30 Fakta Keunikan Tubuh Manusia Ini Bikin Kamu Bilang "Sumpah, Aku Baru Tahu"

loading...
loading...
Faktakah.com - Mungkin sebagian besar penggemar faktakah.com di sini yang suka berminat & mencari misteri apa saja yang terjadi di dunia ini, padahal sebetulnya Misteri & Keunikan Badan Manusia juga sangat patut untuk anda ketahui. Badan yang diciptakan oleh Tuhan ini nyatanya menyimpan banyak misteri & keunikan tersendiri tentang fakta unik anatomi tubuh manusia, baik itu fakta unik tubuh pria maupun fakta unik tubuh wanita.

Fakta unik tubuh manusia ibarat suatu sistem, dimana di dalam badan manusia terdiri dari banyak organ & jutaan sel syaraf yang bekerja dengan cara bersama-sama untuk satu tujuan yang sama, jadi apabila salah satu bagian ataupun organ yang mengalami gangguan, maka jelas kinerja dari organ yang lain bakal terus terganggu. Nah, kemudian apa saja misteri yang ada pada diri manusia yang sering belum anda ketahui penyebabnya? Berikut bakal anda bahas fakta unik dari tubuh masnuia yang bikin takjub.

30 Fakta Keunikan Tubuh Manusia Ini Bikin Kamu Bilang "Sumpah, Aku Baru Tahu"

Fakta Unik Seputar Tubuh Manusia


#1. Misteri Orang Menguap

Fakta unik anggota tubuh manusia yang pertama ialah tentang misteri menguap. Dalam dunia medis, seseorang yang menguap dikarenakan bahwa orang tersebut kekurangan memperoleh asupan oksigen yang tercukupi, dampaknya sari-sari makanan yang dibawa oleh darah tidak hingga pada tujuan, dampaknya anda bisa lemas & merasa ngantuk. Kemudian mengapa ada mitos bahwa bahwa menguap itu bisa menular? Nah, menurut studi yang dipublikasikan Cognitive Brain Research dalam edisi terbaru jurnal, menyebutkan bahwa apabila seseorang menguap sebab orang di dekatnya menguap terlebih dahulu, hal tersebut sebetulnya merupakan suatu empati semata.

Mungkin sebagian dari penggemar faktakah.com di sini belum menerima penjelasan tersebut. tetapi menurut profesor psikologi di Drexel University, Philadelphia, yaitu Steven Platek, orang yang ketularan orang lain di kurang lebih yang menguap tersebut hampir sama dengan ketika anda tertawa seusai ada orang lain yang tertawa. Jadi bagaimana menurut sobat penggemar faktakah.com bisa diterima?

#2. Misteri Kotoran Telinga

Sebagian dari penggemar faktakah.com di sini tentu sempat mengorek telinga dengan catton bud bukan? Ya, hal ini mungkin telah menjadi kebiasaan bagi kita. tetapi yang menjadi pertanyaan, bagaimana kotoran tersebut bisa ada di dalam telinga kita? dari mana asal dari kotoran tersebut? sebetulnya, kotoran yang ada di telinga anda dihasilkan oleh kelenjar yang ada di telinga anda untuk mencegah terjadinya infeksi.

Bentuknya cair, lengket sebetulnya hal yang menjijikkan bagi kita, tetapi justru dengan bentuk contohnya itulah kotoran yang ada di telinga contohnya debu, ataupun serangga menjadi susah untuk menembus lapisan penting yang ada di dalam telinga. Tetapi, hal yang tentu Anda belum ketahui bahwa sebetulnya, kotoran tersebut sebetulnya bisa hilang & keluar dengan sendirinya, sebab cairan ini bakal mengering & rontok & terbawa keluar terlebih pada anda keramas.

Yang paling mengejutkan bahwa, membersihkan kotoran telinga dengan memakai Cotto bud sebetulnya justru bakal terus mendorong masuk kembali kotoran tersebut. Dengan Misteri & Keunikan Badan Manusia yang terjadi pada telinga ini nyatanya menimbulkan fakta & alasan lain yang anda sering alamiah contohnya mengapa anda merinding, mengapa remaja bangun siang, & fakta lain yang patut untuk disimak.

#3. Misteri Mengapa Anda Bisa Merinding

Pada dasarnya merinding merupakan keadaan dimana seluruh bulu yang ada di bagian badan terus berdiri & diikuti oleh mengkerutnya kulit bagian luar. Biasanya, orang merinding ketika mengalami ketakutan & kedinginan ataupun kala merasakan geli. Nah, merinding ini tidak hanya dialami oleh anda saja sobat penggemar faktakah.com, sebab anjing, sapi, kucing, & semua tipe mamalia bisa merasakan merinding contohnya apa yang anda rasakan.

#4. Misteri Bunyi Pada Persendian

Nah, Misteri & Keunikan Badan Manusia yang lain ialah mengapa persendian anda bisa berbunyi. Ini mungkin bakal menjadi perdebatan yang hebat bagi kita, terlebih pada tukang pijat. Hehehe. Tetapi yang tentu saat persendian anda terdengar gemertak, anda mungkin bakal terus puas bukan? Dengan cara mengejutkan bahwa bunyi gemertak yang dihasilkan persendian anda didampakkan sebab kala anda menggerakkan persendian kita, maka bakal terjadi gelembung-gelembung udara. & tak pelak lagi gelembung bunyi itu bakal pecah & menghasilkan bunyi gemertak yang contohnya anda dengar kala ini. kemudian yang menjadi pertanyaan, untuk apa gelembung-gelembung tersebut? nah, nyatanya, gelembung ataupun kantong udara tersebut nyatanya bisa menolong menjaga persendian tulang masih licin & juga bisa menjadi bantalan ari tulang kita.

#5. Fakta & Keunikan Lain dari Badan Manusia

Selain fakta-fakta di atas, mungkin berbagai Misteri & Keunikan Badan Manusia lain yang belum anda ketahui ialah contohnya kehebatan tulang paha anda yang nyatanya lebih kuat dari betok sekalipun. Tidak hanya itu, hati manusia nyatanya sanggup menyemprotkan darah sejauh 9 meter. Nah, sebagian dari anda menyadari bahwa hidung maupun segala hal yang ada di wajah anda bakal tumbuh & berubah dari bayi hingga dewasa, tetapi tidak untuk ukuran mata kita. dari segala tipe rambut yang ada di badan laki-laki, nyatanya pertumbuhan rambut yang ada di dagu ialah yang paling cepat. Misteri & Keunikan Badan Manusia yang terbaru ialah peredaran darah manusia, dimana setiap darah yang dipompa ke seluruh bagian badan rata-rata melalui perjalanan sejauh 96.540 km per hari. Bagaimana mengagumkan bukan?

Baca Juga : Mengungkap teka-teki lukisan monalisa, berani memecahkannya?

+ Bonus : 25 Fakta Aneh Tubuh Manusia : 


#6. Lambung mempunyai kemampuan mencerna yang ajaib. Cairan asam yang terdapat di dalamnya bisa mencerna logam, tetapi mengapa sel lambung tidak ikut hancur dicerna? Sel lambung sebenarnya ikut hancur dicerna tetapi sel yang baru bisa tumbuh lebih cepat.

#7. Otak manusia membutuhkan sekitar 20% dari total kebutuhan oksigen tubuh. Itulah kenapa korban kebakaran yang tewas terbakar biasanya tidak sempat merasakan panasnya api karena keburu pingsan kekurangan oksigen.

#8. Semakin tinggi tingkat IQ seseorang, maka dia akan lebih sering bermimpi.

#9. Pria memproduksi sekitar 10 juta sel sperma baru setiap hari (kira-kira dalam waktu enam bulan produksi sel sperma tersebut akan sama dengan jumlah penduduk di bumi).

#10. Supaya indra pengecap di lidah kita bekerja, ludah harus digunakan untuk melarutkan makanan. Untuk membuktikannya, Anda bisa keringkan lidah sekering-keringnya kemudian coba jilat gula, bagaimana rasanya?

#11. Hampir tidak mungkin bagi Anda untuk menggelitik diri sendiri. Untuk membuktikan silahkan dicoba sendiri.

#12. Manusia sangat tergantung pada kemampuan visual, 90% informasi yang kita kumpulkan dari sekitar kita didapat dari mata.

#13. Dalam masing-masing ginjal terdapat jutaan sel filter yang mampu membersihkan sekitar 1,3 liter darah setiap menit dan menggelontorkan sekitar 1,5 liter urine setiap hari.

#14. Jumlah tulang manusia dewasa lebih sedikit daripada tulang bayi. Kenapa bisa begitu? Ketika baru lahir,

#15. Jumlah tulang bayi adalah 350, tetapi selama proses pertumbuhan beberapa tulang akhirnya bergabung menjadi satu. Itulah kenapa manusia dewasa hanya mempunyai 206 tulang.

#16. Hidung manusia memang kalah sensitif dibanding hidung anjing, tetapi hidung manusia mampu mengingat sekitar 50.000 bau yang berbeda.

#17. Setiap inch kulit manusia terdapat sekitar 32 juta bakteri, tetapi jangan khawatir karena hampir semuanya sama sekali tidak berbahaya.

#18. Sumber dari kaki yang bau adalah keringat, sama seperti ketiak. Pada sepasang kaki manusia terdapat 500.000 kelenjar keringat.

#19. Otot paling kuat dari tubuh manusia adalah otot rahang.

#20. Sesungguhnya keringat manusia tidak mempunyai bau. Bakteri yang terdapat pada kulit manusia yang membuatnya menjadi bau.

#21. Sama seperti sidik jari, setiap orang juga mempunyai garis lidah yang berbeda-beda.
Mata manusia setara dengan 576 megapixels digital kamera.

#22. Di dalam mulut setiap manusia terdapat bakteri yang jumlahnya lebih banyak daripada jumlah semua manusia di dunia.

#23. Jantung manusia masih mampu berdetak meski terpisah dari tubuh karena mempunyai mekanisme impuls listrik sendiri.

#24. Jari manusia mampu membedakan obyek sekecil 13 nanometer. Jika umpamanya jari manusia seukuran bumi, kita akan bisa membedakan antara rumah dan mobil.

#25. Jantung manusia tidaklah terletak di sebelah kiri bagian dada, tetapi tepat berada di tengah-tengah.

#26. Jumlah bulu di tubuh manusia sama dengan simpanse, tetapi sebagian besar terlalu lembut sehingga tidak terlihat.

#27. Manusia harus bernapas beberapa kali dalam satu menit, hal ini semata-mata karena karbon dioksida terkumpul lebih cepat daripada oksigen di dalam darah. Jika saja ada cara untuk menghilangkan karbon dioksida dalam darah, manusia hanya perlu bernapas sekali dalam satu menit.

#28. Jika dipetakan, susunan syaraf otak manusia hampir sama dengan susunan struktur alam semesta.

#29. Manusia sesungguhnya bersifat bioluminescent dan mampu bersinar di dalam gelap (glow in the dark), tetapi mata manusia terlalu lemah untuk menangkapnya. Mungkin ini yang biasa disebut sebagai aura.

#30. Manusia menghasilkan struktur air mata yang berbeda-beda tergantung alasan kenapa kita menangis. Jika ditaruh di bawah mikroskop, air mata karena sedih, harapan dan karena bawang menghasilkan struktur yang berbeda-beda.

Nah itulah 5 Fakta unik pada tubuh manusia + 25 bonusnya. Fakta unik tentang tubuh manusia ini ternyata bikin kamu kagum bukan?

Baca Juga : 15 Fakta unik tentang nyamuk bikin kamu ketawa seperti orang gila :v
loading...

0 Response to "30 Fakta Keunikan Tubuh Manusia Ini Bikin Kamu Bilang "Sumpah, Aku Baru Tahu""

Post a Comment