ASTAGA! 5 Hal Menakutkan Terjadi Jika Bumi Berhenti Berputar

Faktakah.com - 5 Hal Yang Menakutkan Terjadi Jika Bumi Berhenti Berputar. Apa yang terjadi apabila bumi berhenti berputar ? Pada hakikatnya bumi berputar dengan cara berkelanjutan guna menghasilkan energi yang menolong manusia serta objek lain di bumi tetap bisa berpijak di tempatnya. Bumi diketahui berputar dengan kecepatan 1600 km/ jam. Dari hasil eksperimen yang diperbuat para pakar didapati kecepatan rotasi bumi tersebut mengalami perlambatan 2 detik setiap 100 ribu tahun. 

Hal ini berarti ada kemungkinan bumi bakal berhenti berputar. Pernahkah penggemar faktakah.com membayangkan hal apa yang terjadi jika bumi berhenti berputar ? Berikut 5 diantaranya:


ASTAGA! 5 Hal Menakutkan Terjadi Jika Bumi Berhenti Berputar

 Apa saja yang bakal terjadi apabila bumi berhenti berputar ?


#1. Kesalahan Navigasi
Selama ini navigasi pesawat memakai GPS dengan bantuan dari satelit. Satelit sendiri berputar mengikuti rotasi bumi. Jadi adanya perlambatan alias bumi yang malah berhenti berputar bakal menyebabkan satelit keliru membagikan posisi pesawat. Alhasil pesawat udara bakal mendarat di tempat yang salah. Singkatnya bakal terjadi banyak kecelakaan pesawat sebab kesalahan navigasi.

#2. Pertambahan Durasi Hari
Hal lain yang bakal terjadi yaitu pertambahan durasi hari. Adanya perlambatan rotasi bumi mengdampakkan hari bertambah panjang yang berarti 1 hari bukan lagi 24 jam. Kondisi ini pastinya menyebabkan siang hari berjalan lebih lama dibanding malam hari di sebuahtempat, serta sebaliknya malam hari bakal berjalan lebih lama dibanding siang di tempat lain.

#3. Banjir Dahsyat
Bentuk bumi tidaklah bulat sempurna, melainkan tidak banyak melebar di bagian khatulistiwa. Hal ini sebab rotasi bumi. Adapun bagian yang melebar sebetulnya ialah laut yang terkumpul pada garis khatulistiwa. Apabila bumi berhenti berputar, laut di khatulistiwa bakal mengalir ke arah kutub serta menyebabkan banjir dahsyat di Eropa serta tidak terkecuali di Indonesia.

4. Naiknya Tekanan Udara
Selain air laut yang naik ke kutub, bakal terjadi pula kenaikan tekanan udara dengan cara drastis. Kondisi ini bisa menyebabkan pecahnya paru-paru manusia yang tinggal di bagian khatulistiwa. Sebaliknya di bagian kutub utara serta kutub selatan bakal merasakan udara tipis contohnya halnya di pegunungan, jadi terasa sesak kala bernapas.

5. Aktivitas Geologi Ekstrim
Hal lain yang bakal terjadi apabila bumi berhenti berputar yaitu adanya aktivitas geologi yang esktrim. Gunung berapi yang semula tenang bisa meletus serta juga terjadi gempa bumi menarik. Hal ini dipicu sebab adanya gesekan yang muncul dampak perlambatan lapisan bumi yang tidak sama.


Hal-hal yang terjadi apabila bumi berhenti berputar contohnya yang disebutkan di atas sebetulnya merupakan fotoan sederhana dari akhir kehidupan di hampir seluruh bagian bumi. Sebetulnya apabila ditelusuri, hal pertama yang bakal terjadi apabila bumi berhenti berputar ialah badan manusia yang bakal terbang dengan kecepatan mencapai 465 m/s. Pasti kecepatan yang sangat tinggi yang bakal membuat badan manusia terpecah menjadi bongkahan kecil hanya dalam waktu singkat. Inilah yang terjadi jika bumi berhenti berputar.

Tetapi, semua hal yang terjadi tersebut bukan akhir dari semuanya. Tetap ada kemungkinan manusia alias makhluk hidup yang bakal selamat. Terutama mereka yang berada di daerah kutub alias ujung bumi. Mengapa demikian? Gaya lempar di kedua ujung bumi baik selatan alias utara didapati tidak begitu terasa dibanding dengan gaya lempar yang bakal dialami manusia yang tinggal di bagian khatulistiwa. Tetapi, lagi-lagi mereka yang tinggal di kutub kemungkinan dilanda banjir dahsyat contohnya yang telah disebutkan di atas.

Seusai bumi berhenti berputar ada pula kemungkinan angin topan super kuat yang bisa memusnahkan manusia serta makhluk hidup lain yang dilaluinya. Setiap benda yang dilalui mungkin tidak bakal selamat. Mulai dari rumah, kendaran bermotor di jalanan, pesawat terbang, serta lainnya. Parahnya angin topan super tersebut diyakini juga sanggup mengdampakkan terjadinya erosi pada kerak bumi. Gunung dengan puncak paling atas seperi gunung Himalaya bisa jadi memendek sebab sapuan pendek angin topan.

Di bagian laut, bakal terjadi tsunami raksasa yang bergejolak seolah siap melahap apa yang ada didekatnya. Untuk fotoananya mungkin bisa dikatakan mirip dengan tsunami pada film berjudul 2012. Ancaman belum beres sebab matahari mungkin pula membunuh semua makhluk hidup dengan sinar UV-nya. Apabila bumi berhenti berotasi, lapisan inti bumi juga bakal berhenti berputar. Padahal gerakan dari inti bumi tersebut merupakan sumber semua lapisan magnetik yang menjadi pelindung bumi tidak terkecuali dari paparan radiasi matahari.


Patut disyukuri bahwa hingga kala ini bumi tetap berputar. Kemungkinan apa yang terjadi ketika bumi berhenti berputar terbukti ada, tetapi hal tersebut diperkirakan baru bakal terjadi setidaknya hingga 5 miliar tahun ke depan. Menurut NASA sebelum bumi berhenti berputar, bumi bakal hancur terlebih dulu sebab matahari meredup dampak kehabisan bahan bakar. Tetapi, siapa yang tahu apa yang menjadi takdir serta kehendak Tuhan. Membayangkan hal-hal yang terjadi apabila bumi berhenti berputar terbukti lumayan mengerikan.

Nah itulah artikel mengenai hal-hal yang terjadi jika bumi berhenti berputar

0 Response to "ASTAGA! 5 Hal Menakutkan Terjadi Jika Bumi Berhenti Berputar"

Post a Comment

# Dilarang Meninggalkan Link di Kolom Komentar
# Berikan Saran dan Komentar Anda Jika menurut Anda Benar :)