. Ada hal-hal yg harus diperhatikan mengenai akhlak buang air kecil yg baik. Semoga penjelasan tentang kesalahan adab buang air kecil dalam islam ini dapat kamu pahami.

Adab Buang Air Kecil Ini Sering Dilupakan

Beberapa Adab Buang Air Kecil Yang Salah

1. Tidak menjauhi arah kiblat menjadi salah satu akhlak yg sering terlupakan, & hal ini padahal telah dikatakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa saat buang hajat, adab buang air kecil bagi laki-laki maupun perempuan tidak diperbolehkan membelakangi ataupun menghadap kiblat, & yg paling cocok ialah menghadap ke arah barat ataupun timur. Ini dikarenakan arah selatan merupakan kiblat Madinah & kalau menghadap ke utara itu berarti membelakangi kiblat Madinah.

Mungkin ada berbagai orang yg bertanya mengenai apakah akhlak buang air tidak menghadap ataupun membelakangi kiblat ini tergolong saat kita kencing di dalam ruangan. Ada ulama yg menganggap bahwa larangan ini seharuslahnya berlaku dengan cara umum, jadi baik di dalam ataupun luar ruangan sama saja haruslah menghadap ke barat ataupun timur. Tetapi, berbagai ulama lainnya menyebutkan bahwa hal tersebut berlaku saat kencing di luar ruangan saja.

2. Aurat yg tidak ditutup dengan cara sempurna menjadi salah satu hal yg paling sering dilupakan oleh umat Islam mengenai akhlak ini. Hal ini paling sering ditemui saat buang air kecil di berbagai toilet tempat umum.

Hadits untuk hal tersebut ialah contohnya yg sempat dikatakan oleh Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhuma yg sempat bersafar degan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau pun berbicara bahwa hajat harus tempat yg tertutup & tidak kelihatan oleh siapapun. Maka itu, jangan anggap sepele akhlak buang air, Rasulullah saja menjaga dengan baik & hal itu yg butuh kita tiru.

3. Tidak cebok yg berarti tidak bersih pada kenajisan. Tidak hanya itu, air kencing yg tidak disiram sesudah kencing juga merupakan hal tidak benar. Ini ialah pelanggaran & juga dosa besar sebab apabila tidak hati-hati maka bakal kena cipratannya.

Dikatakan oleh Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma yg menceritakan mengenai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di mana salah satu aspek kota Madinah ataupun Mekkah sempat dilalui beliau, di sana terdengarlah ada penyiksaan oleh dua kuburan.

Penyiksaan tersebut dikarenakan perkara besar, akhlak buang air tidak boleh disepelekan & bahkan dilupakan, atau resikonya bakal mendapat siksa kubur.

4. Waktu membuka aurat tidak membaca basmalah juga merupakan akhlak yg paling sering dilupakan. Perbuatlah hal tersebut waktu mau masuk toilet ataupun sebelum membuka aurat.

Ini penting sebab antara penglihatan jin & aurat harus dipisahkan. Membaca basamalah lah yg menjadi pemisah di sini, contohnya yg telah disabdakan oleh hadist adab buang air kecil Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dari Ali bin Abi Tholib.

Agar tidak terjerumus ke dalam dosa yg amat besar & jalan kita masih benar, perhatikanlah setiap hal di atas. Ini agar akhlak buang air kecil yg sering dilupakan haruslah diingat dengan baik & menghindarkan kita dari siksa kubur.

Nah itulah artikel mengenai adab buang air kecil secara Islam yang sudah dilupakan baik laki-laki maupun perempuan.

Baca Juga : 5 Kegunaan luar biasa air kencing di masa depan

0 Response to "Adab Buang Air Kecil Ini Sering Dilupakan"

Post a Comment