Kala Maghrib Tiba, Jangan Biarkan Anak Keluar Rumah...!!!

loading...
loading...
Faktakah.com - Saat maghrib tiba, jangan biarkan anak keluar rumah. Kalimat di atas bisa diterjemahkan sebagai sebuah mitos, asumsi umum yang justru sesuatu hal penting yang mempunyai alasan masuk akal dan bisa dijelaskan dengan baik. Para penggemar faktakah.com pasti ingin mengenal alasan yang lumayan masuk akal atas larangan tersebut.

Baca Juga : Ketika orang tua durhaka pada anaknya, bukan sebaliknya...!!!

Kala Maghrib Tiba, Jangan Biarkan Anak Keluar Rumah !

Inilah Alasan Kenapa Ada Larangan Anak Tidak Boleh Keluyuran Di Waktu Senja

#1. Dasar dan Landasan Agama

Ada berbagai hal yang menyangkut hajat hidup manusia yang tidak hanya dijelaskan di dalam Al-Qur'an. Namun bisa juga dijelaskan dari hadits yang diucapkan, disampaikan maupun diriwayatkan. Berbagai hadits yang dianggap lumayan shahih untuk penjelasan bahwa saat maghrib tiba, jangan biarkan anak keluar rumah.

Dalam penjelasan ini, hadits kadang saat butuh diperjelas. Pendapat ulama berberguna membahas berbagai hadits Nabi yang mempunyai banyak tafsir, jadi membutuhkan seseorang yang pakar untuk membahas pengertian berbagai tafsir dari sebuah hadits.


  • Al-Hadits

Berbagai hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim membahas mengenai larangan membiarkan anak keluar rumah. Berbagai di antaranya :

Rasulullah SAW bersabda : "Jangan kalian biarkan harta kalian berserakan, juga anak-anak kecil kalian apabila matahari terbenam hingga gelapnya waktu Isya', sebab setan tengah bertebaran ketika matahari terbenam hingga gelapnya waktu isya' ". (HR Muslim).

Hadits lainnya menyatakan. Dari Jabir bin Abdillah ra, Rasulullah SAW bersabda : "Apabila malam sudah turun ataupun ketika sore menjelang malam maka tahanlah anak-anak kita (jangan hingga keluar rumah) sebab setan-setan tengah menyebar di saat itu. Seusai berjalan berbagai saat lamanya, biarkan mereka berhenti bermain. Tutuplah semua pintu, bacalah nama Allah, sebab setan tidak bisa membuka pintu yang tertutup. Tutupi tempat minum kalian dengan menyebut nama Allah, sekalipun hanya dengan menaruh sesuatu di atasnya." (HR Muslim).


  • Pendapat Ulama

Larangan membiarkan anak keluar rumah juga diperkuat oleh pendapat para ulama. Di antara para pendapat itu antara lain :

a. Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan : "Perkara ini tergolong persoalan yang tak bisa disentuh oleh ilmu dan pengetahuan para dokter, sebab persoalan ini sudah diketahui oleh mereka yang mengenal dari orang yang berakal melewati pengalaman mereka." (Zad Al-Ma'ad 4/232).

b. Imam Nawawi rahimahullah pun berusaha pula mengupas makna hadits Muslim sebagai berikut : "Hadits ini berisi banyak berguna, baik berguna berupa kebaikan dan akhlak (etika) yang menggabungkan antara maslahat dunia dan akhirat. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkan untuk menjalani akhlak ini yang merupakan sebab keselamatan dari gangguan setan. Allah Ta'ala menjadikan hal ini sebagai penyebab keselamatan dari setan jadi ia tidak sanggup membuka tutup wadah ataupun mengurai tutup tempat minum, tidak pula sanggup membuka pintu, dan mengganggu anak-anak ataupun lainnya."

c. Imam Ibnu Hubairah rahimahullah mengatakan : "Jin itu terbagi menjadi jin mukmin yang aman siapa saja yang bertemu dengannya. Ada pula jin yang ketika bertemu dengannya, tidak bisa terhindar dari gangguannya, tidak bisa merasa aman sebab mereka kafir, dan apabila mengganggu anak-anak sebab anak-anak belum sempurna akalnya jadi terpengaruh oleh imajinasi yang kurang baik. Anak-anak juga belum (belum bisa membaca) nama-nama Allah yang bisa membentengi dari gangguan setan, maka orang tua diperintahkan untuk menahan dan mengumpulkan anak-anak mereka." (Al-Ifshah 8/253).

#2. Dasar dan Landasan Norma

Para penggemar faktakah.com yang budiman. Penjelasan mengenai saat maghrib tiba, jangan biarkan anak keluar rumah ini juga bisa dikatakan sebagai sebuah dasar landasan tata norma dan tata etika bagi manusia. Malam hari dikatakan sebagai waktu bagi manusia untuk beristirahat. Sebab itu, sebaiknya hentikan segala kegiatan dan usaha duniawimu di saat malam. Beristirahatlah dan juga beribadah.

#3. Dasar dan Landasan Biologi

Kemudian kira-kira adakah tuntunan yang bisa dijadikan sebagai sebuah kebiasaan yang baik di saat malam hari, khususnya saat maghrib?. Maghrib itu sendiri ialah masa penggantian antara waktu siang dan malam, di mana dari segi kesehatan terjadi penggantian antara udara yang sehat (oksigen) dan udara yang bermuatan racun (carbon monoksida).

Tanaman bakal melepas kandungan CO2 (carbon monoksida) dengan lebih aktif dan lebih banyak pada saat malam hari. Sementara tanaman justru membutuhkan O2 (oksigen) lebih banyak pada malam hari pula. Sehingga, menutup pintu segera pada saat maghrib menolong mencegah menerobosnya CO2 (carbon monoksida) ke dalam rumah. Yang bisa dihisap oleh manusia, dan berdampak menyesakkan napas. Sementara, O2 (oksigen) justru dirampas dari udara oleh tanaman. Maka logikanya ialah Anda bakal saling berebut udara baik (O2) di lingkungan.

Sebab itu wahai penggemar faktakah.com. Waspadalah dan lebih bijaksana! Kala maghrib tiba, jangan biarkan anak keluyuran di waktu senja...!!!

Baca Juga : Kebiasann menggigit kuku pada anak, ternyata dapat menjadi anak AUTIS...!!!
loading...

0 Response to "Kala Maghrib Tiba, Jangan Biarkan Anak Keluar Rumah...!!!"

Post a Comment