Dahsyatnya Makna Ucapan "Amin" Pada Surat Al-Fatihah

Faktakah.com - Makna Ucapan "Amin"Saat shalat berjama’ah, kita tentu mengucapkan kata “amin”, tapi apakah kita tahu bahwa nyatanya di balik satu kata yang amat pendek tadi menyimpan suatu pengertian yang sangat amat dalam bahkan dosa kita dapat terhapuskan. 

Tapi apakah hanya itu saja kelebihan dari kata “amin”? Nyatanya tidak, para ulama telah meneliti berbagai penelitian dan lumayan banyak yang dapat dipetik dari kata-kata amin.

Dahsyatnya Makna Ucapan "Amin" Pada Surat Al-Fatihah

Hadits yang Menceritakan Mengenai Amin, Satu Kata Untuk Pelebur Dosa

Mungkin kita bakal terbingung-bingung, mengapa suatu  kata yang amat pendek dapat mempunyai khasiat yang amat banyak. Tapi tenyata, ada suatu dalil ucapan amin / hadis ucapan amin yang menceritakan mengenai dahsyatnya ucapan amin yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim. Lewat hadits tersebut, diceritakan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda mengenai kita yang sebaiknya mengucap “amin” apabila imam sholat kita mengucapkannya. Hal ini dikarenakan sebab “amin” kita apabila bersamaan dengan “amin” dari para malaikat maka bakal menyebabkan hilangnya dosa-dosa yang dulu sempat kita kerjakan.

Seusai diteliti, nyatanya amat normal apabila ungkapan “amin” ialah ungkapan yang kuat, sebab makna ucapan amin ternyata sangat dalam, arti dari ucapan amin yaitu suatu perkataan yang diucapkan untuk meminta pada Allah supaya mengabulkan doa yang sesudah kita baca saat shalat maupun saat kita membuka Qur’an. 

Hikmah mengucap amin seusai doa dibacakan berarti kita meminta dengan sungguh-sungguh terhadap Allah untuk mengabulkan doa tersebut. Hal ini bakal menjadi jauh lebih menarik saat kita mengucapkannya cocok seusai imam shalat kita berakhir membaca Al-Fatihah mengingat Al-Fatihah sendiri ialah surat yang paling agung dan yang paling mulia apabila dibandingkan dengan surat-surat lainnya di dalam Al-Quran.


Faidah Lainnya dari Mengucap Kata Amin Saat Shalat Berjama’ah

Ucapan amin dalam islam yaitu mengenai arti ucapan amin dan apa yang bakal terjadi apabila kita mengucapkannya saat imam berakhir membacakan al-fatihah. 

Baca Juga : Kisah Nyata: Dahsyatnya Kekuatan Doa Sorang Ibu...!!!

Berikut ialah Manfaat Ucapan Amin :

#1. Ucapan Amin sesudah bacaan surat Al-Fatihah

Hasil diskusi para ulama-ulama yang mengulas mengenai kata amin menyimpulkan bahwa sebaiknya balasan ucapan amin yang benar sesudah ucapan amin imam pada surat al-Fatihah 


#2. Kapankah mengucapkan amin? Setelah imam atau sebelum?

Untuk memperoleh hasil paling baik dari kata amin, satu kata untuk pelebur dosa, kita sebaiknya menantikan imam mengawalinya, contohnya yang ada dalam hadits dimana saat imam mulai bersiap untuk mengucap amin, ma’mum shalat juga bersiap-siap supaya ucapannya dapat menjadi lebih harmonis.

Nah jika imam sudah mengatakan amin, maka ma'mum harus mengucapkan balasan ucapan amin juga.

#3. Apakah pengucapan amin boleh mendahului imam?

Apabila kita ingin memperoleh keutamaan besar dari kata-kata amin, kita dilarang untuk mendahului imam.

#4. Dosa apa saja yang dihilangkan jika membaca Amin?

Terbukti tidak dijelaskan dengan cara detil dosa macam apa yang bakal dihapuskan, tapi para ulama setuju bahwa yang dimaksudkan pada hadits di atas ialah dengan cara umum, yang berarti bukan hanya dosa kecil yang dihapus melainkan juga dosa yang besar. Walau begitu, tetap ada berbagai debat mengenainya.

Baca Juga : Masyaallah, Inilah Waktu-Waktu Mustajabnya Doa Agar Terkabul


#5. Apa maksud doa pada hadits tadi?

Ucapan amin dalam doa maksudnya ialah miniru sifat malaikat, dimana manusia harus menjadi malaikat yang merendahkan diri saat berdo’a.

#6. Siapa saja malaikat yang turut mengucap amin?

Ada berbagai perdebatan mengenai malaikat mana yang ikut mengucap, tapi mayoritas ulama memilih untuk memakai malaikat yang mengikuti shalat berjamaah. Sebab hanya dari itu lah mereka dapat ikut mengucap amin, satu kata untuk pelebur dosa.

Nah itulah artikel manfaat ucapan amin yang benar menurut islam. nantikan juga artikel Faktakah.com selanjutnya tentang : ucapan amin yang benar menurut islam

0 Response to "Dahsyatnya Makna Ucapan "Amin" Pada Surat Al-Fatihah"

Post a Comment

# Dilarang Meninggalkan Link di Kolom Komentar
# Berikan Saran dan Komentar Anda Jika menurut Anda Benar :)