6 Objek Wisata "Ranah Minang" Sumbar yang Membuatku Takjub

6 Objek Wisata "Ranah Minang" Sumbar yang Membuatku Takjub

Satu mingu (16 Juli - 23 Juli 2016) jalan-jalan menulusuri objek wisata di Minang Kabau Sumatera Barat menjadi pengalaman yang mungkin tak terlupakan. Berikut cerita perjalanan aku dan keluarga besar di sana.


Aku Cinta Indonesia : Pengalaman Objek Wisata Ranah Minang Yang Tak Pernah Kulupakan

Waktu menunjukkan pukul 20.00 WIB ketika pesawat dengan maskapai Lion Air yang kami tumpangi baru saja mendarat di Bandara Internasional Minangkabau Padang. Saya dan anggota keluarga berencana menginap di Hotel berbintang 5, yaitu Premier Basko Hotel. 

Hampir 15 menit menunggu di bandara, akhirnya pak sopir Taxi Blue Bird datang menjemput kami, wah cepat juga ya mereka. Nah sepanjang jalan menuju Premier Basko Hotel Kota Padang tampak begitu ramai, mungkin karena malam ini merupakan malam minggu kali ya ^^. Walaupun ramai, jalanan Kota Padang pada malam itu tidak pernah macet lho, nah itu yang bikin saya senang dalam perjalanan wisata ini. 


#1. Objek Wisata Ranah Minang : Pantai Aia Manih

6 Objek Wisata "Ranah Minang" Sumbar yang Membuatku Takjub
Foto Pantai Aia Manih
Awal berwisata di kota Padang, kami mencoba ke Pantai Aia Manih yang disuguhi oleh pemandangan laut dan sunset nan begitu indah yang membuat kami harus singgah di pantai itu sejenak berpose menikmati keindahannya. Kami menyempatkan diri menikmati keindahan jembatan Siti Nurbaya yang dikelilingi oleh rumah-rumah bergaya khas arsitektur Belanda.


#2. Objek Wisata Ranah Minang : Istana Bung Hatta

6 Objek Wisata "Ranah Minang" Sumbar yang Membuatku Takjub
Foto Istana Bung Hatta
Keesokan harinya Senin (18 Juli 2016), tempat wisata di minangkabau yang paling ditunggu oleh keluarga kami adalah mengunjungi kota Bukit Tinggi, daerah yang dulu pernah menjadi ibukota Indonesia. Tidak hanya itu, Bukit Tinggi juga terkenal dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia karena di kota inilah Bung Hatta lahir, salah seorang wakil presiden yang sangat ternama. Tidak heran, jika di Bukit Tinggi terdapat sebuah Istana Bung Hatta yang letaknya tepat di depan Jam Gadang.


#3. Objek Wisata Ranah Minang : Jam Gadang

6 Objek Wisata "Ranah Minang" Sumbar yang Membuatku Takjub
Foto Jam Gadang
Berwisata ke Bukittinggi kurang mantap rasanya jika tidak mengunjungi Jam Gadang yang merupakan ikon objek wisata di Bukit Tinggi. Jam Gadang terlihat seperti tower jam di kota London, jadi gak perlu jauh-jauh deh pergi ke London, di Bukittinggi kan juga ada ^^. Nah tepat di belakang Jam Gadang terdapat Pasar bernama "Pasar Atas", kami mencoba mondar-mandir untuk berburu berbagai macam oleh-oleh seperti pakaian, makanan dan cindramata khas Minang.


#4. Objek Wisata Ranah Minang : Janjang Seribu

6 Objek Wisata "Ranah Minang" Sumbar yang Membuatku Takjub
Foto Janjang Seribu
Selanjutnya kami mencoba pergi ke Janjang Seribu, pemandangan yang kita nikmati di sela-sela menaiki tangga di Janjang Koto Gadang sungguh menakjubkan, kami bisa melihat pemandangan Ngarai Sianok, Dinding tebing dan hutan - hutan mekar yang membuat udara terasa begitu segar. Ternyata di Koto Gadang juga terdapat kerajinan - kerajinan emas perak khas wisata budaya minangkabau lho, yang bisa menjadi oleh - oleh keluarga kami.


#5. Objek Wisata Ranah Minang : Benteng Fort De Kock

6 Objek Wisata "Ranah Minang" Sumbar yang Membuatku Takjub
Foto Benteng Fort De Kock
Keesokan harinya, objek wisata ranah minang selanjutnya yaitu jalan - jalan sekitar Kampung China ala Bukittinggi, ternyata disini ada Benteng Fort De Kock di atas bukit Jirek, benteng ini merupakan peninggalan Belanda yang didirikan oleh Kapten Bouer pada tahun 1825. Benteng Fort De Kock yang terletak di atas Bukit Jirek ini digunakan oleh Tentara Belanda sebagai kubu pertahanan dari gempuran rakyat pada Perang Paderi.


#6. Objek Wisata Ranah Minang : Lobang Jepang

6 Objek Wisata "Ranah Minang" Sumbar yang Membuatku Takjub
Foto Lobang Jepang
Penjelajahan terakhir kami di Bukit Tinggi yaitu di sebuah tempat yang sangat istimewa, karena tempat wisata yang satu ini berada di bawah tanah, namanya Taman Panorama Lobang Jepang (Japanese Tunnel). Saat memasuki Lobang Jepang udara yang sangat dingin menyambut kami di tempat yang terbagi dalam beberapa ruangan itu. Ada ruang sidang, ruang amunisi, museum saintifik, museum geologi, ruang makan romusa, barak militer, Penjara dan dapur.

Tidak heran, Ranah Minang ini menjadi objek wisata mancanegara yang para bule pun banyak kami temui di Ranah Minang ini.


Bagaimana cara berwisata ke Sumatera Barat? Mahal gak?

Untuk menuju Sumatera Barat ternyata mudah dan murah. Soal harga tiket pesawat, Airpaz.com bukan hanya menawarkan kemudahan, tetapi juga harga tiket yang terjangkau. Kamu bisa memilih banyak maskapai menuju Bandara Internasional Minangkabau seperti: Lion Air, Sriwijaya Air, Citilink dan Batik Air. Cukup ikuti langkah saya :

  1. Buka tab baru di browser kamu.
  2. Lalu ketik Airpaz.com.
  3. Setelah isi pilih kota tempat kamu berangkat dan tujuannya ke Kota Padang, isi juga tanggal keberangkatan, pulang pergi / sekali jalan, dan berapa banyak tiket yang dibeli.
6 Objek Wisata "Ranah Minang" Sumbar yang Membuatku Takjub
Airpaz.com

Ternyata tempat wisata di minangkabau Sumatera barat menjadi kenangan terindah dalam hidupku. Karena itu lah Aku berharap suatu saat aku bisa mewujudkan impian lain ke Pulau Dewata Bali. Menuju Bali menggunakan pesawat adalah cara termudah dan termurah, harga tiket pesawat murah dan pelayanan extra memang jadi incaranku, apalagi kalau aku bisa mendapatkan tiket pesawat GRATIS dari Airpaz.com.

Seandainya aku mendapatkan tiket pesawat melalui airpaz.com dengan menggunakan maskapai Lion Air. Maka berikutnya saya akan menulusuri objek wisata Pulau Dewata Bali. 

"AKU CINTA INDONESIA"

#Airpaz #AkuCintaIndonesia

5 Responses to "6 Objek Wisata "Ranah Minang" Sumbar yang Membuatku Takjub"

  1. Aku juga pengin ke Sumatra Barat. Sayang belum kesampaian..

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Tulisan menarik, terima kasih atas partisipasinya dalam lomba blog Airpaz. Semoga menang dan mendapatkan tiket gratis dari Airpaz ya :)

    ReplyDelete
  4. Wah, seru banget ternyata ranah minang ini yahh....pengen kesana achh..

    ReplyDelete