WOW, Fakta Unik Sumur Air Zam-Zam Berdasarkan Penelitian Para Ahli

loading...
loading...
Faktakah.com - WOW, Fakta Unik Sumur Zam-Zam Berdasarkan Penelitian Para Ahli. Ada berbagai fakta unik sumur Zamzam berdasarkan penelitian para pakar yang butuh kamu ketahui. Zam-zam ialah bahasa Arab yang artinya membeludak ruah. Bagi masyarakat muslim, air ini dianggap suci. Air ini berasal dari mata air yang terletak di kurang lebih Masjidil Haram dengan kedalaman 42 meter.

Mengapa air ini disebut dapat air suci?, itu ada kaitannya dengan riwayat Siti Hajar istri dari Nabi Ibrahim, yang semakin berlari antara Bukit Safa & Bukit Marwah guna mencari air untuk anaknya Ismail. Air zam-zam ini mesikipun semakin menerus dikonsumsi & diambil tetapi tidak sempat habis-habis, & tidak sempat mengalami kekekuranganan.

WOW, Fakta Unik Sumur Air Zam-Zam Berdasarkan Penelitian Para Ahli

Fakta Mengenai Sumur Zam-Zam

Sumur ini sendiri mempunyai kedalaman awal kurang lebih 30,5 meter. Sedangkan dasar dari sumur ini diperkirakan ialah 13.5 meter menembus lapisan aluvium Wadi Ibrahim. Pada lapisan ini sangat berpori, lalu lapisan batu berpasir. Sebab mungkin saja pada jaman dahulu wilayah ini ialah lembah yang sempat dialiri sungai yang lalu menyimpan cadangan air.

Dibawah lapisan Alluvial Wadi Ibrahim, cocoknya ½ meter ke bawah ialah lapisan pertama air zam-zam. Sedangkan untuk kedalamam sumur ini sukses menembus lapisan batuan beku Diorit. Tipe batuan ini jarang kamu jumpai di tanah air, tetapi bakal sering kamu jumpai di tanah Arab ini. Dibagian atas batuan, terdapat berbagai retakan yang mengandung air.

Sebuah pengujian diperbuat, bahwa nyatanya sumur ini bisa mengalirkan 11-18,5 liter / detik. Sedangkan untuk per menit ialah 660 liter / menit ataupun 40.000 liter / jam. Di dalam sumur ini terdapat lubang-lubang yang semakin memanjang ke arah Hajar Aswad dengan panjang kurang lebih 75 cm, ketinggiannya mencapai 30 cm, ada juga lubang yang menuju arah bukit Shaffa & Marwa.

Berbagai Penelitian Tentang Sumur Air Zam-Zam

Ada berbagai peneliti yang meneliti mengenai kandungan dari air yang katanya sangat berkhasiat ini. Pastinya para pencinta misteri juga ingin mengenal mengenai kandungan air istimewa ini. Berikut ialah berbagai fakta unik air zam zam berdasarkan penelitian para pakar :

1. Tariq Husain
Ialah seorang insinyur kimia yang ditugaskan oleh Raja Faisal untuk menyelidiki berguna & dari mana air zam-zam ini berasal. Sebab saat itu Sang Raja sangat gerah dengan perkataan dari salah seorang dokter dari Mesir yang mengatakan bahwa air zam-zam tidak sehat. Tariq Husain yang saat itu bekerja di pemerintahan pertanian & sumber air mulai menyelidiki mengenai asal muasal air zam-zam. Pada saat pemeriksaan, pria ini sangat terkejut sebab sumur ini sangat kecil, 18 x 14 kaki ataupun 5 x 4 meter. Sedangkan kedalamannya juga tidak terlalu dalam. Hanya saja air ini keluar dari hasil rembesan pasir yang ada di bawah sumur.

2. Dr Hamdi Saif Seorang Pakar Kimia & Fisika Dari Alexsandria University
Dalam penelitianya Doker ini menyimpulkan bahwa ini ialah minuman permukaan bumi paling baik di dunia. Itu sebab zam-zam mengandung elektrolit yang sangat sebanding untuk badan manusia. Air ini sangat sempurna, murni & alami, jadi aman untuk dikosumsi kapanpun juga. Sebab tidak ada kandungan patogen pun dalam minuman ini. Apabila dikonsumsi dengan cara rutin, zam-zam bisa menolong proses penyembuhan penyakit ginjal, jantung, mata, migrain & berbagai penyakit lainnya. Itu sebab badan mendapat mineral penting yang diperlukan untuk proses recovery & metabolisme tubuh.

Khasiat Air Zam-Zam

#1. Mengandung anti kuman
Didalam suatu penelitian air zam-zam nyatanya mengandung zat florida, yang bisa membunuh kuman-kuman berbahaya yang biasa hidup di air.

#2. Mengandung kalsium
Nilai kalsium dalam minuman ini juga lumayan tinggi, ada juga kandungan garam magnesium. Apabila seorang jamaah mengkonsumsi minuman ini maka haus bakal hilang & energi bakal segera pulih.

#3. Keseimbangan elektrolit
Sebab keseimbangan elektrolit yang ada dalam minuman ini, dampaknya rasa haus sebab kekekuranganan cairan badan bakal bisa diatasi seketika. Zam-zam tidak sama dengan minuman lainnya. Ketika diminum, langsung bisa diserap ke dalam tubuh, & diproses. Dampaknya rasa haus bakal hilang, & cairan badan bakal terjaga & cairan yang hilang bakal terganti dengan cepat.

#4. Rasa air
Mesikipun suhu di luar ruangan ataupun di Mekkah sangat panas, tetapi kapanpun kamu mengkonsumsi zam-zam rasanya masih segar & dingin. Itu sebab kandungan molekular dalam air ini tidak sama dengan air manapun tergolong yang berada di luar Mekkah.

Itu sebabnya dimanapun kamu berada air ini selalu tak pernah habis, bahkan ketika kamu berada di Masjidil Haram ataupun ketika kamu berada di Masjid Nabawi. Kamu tidak usah takut kehausan ketika sedang beribadah. Air ini lumayan untuk menghapus dahaga yang kamu rasakan. Salah satu keistimewaan dari air zam-zam ini ialah resapan airnya yang panjang & proses strelirisasi alamiah yang sangat baik. Membuat air ini masih terjaga nilainya & tidak bakal sempat habis hingga kapanpun. Mesikipun proses pengambilan air ini sangat banyak.

Nah Itulah berbagai fakta unik tentang air zam zam berdasarkan penelitian para ahli, semoga berguna bagi kamu semua.

loading...

0 Response to "WOW, Fakta Unik Sumur Air Zam-Zam Berdasarkan Penelitian Para Ahli"

Post a Comment