Awas Kuman! Bahaya Sikat Gigi Terlalu Sering + Solusi

Faktakah.com - Awas Kuman! Bahaya Sikat Gigi Terlalu Sering + Solusi. Ini bahaya sikat gigi yang belum kita tahu, menjadi salah satu topik kesehatan hangat yang banyak diperbincangkan. Ada beberapa tipe pendapat pakar kesehatan yang nyatanya membuat anda semua terkejut. Jadi, hari ini Faktakah.com bakal membahas beberapa macam uraian pentingnya mengenal bahaya sering sikat gigi.

Awas Kuman! Bahaya Sikat Gigi Terlalu Sering + Solusi

Apa Saja Bahaya Sikat Gigi?

Bahaya sering sikat gigi ternyata tidak banyak orang yang tahu bahwa sikat gigi nyatanya dapat menyimpan potensi bahaya yang sangat besar untuk kesehatan. Pada umumnya hal ini dikarenakan sebab kesalahan individual yang terkadang tidak sempat disadari. Berikut ini bahaya sikat gigi yang belum anda tahu.

Ada beberapa tipe bakteri yang dapat bersarang & hidup pada sikat gigi. Semua tipe virus & bakteri ini tidak bakal sempat anda lihat sebab mempunyai ukuran yang sangat kecil & tidak tampak oleh mata.

Sikat gigi dapat menjadi lingkungan yang sangat subur untuk mutan streptococcus. Ini ialah tipe bakteri yang dapat merusak lapisan gigi & menyebabkan karies pada gigi.

Bahaya sikat gigi terlalu lama ternyata dapat menjadi lingkungan pertumbuhan bakteri stapilococus, yaitu bakteri yang berasal dari air & tanah juga kotoran yang bersarang pada sikat gigi.

Sikat gigi dapat menjadi salah satu penyebab penyebaran penyakit hepatitis A, hepatitis B maupun C. Penyakit ini dikarenakan sebab virus yang berasal dari lingkungan.

Mengapa Anda Harus Menggosok Gigi

Menggosok gigi ialah salah satu tipe aktifitas dan usaha yang diperlukan untuk menjaga kesehatan gigi. menggosok gigi dapat diperbuat dengan sikat gigi & pasta gigi. berikut ini kegunaan menggosok gigi untuk kesehatan.

#1. Menggosok gigi diperbuat untuk menghapus semua jenis kuman & bakteri yang berada di bagian gigi. semua sisa makanan yang berkumpul pada lapisan ataupun lubang gigi dapat menyebabkan penyakit gigi & mulut.
#2. Menggosok gigi diperlukan untuk mencegah gigi berlubang. Persoalan lubang gigi menjadi penyebab sakit gigi yang berbahaya untuk tubuh. Lubang gigi dapat dikarenakan sebab infeksi kuman ataupun bakteri dari sisa makanan.
#3. Menggosok gigi membuat gigi menjadi lebih bersih, menghilangkan aroma mulut & menambah kepercayaan diri.

Cara Mencegah Bahaya Sikat Gigi

Meskipun sikat gigi mengandung beberapa macam potensi bahaya, tetapi itu tidak menghalangi anda untuk menggosok gigi. Menggosok gigi wajib semakin diperbuat untuk menjaga kesehatan gigi. Pada dasarnya ada beberapa macam upaya untuk mencegah beberapa bahaya yang timbul pada sikat gigi. Berikut ini beberapa cara untuk mencegah bahaya sikat gigi.

#1. Rutin gunakan sikat gigi Anda sendiri. Jangan sempat memakai sikat gigi orang lain sebab dapat memunculkan potensi penularan penyakit gigi & mulut. Apabila Anda berangkat maka rutin bawa sikat gigi Anda sendiri jadi mengurangi resiko penularan penyakit.

#2. Simpan sikat gigi di tempat yang benar. Saat ini Anda dapat memakai sikat gigi yang telah dibekali dengan tempat penyimpanan ataupun tutup sikat gigi. Perlengkapan ini dapat mencegah masuknya virus ataupun bakteri dari udara. Tetapi jangan lupa untuk menjaga kebersihan kotak penyimpan sikat gigi.

#3. Jaga kebersihan sikat gigi. seusai Anda memakai sikat gigi maka jangan lupa untuk membersihkan sikat gigi dengan cara yang benar. Bersihkan semua lapisan sikat gigi sampai bagian dalam jadi tidak ada sisa makanan yang menumpuk pada sikat gigi.

#4. Ganti sikat gigi dengan cara teratur. Jangan memakai sikat gigi untuk jangka panjang, sebab sikat gigi dapat menjadi media pertumbuhan bakteri yang tidak dapat anda lihat.

#5. Jangan memakai sikat gigi baru dengan cara langsung. Banyak orang yang memakai sikat gigi baru tanpa mencuci ataupun membersihkannya. Hal ini nyatanya sangat berbahaya, sebab perlakuan sikat gigi yang steril di pabrik maka belum pasti menjamin kebersihan sikat gigi. Bersihkan & cuci sikat gigi baru supaya terhindar dari kuman.

Meskipun ada bahaya yang mengintai di balik sikat gigi, tetapi bukan berarti anda wajib meninggalkan aktifitas menggosok gigi. Menggosok gigi bakal menolong membersihkan gigi jadi anda dapat terhindar dari penyakit gigi & mulut.

Beberapa kebiasaan yang salah dalam memakai sikat gigi juga dapat memunculkan potensi bahaya.

Berikut ini beberapa kebiasaan yang wajib anda lakukan untuk menjaga kesehatan sikat gigi :

#1. Jangan pernah berbagi sikat gigi dengan orang lain. Anda tidak sempat tahu bahaya apa yang bakal terjadi dengan kesehatan gigi & mulut Anda, karena ada bahaya jika memakai sikat gigi bersama.
#2. Rutin ganti sikat gigi paling tidak selagi tiga bulan sekali.
Apapun tipe sikat gigi Anda, maka terapkan beberapa cara yang benar untuk membersihkan & menyimpan sikat gigi.
#3. Perbuat pemeriksaan gigi selagi paling tidak enam bulan sekali untuk mengenal kesehatan gigi.
Banyak orang yang melalaikan pentingnya menjaga kesehatan sikat gigi. Sikat gigi yang terkesan contohnya benda mungil itu nyatanya menyimpan potensi bahaya. Jadi perbuat beberapa perubahan supaya terhindari dari bahaya sikat gigi yang belum anda tahu.

Ternyata terlalu sering sikat gigi tanpa mengecek kondisi kebersihan sikat gigi nyatanya sangatlah berbahaya!, maka dari pada itu sikat gigilah dengan kondisi sikat yang bersih

Baca Juga : Gigi berlubang? siap-siap menerima kematian

0 Response to "Awas Kuman! Bahaya Sikat Gigi Terlalu Sering + Solusi"

Post a Comment