Alasan Makan dan Minum Sambil Duduk Dari Segi Agama, Kesehatan & Moral

loading...
loading...
Faktakah.com - Ini alasan kenapa makan dan minum wajib duduk. Para penggemar faktakah.com yang senantiasa gemar bersosialisasi & kongkow bersama relasi. Bahasan anda hari ini ialah mengenai misteri larangan makan dan minum dengan berdiri.

Pasti kamu bertanya-tanya kenapa kalau makan dan minum harus duduk ? apa ada hadist tentang makan dan minum sambil duduk ? dan apa hikmah makan dan minum sambil duduk ? Yuk kita kupas tuntas.

Baca Juga : AWAS! Minum teh setelah makan, siap-siap anda akan ada di UGD

Alasan Makan dan Minum Sambil Duduk Dari Segi Agama, Kesehatan dan Moral


Alasan Makan dan Minum Sambil Duduk dari Segi Agama

Agama Islam melarang keras orang makan & minum dengan berdiri. Larangan ini seolah hanya saran sederhana saja mengenai larangan orang yang meperbuat makan & minum dengan cara berdiri. Pendeknya, Islam memberi anjuran makan dan minum sambil duduk. Kemudian apa sebetulnya alasan kenapa makan dan minum harus duduk?

Ada hadits yang menyinggung mengenai tata cara makan dan minum seorang muslim yang benar. Hadits yang berbunyi : "janganlah anda minum sambil berdiri", menyinggung mengenai bagaimana cara seorang muslim minum yang baik. Cara minum yang dijelaskan dalam hadits ini juga berarti menyangkut cara makan.

Cara minum dan makan yang baik diperbuat dengan cara duduk. Keutamaan makan dan minum sambil duduk ini sangatlah dalam pengertian duduk yang sebetulnya. Jika menemui kondisi yang paling tidak memungkinkan sekalipun, orang wajib mencari tempat untuk duduk pada saat makan dan minum. Jika tidak bisa menemukan kursi, tempat duduk, ataupun apapun juga yang bisa diduduki, maka disarankan untuk berjongkok. Yang penting usahakan badan Anda berada dalam posisi rendah, & ada batas tekukan dari segi badan yang atas dengan badan yang bawah.

Agama Islam mengwajibkan orang makan dan minum dengan posisi yang rendah, dengan maksud untuk menahan ataupun mengerem sifat manusiawi manusia yaitu serakah. Melakukan makan dan minum, membuat orang tidak menjadi serakah untuk berusaha memakan semua yang terhidang. Menekan ego & membuat menjadi lebih tenang.

Hadits lainnya yang menyatakan larangan makan dan minum sambil berdiri ialah hadits yang diriwayatkan oleh Anas ra. Nabi SAW bersabda : "Bahwa ia melarang seseorang untuk minum sambil berdiri". Jamaah tabligh bertanya, "Kemudian kami bertanya terhadap Anas mengenai makan. Ia menjawab bahwa hal itu lebih kurang baik."

Alasan Makan dan Minum Sambil Duduk dari Segi Kesehatan

Para penggemar faktakah.com yang bertersanjung. Jika alasan dari segi agama agak susah Anda terima, mari anda tilik alasan kenapa makan dan minum wajib duduk dari segi kesehatan.

Tubuh manusia terdiri atas satu jaringan daging & darah yang berkesinambungan dari atas hingga ke bawah. Pada kala Anda meperbuat kegiatan makan dan minum dengan cara berdiri, maka ada sebuah saluran yang lurus & terbentuk dari badan Anda, contohnya jalur bypass yang leluasa hambatan. Ketika Anda minum dengan cara berdiri, air yang Anda minum bakal semakin turun meluncur tanpa saringan masuk ke kandung kemih.

Pada saat perjalanan ke kandung kemih tersebut, terjadi berbagai pengendapan pada saluran di sepanjang rute yang dilewati air yang disebut dengan ureter. Dengan begitu banyaknya limbah beracun sisa makanan yang mengendap di ureter inilah, yang menjadi pemicu petaka. Biasanya diawali oleh rasa sakit di kurang lebih perut.

Di dalam badan mempunyai sebuah struktur otot maskuler yang bermanfaat contohnya klep air pada saluran air keran. Klep otot tersebut bisa dibuka & ditutup untuk mengatur jalannya irigasi dalam tubuh. Ketika Anda minum sambil berdiri klep maskuler tersebut yang bernama sfringer bakal terbuka, & air meluncur deras hingga ke kandung kemih.

Para penggemar faktakah.com sempat dengar mengenai penyakit lambung, penyakit ginjal, gagal ginjal, ginjal mengkristal, ataupun sumbatan ginjal? Itu semua ialah panen penyakit dampak makan dan minum tidak dengan duduk. Orang pada akhirnya wajib menghabiskan jutaan rupiah untuk meperbuat cuci darah. Jika hingga pada titik tertentu bisa mengdampakkan kanker pada usus Anda, & pada saluran pencernaan Anda.

Baca Juga : 10 makanan aneh dan menjjikkan dari jepang

Alasan Makan dan Minum Sambil Duduk dari Segi Moral

Maka, lagi-lagi tolong perhatikan baik-baik hal ini. Inilah alasan makan dan minum wajib duduk. Anda yang tidak mengindahkan segala penjelasan dari segi agama ataupun dari segi kesehatan, maka bisa sehingga bakal juga tidak diindahkan oleh masyarakat dengan cara sosial.

Sebab, Anda yang tidak acuh & kekurangan pedulian dengan kondisi sekeliling Anda, sekalipun orang sempat memperingatkan Anda untuk jangan makan dan minum sambil berdiri. Jnda tetap saja tidak acuh, maka dari perbuatan anda tersebut, yakni bakal dicap sebagai orang yang tidak punya etika.

Sebab biar bagaimanapun makan dan minum sambil berdiri bakal diangap tidak sopan, kekurangan etika, & tidak berbudaya. Walau berpesta dengan makan-minum sambil berdiri dianggap trendy & gaul, tetapi tetap saja standing party ala adat barat itu tetap tetap tidak sesuai dengan adat Indonesia yang mengusung kelembutan & keanggunan. Maka jangan lagi makan dan minum dengan berdiri. Tapi ingatlah pentingnya makan dan minum sambil duduk

Nah itulah artikel mengenai mengapa makan dan minum harus duduk.
Baca Juga : BAHAYA! Jangan tiup makanan panas atau anda akan...
loading...

0 Response to "Alasan Makan dan Minum Sambil Duduk Dari Segi Agama, Kesehatan & Moral"

Post a Comment