Kisah Dibalik Lagu Nina Bobo yang Menyeramkan

loading...
loading...
Faktakah.com - Asal usul nama Nina dalam lagu Nina Bobo ialah kisah dibalik dari nama “Nina” yang sebenarnya berasal. Bagi orang Indonesia, lagu Nina Bobo pastinya telah amat sangat akrab untuk didengarkan secara cara turun temurun, bahkan dinyanyikan dari generasi ke generasi.

Nadanya yang pas simpel dan isinya yang amat sangat sederhana membuat lagu ini makin enak dikenal oleh warga. Tidak cuma inti lagunya yang terdengar amat sangat bermakna, tetapi nyatanya ada sebuah makna dan peristiwa dibalik nama “Nina” yang terdapat dalam lagu Nina Bobo. Inilah sepenggal peristiwa tentang asal usul nama Nina dalam lagu Nina Bobo.

Kisah Dibalik Lagu Nina Bobo yang Menyeramkan
Lagu Nina Bobo ©2016 Faktakah.com

Lagu Nina Bobo Dari Ibunda Untuk Helelina Mustika Van Rodjnik

Awal dari peristiwa lagu Nina Bobo tersebut. Diawali dari satu buah lagu sebelum tidur yang kerap kali dinyanyikan oleh ibu bernama Mustika. Mustika ini yaitu seseorang perempuan asli Jawa yang menikahi lelaki asal negara kincir angin (Belanda) yang bernama Van Rodjnik.

Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai satu orang putri yang bernama Helelina Mustika Van Rodjnik yang tidak jarang dipanggil Nina. Tiap tengah malam, sebelum tidur, Mustika senantiasa mendendangkan lagu Nina Bobo buat sang putri sampai Nina terlelap dalam tidurnya. Tradisi tersebut senantiasa berlangsung sampai hasilnya sang putri, Helelina Mustika Van Rodjnik meninngal dunia. Sang ibunda nyatanya tidak bisa menerima kematian anaknya Nina dengan mudah.

Baca juga : Cara Terlarang Memanggil Kuntilanak

Selepas kepergian Nina yang berlangsung di tahun 1929, Ibunda Nina sering kali jatuh sakit. Bahkan, dirinya tidak berakhir menyanyikan lagu Nina Bobok tiap-tiap tengah malam di area tidur Nina dan tetap melamun bahwa putri kecilnya, Nina masihlah hidup seperti tersedia saat. Tetapi sekian banyak tahun-tahun sesudah Nina mati, Mustika sebagai ibunda dari Nina pula ikut meninggal juga. Dirinya mati lantaran sakit dan sakitnya Mustika ini diawali sebab dirinya tidak akan menerima kematian Nina.

Nina Meminta Lagu Tersebut Konsisten Dinyanyikan Tiap-tiap Tengah Malam
Selepas kepergian Nina dan Mustika, Van Rodjnik merasa amat terpukul dikarenakan kepergian putri dan istri tercintanya.Lantaran kesedihan yang dialaminya tersebut, Van Rodjnik masihlah menjaga apa yang biasa dilakukan oleh istrinya, Mustika, merupakan dengan tetap menyanyikan lagu Nina Bobo untuk putri mereka. Hal tersebut juga konsisten dilakukan oleh Van Rodjnik tatkala dilakukannya bertahun-tahun. Hingga hasilnya sekian banyak tahun-tahun berlalu setelah itu, Van Rodjnik telah tidak sempat lagi menyanyikan lagu Nina Bobo tersebut di dekat ranjang tidur Nina.

Baca juga : 5 Alasan kenapa "Hantu" itu benar-benar ada

Dulu pada tengah malam hari, Van Ridjnik merasa ada nada tangisan anak wanita mungil, yang kala dirinya mencari sumber suara tangisan tersebut, nyatanya beliau melihat Nina yang bertanya kepada Van Ridjnik ,
“Papa, mengapa Papa tidak sempat menyanyikan lagu untuk Nina lagi?” Pertanyaan tersebut ditanyakan oleh Nina sambil menangis. Sesudah itu, Van Rodjnik kembali menyanyikan lagu tersebut untuk Nina tiap-tiap tengah malam maka nada tangisan anak mungil tidak sempat terdengar lagi di rumah tersebut.

Tidak cuma menaruh sejarah panjang menyangkut cerita di balik nama Nina dalam lagu Nina Bobo, nyatanya sampai sekarang juga lagu Nina Bobo masihlah dikenal yang merupakan lagu yang akan menenangkan anak mungil yang belum mampu tertidur dan pula sedikit rewel.
Bahkan ada sebuah cerita yang menyebut bahwa jika satu orang menyanyikan lagu Nina Bobo untuk anaknya, sehingga Nina akan datang hadir di ruang tersebut dan turut menenangkan anak mungil yang tetap susah tertidur supaya hasilnya bisa tertidur dengan lelap.

Baca juga : Cara mudah mengetahui keberadaan hantu

Di kalangan warga Indonesia, lagu ini sebenarnya sudah jadi salah satu lagu legendaris yang senantiasa dinyanyikan untuk menenangkan anak mungil yang tidak kunjung tertidur, dan tidak sedikit orang lanjut usia yang mempunyai anak yang masihlah mungil menyampaikan bahwa umumnya anak yang terus-terusan menangis tentu akan slow sesudah dinyanyikan lagu Nina Bobo. Anehnya, cerita tentang Nina tidak cuma ternama di Pulau Jawa saja, melainkan pun ternama sampai ke seluruhnya Indonesia. Bahkan, Lagu ini sempat dibawakan oleh band orkestra dalam konser yang diadakan di Belanda.

Sehingga mampu disimpulkan bahwa lagu Nina Bobo serta sudah terkenal sampai ke mancanegara. Terlepas dari kapabilitas lagu Nina Bobo buat menenangkan anak mungil yang susah tertidur, tetapi sebenarnya lagu Nina Bobo tersebut diawali dari suatu ungkapan cinta dari orang sepuh buat anaknya, biarpun sampai hasilnya anak tersebut sudah mati, tetapi Ibu dan ayahnya tidak pernah berhenti menyanyikan lagu tersebut untuk putrinya biar tertidur dengan nyenyak.

Bahkan akhirnya ibunda dari Nina turut mati pula, ayahnya juga masihlah setia menyanyikan lagu tersebut untuk Nina Putrinya, Mustika yang adalah ibunda dari Nina, yang telah membuat lagu yang indah bersama suara dan lirik yang sederhana dan gampang untuk dihafalkan maka hasilnya lagu Nina Bobo melegenda, beserta seluruhnya asal usul nama Nina dalam lagu Nina Bobo.
loading...

0 Response to "Kisah Dibalik Lagu Nina Bobo yang Menyeramkan"

Post a Comment