Studi: 7 Ciri Kedatangan Nabi Isa dan Imam Mahdi di Hari Kiamat

Faktakah.com - Dari banyaknya tanda-tanda kiamat, salah satunya ialah misteri kedatangan Nabi Isa As dan Imam Mahdi yang dipercaya juga menjadi satu batu tolak ukur terbaru yang menandakan beresnya dunia bagi umat Islam. Siapakah Imam Mahdi ini? Hari ini bakal kamu bahas bersama-sama.

Nabi Isa Alaihissalam adalah salah seorang dari lima nabi dan rasul yang diberi gelar 'Ulul Azmi, yakni memiliki sejumlah keistimewaan. Kelima nabi dan rasul yang mendapat gelar itu adalah Nabi Nuh, Ibrahim, Musa, Isa, dan Muhammad SAW.

''Ada 33 hadis shahih yang menegaskan bahwa Nabi Isa akan kembali turun ke bumi. Bahkan, ada yang mengatakan sampai 90 hadis tentang kedatangan Nabis Isa As,'' tutur Dr Muslih A Karim, dosen Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Berikut 7 tanda kedatangan Nabis Isa As.
Studi: 7 Ciri Kedatangan Nabi Isa dan Imam Mahdi di Hari Kiamat

7 Ciri Kedatangan Kembali Nabi Isa

#1. Nabi Isa akan turun di Menara Putih, yakni Masjid Bani Umayyah di Damaskus Timur.
#2. Isa akan membunuh Dajjal (gembong penjahat yang mengaku sebagai penyelamat) di Dataran Tinggi Golan (Syria).
#3. Isa akan bertemu Ya'juz dan Ma'juz, dan semua tokoh jahat dan pengikutnya itu akan tewas.
#4. Isa akan mendakwahkan agama Tauhid seperti yang dibawa oleh Nabi Muhammad maupun nabi-nabi lain sebelumnya.
#5. Isa akan melakukan haji dan umrah.
#6. Isa datang, dunia penuh keberkahan. Misalnya, sebutir buah delima bisa membuat 40 orang kenyang.
#7. setelah Isa datang, selama tujuh tahun kondisi dunia sangat aman.

''Intinya, Nabi Isa sekarang ini belum meninggal. Dia akan turun lagi di akhir zaman untuk menegakkan Islam,'' ungkap Muslih. Kedatangan Nabi Isa di akhir zaman merupakan keberkahan bagi umat manusia untuk melawan pasukan-pasukan dajjal.

Tempat Turunnya Nabi Isa AS ke Bumi

Sejak dilahirkan, Isa sudah memiliki keistimewaan (mukjizat), yakni bisa berbicara sejak dalam buaian (QS Ali Imran [3]:46, Almaidah [5]:110, Maryam [19]:29-33), menghidupkan orang mati dengan izin Allah, menciptakan burung dari tanah, menyembuhkan orang buta, sakit sopak (kusta) (lihat QS Ali Imran [3]:49), dan menyuguhkan hidangan dari langit (Almaidah [4]:114). Selain itu, Allah SWT juga memberikan padanya sebuah kitab suci, yakni Injil (QS Almaidah [5]:46).

Saat muncul rencana jahat dari kaum Bani Israil (Yahudi) yang bermaksud membunuhnya, Allah SWT kemudian menyelamatkannya dengan mengangkatnya ke langit. Orang yang dibunuh oleh Yahudi itu adalah orang yang diserupakan dengan Isa. Yang dibunuh tersebut adalah pengikut Isa yang telah berkhianat, yakni Yudas Iskariot.

''Dan, karena ucapan mereka, 'Sesungguhnya, kami telah membunuh Al-Masih, Isa putra Maryam, rasul Allah,' padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka. Sesungguhnya, orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka. Mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa.'' (Annisaa' [5]: 157).

Isa diselamatkan oleh Allah dengan jalan diangkat ke langit dan ditempatkan di suatu tempat yang hanya Allah SWT yang tahu tentang hal ini. Alquran menjelaskan peristiwa penyelamatan ini.

Dalam aliran Islam, ada berbagai tanda-tanda Kiamat Besar ('Alamah Kubra) bakal segera terjadi yaitu:
#1. Munculnya Al-Mahdi.
#2. Perang besar sampai takluknya konstantinopel.
#3. Turunnya Nabi Isa.
#4. Munculnya Dajjal, Ya'juj, & Ma'juj.
#5. Matahari terbit dari bagian barat
#6. & berbagai yang lainnya lagi.

Semuanya terdengar lumayan jelas, walau begitu tetap banyak orang yang belum sukses memecahkan misteri kedatangan Nabi Isa pada hari kiamat & Imam Mahdi juga.

Umat Islam mengenal bahwa ada banyak hadist yang telah menerangkan siapa sosok Imam Mahdi ini, & telah menjadi keharusan pula bagi para muslim untuk mengimani hal tersebut tanpa menolaknya. Mengingat hal tersebut langsung diucapkan dari mulut Rasullullah SAW sendiri. Menurut hadist-hadist tadi, misteri kedatangan Nabi Isa & Imam Mahdi bercerita mengenai bagaimana Al-Mahdi diturunkan oleh Allah SWT di akhir zaman, walau begitu tidak ada yang tahu tentu kapan hal tersebut bakal terjadi.

Kedatangan Imam Mahdi & Nabi Isa sendiri sebetulnya mempunyai satu tujuan yang mulia, dimana kelak Mahdi akan timbul bukan sebab kemauannya sendiri melainkan sebab Allah yang menghendakinya untuk terjadi. Sebelum muncul, ada berbagai tanda yang bakal timbul & tanda-tanda ini telah tertulis dalam berbagai hadist sebelumnya yaitu:


Tanda-Tanda Kedatangan Nabi Isa dan Imam Mahdi :

#1. Baitullah bakal mengalami gempuran besar dari sebuah pasukan, dimana bagian tengah dari pasukan yang menyerangnya bakal hilang ditelan bumi.
#2. Akanada sebuah pasukan yang berangkat ke Baitullah hanya demi mengejar seseorang yang telah dilindungi oleh Allah SWT, dimana pasukan ini timbul dari negeri Syam.
#3. Pembaiatan seseorang akan mengambil tempat di antara aspek Ka'bah dengan makam nabi Ibrahim.

Seusai Al-Mahdi sukses menaklukkan musuh-musuhnya, kedatangan Dajjal akan keluar dari persembunyiannya & berusaha membunuh Al-Mahdi. Sebab kejadian inilah lalu nabi Isa kembali diturunkan untuk menolong Al-Mahdi. Kemunculan kembali nabi Isa juga didahului oleh berbagai pertanda.

Ciri Kedatangan Nabi Isa Ialah Sebagai Berikut :

#1. Nabi Isa bakal diturunkan di kurang lebih Damaskus Timur.
#2. Isa bakal menolong Al-Mahdi membunuh Dajjal di kurang lebihan Syria (Golan).
#3. Nabi Isa lalu berjumpa dengan Ya'juj & Ma'juj, dimana ia bakal mengalahkan kedua makhluk tadi be& pengikutnya.
#4. Seusai menghabisi Ya'juj Ma'juj, nabi Isa bakal menyebarkan agama Tauhid layaknya nabi Muhammad & nabi-nabi yang sempat ada di bumi lainnya.
#5. Nabi Isa bakal lalu menunaikan keharusan untuk haji & umrah.

Seusai itu, kedatangan Nabi Isa kedua kali mengangkat banyak keberkahan. Dikatakan juga bahwa pada masa itu satu delima sanggup mengisi perut 40 orang. & seusai masa nabi Isa datang, dunia dikualitas menjadi sangat aman selagi tujuh tahun.

Hubungan antara Isa & Al-Mahdi sendiri ialah ketika sebuah masa nabi Isa turun, ia diminta oleh salah satu umat muslim untuk menjadi imam shalat, tapi ia menolak dengan berbicara bahwa harus dari umat mereka sendiri yang menjadi pemimpin sebab itulah cara Allah memuliakan umat yang tersisa tersebut.

Semoga artikel mengenai 7 tanda kedatangan Nabi Isa yang kedua kali ini sanggup memberi info untuk para pembaca yang masih penasaran tentang kapan kedatangan Nabis Isa dan Imam Mahdi pada akhir zaman.

0 Response to "Studi: 7 Ciri Kedatangan Nabi Isa dan Imam Mahdi di Hari Kiamat"

Post a Comment