Studi: Mencukur Bulu Ketiak Memicu Kanker Payudara

Faktakah.com - Studi: Mencukur Bulu Ketiak Memicu Kanker Payudara. Hati-hati! terlalu sering mencabut bulu ketiak menyebabkan kanker payudara. Mungkin penggemar faktakah.com sempat mendengar larangan tersebut. Tetapi, benarkah sering mencabut bulu ketiak bakal memicu kanker payudara? Bulu di area ketiak tidak dipungkiri terbukti menjadi satu persoalan tersendiri. Terlebih bagi kaum wanita, kehadiran bulu ketiak dirasa hanya bakal membuat minder dan tidak percaya diri. Aktifitas harian pun terasa terbatasi sebab tidak leluasa memakai baju berlengan pendek. Alhasil penampilan kekurangan maksimal.

Nah apakah benar mencabut bulu ketiak menyebabkan kanker payudara ? benarkah ?

Studi: Mencukur Bulu Ketiak Memicu Kanker Payudara

Inilah Alasan Bulu Ketiak Yang Dicukur Dapat Memicu Kanker Payudara!

Meski seringkali dianggap mengganggu, bulu ketiak sebetulnya mempunyai manfaat penting. Manfaat mutlak dari bulu ketiak yaitu untuk melindungi kulit dari bakteri dan kotoran supaya tidak masuk dengan cara leluasa ke dalam badan lewat keringat. Tidak hanya itu, bulu ketiak juga berperan melindungi payudara dari kemungkinan zat-zat kurang baik dan berbahaya. Pada ketiak tersedia kelenjar apocrine, yang mana bakal menghasilkan asam lemak jenuh dan tidak berbau kala berkeringat. Tetapi, adanya bakteri dan kotoran yang ikut tercampur dalam asam tersebut menyebabkannya menjadi berbau kekurangan sedap contohnya aroma ketiak pada umumnya. Sebab itulah, membersihkan ketiak menjadi satu keharusan ketika mandi.

Mencukur bulu ketiak dapat menyebabkan kanker sayangnya, aktifitas membersihkan ketiak sering disalah artikan dengan mencabut ataupun mencukur bulu ketiak hingga habis. Para wanita modern mengaku kerap mencabut habis bulu ketiaknya sebab tuntutan mode. Adanya ketiak dirasa mengganggu mereka untuk berpenampilan bebas. Pasti sebuah fenomena yang lumayan ironis bukan. Demi tuntutan mode, seseorang rela mempertaruhkan kesehatannya. Padahal kegiatan mencabut bulu ketiak tergolong berbahaya dan berisiko pada kanker payudara. Bagaimana hal tersebut terjadi? Kemudian bagaimana cara membersihkan ketiak dan bulu ketiak yang benar dan aman?

Menurut Pendapat Pakar Tentang Mencukur Bulu Ketiak

Penyebab kanker payudara terbukti belum diketahui dengan cara pasti. Adapun faktor genetik ataupun faktor keturunan, gaya hidup yang tidak sehat, dan adanya riwayat sempat mengidap kanker sebelumnya menjadi berbagai faktor risiko kanker payudara. Berkaitan dengan hal ini, seorang pakar pakar bernama Dr. Therese Bevers memaparkan bahwa kegiatan mencabut ataupun mencukur bulu ketiak berisiko menyebabkan luka kasat mata. Apalagi kulit di bagian ketiak lumayan sensitif dan tipis. Kegiatan mencabut dan mencukur bulu ketiak tersebut bisa juga menyebabkan pori-pori di kulit ketiak membesar yang akhirnya memungkinkan zat kimia berbahaya dan toxin baik dari bedak, deodeorant, ataupun krim masuk ke dalam kulit.

Kebiasaan bercukur dan memakai produk obat contohnya deodorant dan lainnya inilah yang diyakini mempunyai sumbangsih pada pemicu kanker payudara. Terlebih diketahui pemakaian deodorant antiperspirant memudahkan masuknya toxin berbahaya ke kulit. Pasalnya deodorant antiperspirant bekerja dengan cara mencegah keluarnya keringat. Alhasil toxin yang masuk bakal tertimbun di payudara yang memicu timbulnya kanker.

Luka di area ketiak dan pori-pori kulit ketiak yang membesar tidak menutup kemungkinan juga mengajak persoalan lain. Sebut saja bengkak, nanah, dan radang yang bisa berlanjut pada terjadinya infeksi dan memunculkan reaksi mutasi sel. Reaksi inilah yang diyakini juga memicu terjadinya kanker payudara. Parahnya lagi toxin yang masuk bisa pula memasuki dan menyerang berbagai organ badan lain contohnya otak, paru-paru, dan jantung.

Pendapat Dr. Therese Bevers di atas dikuatkan dengan hasil penelitian yang diperbuat oleh pihak American Cancer Society. Penelitian tersebut diperbuat pada sejumlah wanita Amerika dan Eropa selagi 10 tahun terbaru. Singkatnya dari hasil penelitian tersebut bisa disimpulkan bahwa seorang wanita yang sering mencukur bulu ketiaknya mempunyai risiko 10 kali lebih rentan terkena kanker payudara dibanding mereka yang tidak. Jadi tidak heran apabila kegiatan mencabut bulu ketiak dihubungkan dengan risiko kanker payudara.

Cara Membersihkan Bulu Ketiak yang Benar

Seusai mengenal adanya risiko kanker payudara dari kegiatan bercukur pasti saat ini setiap pihak mesti berhati-hati. Meskipun demikian tidak berarti setiap orang dilarang membersihkan ketiak dan bulu ketiaknya. Contohnya yang telah disebut di awal, membersihkan ketiak dan bulu ketiak merupakan hal wajib. Terlebih ketiak cenderung lembab ataupun basah dan sebab berada pada lipatan sering pula dipakai sebagai sarang kotoran dan bakteri berkumpul. Bersihkan dengan cara selalu ketiak dan bulu ketiak, hanya saja caranya mesti diperbuat dengan benar.

Mengingat manfaatnya yang penting, bulu ketiak terbukti tidak seharusnya dicabut habis. Daripada dicabut, bulu ketiak bisa digunting tidak banyak demi tidak banyak untuk meminimalisir risiko luka dan pori-pori membesar. Tetapi, bila ingin membersihkan bulu ketiak dengan cara permanen kini mudah saja diperbuat. Pasalnya ada sejumlah dokter kulit dan klinik kecantikan profesional memperkenalkan jasa pencukuran bulu ketiak dengan cara aman dan permanen. Ingat untuk tidak meperbuat pencabutan sendiri sebab dampaknya lumayan fatal bagi kesehatan.

Itulah artikel mengenai mencukur bulu ketiak menyebabkan kanker payudara. Semoga bermanfaat.
Baca Juga : Vitamin anti serangan jantung ini ternyata berasal dari luar angkasa

0 Response to "Studi: Mencukur Bulu Ketiak Memicu Kanker Payudara"

Post a Comment