Apa Yang Akan Terjadi Pada Saat Otak Kita Jatuh?

Faktakah.com - Kali ini yang jadi topik misteri seterusnya yaitu berkenaan sebuah hal yang selalu menjadi pertanyaan yang dipertanyakan banyak orang adalah apa yang terjadi terhadap otak kita ketika jatuh? Peminat Faktakah.com pasti saja sempat mengalami momen yang namanya jatuh bukan? Sebutlah itu jatuh cinta, jatuh hati, jatuh bangun, atau bahkan jatuh dari tangga. Tetapi tipe “jatuh” yang akan dibahas disini yakni jatuh dalam artian yang sesungguhnya ialah disaat satu orang sedang sedang melakukan sesuatu, dulu tiba-tiba saja terantuk batu atau meja sampai terjatuh. Kejadian ini rasanya telah amat biasa dialami oleh banyak orang sampai banyak orang yang tak memikirkan asal usul dari jatuh sendiri itu seperti apa. Faktakah.com dapat memaparkan mengenai misteri jatuh ini : D.

Baca juga : Misteri otak jenius Albert Einstein
Apa Yang Akan Terjadi Pada Saat Otak Kita Jatuh?
Otak ©2016 Faktakah.com
Jangan Sampai berpikir bahwa jatuh ini akan jadi misteri ya, sebab faktor ini telah diteliti oleh bapak-bapak & ibu-ibu peneliti dari University of Michigan. Dasarnya, kejadian jatuh berjalan lantaran adanya 'ketidaksengajaan' dapat hilangnya keseimbangan yang berlangsung terhadap manusia.

Penelitian Tentang Jatuh 

Menurut Daniel Ferris sebagai professor kinesiologi, seperti yang dilansir oleh Huffington Post, Senin (19/8/2013), dirinya & timnya memanfaatkan EEG buat melihat apa yang berjalan di dalam otak. EEG ini lumayan menolong penelitian mereka buat mampu menyaksikan bagian mana saja didalam otak yang pertama kali bereaksi disaat manusia kehilangan keseimbangannya.

Hasil penelitian ini selanjutnya dipublikasikan dalam Journal of Neurophysiology yakni satu buah penelitian dilakukan terhadap 26 responden dengan memakai elektroda. Para responden terjadi dibalok keseimbangan. Balok keseimbangan ini merupakan balok yang mengakses dengan treadmill maka jidisaatu ada responden yang kehilangan keseimbangan, mereka 'jatuh' ke lokasi yang lebih aman. Mereka tak bakal terluka dan sanggup lanjut terjadi di treadmill.

Akhirnya yaitu disaat responden bakal jatuh, ada semacam jeda yang berlangsung antara otak & otot. Simpulan ini didapatkan lewat analisis yang dilakukan berdasarkan kepada respon listrik yang berada didalam otak lewat suatu fasilitas ialah electroencephalogram (EEG). Sesudah berlangsung proses jatuh tersebut para peneliti menyaksikan dan mengecek adanya respons berupa respons listrik yang berada didalam otak. Dari sanalah tampak bahwa otak menyadari bahwa ada reaksi yang muncul dikarenakan adanya kehilangan keseimbangan sebelum terhadap hasilnya responden terjatuh.
Diliat seseorang yang mampu menyadari adanya tanda berupa “kehilangan keseimbangan” tersebut dengan lebih teliti, sehingga seorang tak mau terjatuh. Jatuh akibat tersandung dapat dicegah & diatasi, salah satunya yakni dengan membiasakan diri untuk merespon tanda relfeks dari badan dengan cara otomatis.

Baca juga : Misteri Otak yang Perlu Kita Ketahui

Jatuh cinta 

Masalah menyangkut jatuh bukan cuma masalah jatuh dalam konteks yang sesungguhnya. Jatuh cinta pula yaitu salah satu aspek yang lumrah dialami oleh seluruh manusia. Siapa pula yang mampu mengelak seandainya nyata-nyatanya seorang sedang mengalami jatuh hati? Hal ini nampaknya menarik untuk diselidiki, sebab sesungguhnya kasmaran bukanlah suatu misteri, sebuah bukti dari jatuh hati akan dirasakan pun oleh orang yang tulus mencintainya dari lubuk hati yang paling dalam (loh mengapa menjadi curhat ya? : D) Silakan disimak saja, apa sih yang terjadi didalam otak diwaktu seseorang orang sedang mengalami jatuh cinta?

Banyak hal-hal tak masuk akal yang berjalan disaat seorang jatuh cinta, entah ada perasaan yang tak dapat disampaikan atau rela jalankan sesuatu yang berlangsung di luar akal sehat. Salah satu faktor yang terjadi di luar akal sehat itu merupakan disaat seorang rela meninggalkan harta ataupun karirnya cuma untuk cinta. Lama-kelamaan hal-hal tersebut yang sebenarnya tak masuk akal tersebut sebenarnya bukan lagi suatu misteri. Ada penjelasan ilmiah kenapa hal tersebut sanggup terjadi & kenapa serta orang yang sedang jatuh cinta sangat sering bertindak dengan cara tak rasional seperti tidak jarang merasa galau, kesepian, bahkan sering jalankan hal-hal yang konyol karenanya.

Dilansir dari Daily Mail, adanya perkembangan dari sebuah teknologi sukses memaparkan bahwa reaksi saraf otak yang muncul disaat seorang sedang mengalami jatuh cinta. Para peneliti dulu memetakan seperti apa perubahan kimia yang berlangsung & sektor otak mana saja yang aktif atau bahkan mati waktu seorang sedang mengalami gejala jatuh hati.

Korteks frontal merupakan bagian didalam otak yang bereaksi disaat seorang menciptakan ketentuan dan menghakimi sesuatu. Hal yang menarik disini berlangsung saat seorang jatuh cinta, sehingga fungsi dari korteks frontal “dimatikan”. Hasil ini didapatkan dari penelitian yang dilakukan oleh Semir Zeki dari University College London. Tidak Cuma korteks frontal, bidang otak yang berfungsi buat mengontrol rasa takut & emosi negatif pun bakal mati maka jatuh cinta menciptakan seorang merasa menyukai. Itulah jawaban dari pertanyaan mengenai apa yang berjalan terhadap otak didisaat kita jatuh?

Baca juga : 7 Keajaiban otak kiri dan kanan

0 Response to "Apa Yang Akan Terjadi Pada Saat Otak Kita Jatuh?"

Post a Comment

# Dilarang Meninggalkan Link di Kolom Komentar
# Berikan Saran dan Komentar Anda Jika menurut Anda Benar :)