Penyebab Kesurupan Banyak Terjadi di Indonesia

Faktakah.com - Penyebab Kesurupan Banyak Terjadi di Indonesia- Akhir-akhir ini kita sering dikejutkan bersama kabar menyangkut anak sekolah yang sering mengalami kesurupan. Rata-rata kejadian ini menimpa remaja yang baru sekolah di SMP atau SMA. Kejadian kesurupan massal sering dianggap juga sebagai hal yang sudah biasa. Banyak pihak yang menyampaikan bahwa kejadian ini disebabkan oleh jin atau setan.

Kesurupan sering digambarkan dengan meronta, melawan dan jalankan bermacam macam perbuatan di luar kesadaran. Kesurupan ini membuat kita berpikir bahwa kejadian ini nyata atau cuma rekayasa saja?. Para peminat Faktakah.com, berikut ini adalah sekian banyak penjelasan berkaitan kenyataan dan fenomena kesurupan yang sering berlangsung di Indonesia. Dalam hal ini cakupan dari penjelasan Faktakah.com dapat menyaksikan fenomena kesurupan dalam pandangan Islam.

Penyebab Kesurupan Banyak Terjadi di Indonesia
Kesurupan ©2016 trainerlaris.com

Penyebab Kesurupan dalam Pandangan Islam

Islam yakni salah satu agama paling banyak yang dianut oleh warga Indonesia. Jikalau kita menyaksikan beragam sejarah kesurupan, sehingga dengan cara sengaja atau tak sengaja kebanyakan berlangsung kepada penganut Islam. Dengan Cara umum kesurupan dalam pandangan agama Islam sering dinamakan dengan masuknya roh jahat dari jin atau setan ke dalam jiwa manusia.

Hal inilah yang membuat orang yang kesurupan mampu berperilaku diluar kesadaran. Ada beraneka ragam hal yang menyebabkan muncul di balik kemampuan orang dengan cara nyata.

Baca juga : 5 Alasan kenapa hantu itu benar-benar ada

Dalam agama Islam, terdapat bermacam macam penegasan berkaitan kesurupan. Aliran agama Islam mengajarkan umatnya untuk melaksanakan doa sebelum menjalankan aktifitas. Bahkan dengan cara kusus tiap-tiap aktifitas senantiasa di buka dengan doa yang memohon biar dijauhkan dari godaan setan dan jin yang terkutuk. Tetapi terhadap dasarnya munculnya setan atau jin yang masuk kebadan manusia dapat disebabkan dari bermacam-macam jenis setan. Jin dan setan mampu muncul di seluruh ruangan yang takdisadari oleh manusia. Sementara itu setan dan jin serta gemar masuk ke dalam hati manusia yang merasa kosong, benci, menaruh dendam dan rasa stress.

Al-Quran sebagai kitab paling tinggi dalam falsafah agama Islam memuat bermacam macam falsafah menyangkut jin dan setan. Sebuah penjelasan dari surat Al-Baqarah (ayat 275) dijelaskan bahwa “orang yang memakan riba tak sanggup berdiri melainkan berdirinya orang yang kemasukan setan dikarenakan tekanan penyakit gila,,”.

Dalam penjelasan lain yang jadi inti aliran agama Islam, dijelaskan bahwa kata kata ta’awwus mempunyai makna yang amatberhubungan dengan setan. Arti kata kata ini ialah “aku berlindung dari godaan setan yang terkutuk”. Elemen ini berarti bahwa tiap-tiap aksi yang diawali bersama kata kata ini dapat berikan jaminan bahwa setan atau jin bakal menjauhi orang yang membaca kalimat tersebut.

Dalam pandangan Islam,setan dan jin senantiasa menempati hunian manusia. Ruangan pujaan jin dan setan berada di kamar mandi atau toilet. Untuk mencegah faktor ini, sehingga membaca doa kusus sebelum dan setelah masuk kamar mandi dapat menghindarikan manusia dari godaan setan dan jin.

Perbedaan Pandangan Aliran Islam dan Psikologis

Dengan Cara psikologis proses kesurupan lebih dipandang dengan cara luas. Terhadap dasarnya ada perbedaan yang teramat jelas antara pandangan islam dan segi psikologis. Berdasarkan pandangan psikologis sehingga kesurupan di lihat sebagai proses yang disebabkan oleh bermacam macam faktor tekanan sosial dan pribadi. Segi psikologis tak melihat adanya setan atau jin yang masuk ke badan manusia. Bahkan jin dan setan yang diakui sebagai penyebab kesurupan pun tak nampak oleh mata. Campuran energi dari tekanan mental dengan cara pribadi yang masuk ke alam pikiran manusia membuat kesurupan dapat berlangsung lama. Aspek ini lebih dikaitkan adanya tekanan atau aktivitas jiwa yang berada di luar kendali manusia.

Pandangan dengan cara psikologis jadi salah satu kebenaran yang nyata di sejarah kesurupan. Apabila kita telaah sehingga sekian banyak histori kesurupan ini sering berlangsung dikarenakan ada aktivitas yang dilakukan dengan cara bersama-sama. Salah satu misalnya ialah sejarah kesurupan massal ketika gerakan doa dengan menjelang Ujian Nasional bagi SMA atau SMP. Dalam sejarah ini terbukti bahwa tekanan psikologis lebih dipandang dengan cara nyata daripada jin atau setan yang masuk ke roh manusia.

Baca juga : Cara mudah mengetahui keberadaan hantu di sekitar kita

Sejarah Kesurupan di Indonesia

Rangkaian cerita kesurupan di Indonesia tetap jadi kabar mutlak yang membuat beraneka ragam kalangan merasa khawatir. Cerita kesurupan besar yang sempat berjalan terhadap tahun 2014 yakni tanggal 14 Oktober 2014. Kesurupan masal di SMPN6 Gunung Talang Kab Solok jadi kabar yang menggemparkan di sarana tv dan media cetak. Bahkan cerita kesurupan ini pula meluas sampai wilayah SMKN 2 Gunung Talang. Kejadian ini diawali dengan sekian banyak peserta didik yang tiba-tiba kejang dan berteriak diluar kendali. Pihak sekolah menyampaikan bahwa cerita ini berlangsung sesudah para peserta didik kemah di wilayah Junjung Sirih.

Beragam upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesurupan rata-rata dilakukan dengan mendatangkan ustadz atau paranormal. Umumnya paranormal akan melaksanakan ritual kusus atau doa biar jiwa yang kesurupan mampu kembali normal. Dalam pandangan Islam, upaya ini memang lah dianggap yang merupakan dosa akbar. Namun jikalau kita saksikan dengan cara ilmiah, sehingga kesurupan dalam agama Islam dan psikologis mempunyai penyebab yang tidak sama maka memerlukan aksi yang tidak serupa. Sampai perbedaan ini masihlah dianggap sebagai hal yang sangat wajar.

0 Response to "Penyebab Kesurupan Banyak Terjadi di Indonesia"

Post a Comment

# Dilarang Meninggalkan Link di Kolom Komentar
# Berikan Saran dan Komentar Anda Jika menurut Anda Benar :)