6 Teori dan Misteri Gunung Semeru

Faktakah.com - 6 Misteri Gunung Semeru - Gunung Semeru menjadi salah satu gunung di Indonesia yang sangat diminati oleh para pencinta alam khususnya para pendaki yang ingin mencapai puncak gunung Semeru ini. Destinasi alamnya yang sangat indah jadi daya tarik penjelajah dan pendaki  untuk menguji uji nyali mereka. Tidak hanya menjadi daya tarik saja, ternyata gunung semeru telah dijadikan sebuah film yang berjudul "5 cm" dan telah menjadi film yang laris manis di pasar Indonesia.

Gunung Semeru merupakan gunung yang tertinggi di Pulau Jawa. Terletak di Jawa Timur, memiliki tinggi mencapai 3.676 Mdpl dan terhitung sebagai gunung yang tetap tergolong aktif. Letusan Gunung semeru ada di tahun 2013 dan terakhir tahun 2015.

Konon ceritanya, Gunung Semeru ini tidak sedikit menaruh misteri. Misteri apa saja yang ada dibalik keindahan gunung semeru tersebut? Berikut ini simak 6 Misteri Gunung Semeru.

6 Teori dan Misteri Gunung Semeru
Gunung Semeru

6 Misteri Gunung Semeru

1. Misteri di Arcopodo

Yakni suatu misteri yang sangat populer di Gunung Semeru ,selepas hutan belantara terdapat dataran yang luas di mana diyakini menaruh misteri Arcopodo yang artinya arca kembar. Ini mengingatkan kita kepada suatu legenda Mahameru, yang mengisahkan ditempat tersebut dulunya ada arca kembar yang berdiri tegak. Pendiri arca kembar itu merupakan prajurit dari Kerajaan Majapahit.

Yang anehnya arca kembar tersebut tak bisa diliat oleh sembarang orang. Cuma orang tertentu saja yang bisa menyaksikan keberadaannya. Lebih anehnya tiap-tiap orang yang menyaksikan arca kembar tersebut tak akan sama persepsinya menyangkut bentuknya.

Dalam suatu kasus ada yang menyampaikan bahwa dia melihat arca itu bentuknya se besar anak mungil. Tapi ada pula yang mengemukakan bentuk arca tersebut kelihatan dari jarak jauh, yang artinya berwujud seperti raksasa. Kemungkinan bagi yang belum tahu, Arcopodo ini ialah pos dataran terakhir sebelum menuju puncak Mahameru.

2. Kesurupan di Kelik

Banyak kejadian pendaki kesurupan di Gunung Semeru. sangat banyak laporan berkaitan kesurupan yang berjalan di kawasan kelik. Diluar itu dikawasan ini pernah juga berjalan kejadian pendaki yang jatuh, hilang, dan mati.

3. Tersesat

Seperti biasa, sebelum mendaki para pendaki diberikan rute yang benar. Sambil melakukan pendakian ternyata setiap pendaki diberi wejangan untuk tak berbicara kumuh, berperilaku aneh-aneh disaat pendakian. Larangan paling umum di tiap-tiap pendakian yakni dilarang bicara kumuh dan tabiat macam-macam seperti merusak lingkungan. Sangat banyak kejadian pendaki yang melanggar aturan ini dapat terjebak bahkan tersesat sewaktu pendakian.

Jadi, untuk kalian yang mau mendaki Gunung Semeru jangan merasa angkuh dengan melanggar aturan yang ada. Konon ceritanya tidak sedikit orang meyakini Mahameru yang merupakan wilayah yang suci kediaman para dewa yang selalu menjaganya.

4. Hantu Perempuan di Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo ialah suatu danau yang jadi area peristirahatan pendaki gunung semeru. Konon ceritanya, para pendaki yang sedang berkemah disini selalu melihat sosok hantu perempuan dari tengah danau.

Kejadian penampilan hantu perempuan ini biasanya berlangsung waktu bulan purnama tiba yang mereka yakini yang merupakan dewi penunggu ranu kumbolo.

Gumpalan kabut tebal yang berputar-putar di tengah danau beralih menyerupai sosok perempuan yang diyakini yang merupakan Ranu Kumbolo.

5. Mbah Dipo

Seperti Mbah Marijan yang kita kenal juga sebagai juru kunci Gunung Merapi, Mbah Dipo yaitu juru kuncinya Gunung Semeru. Mbah Dipo bertempat tinggal di kawasan yang teramat rawan yang dapat meletus maha dahsyatnya. Dipercaya sebahagian penduduk bahwa cuma Mbah Dipo yang menangkap tanda-tanda bakal kejadian tersebut.

Namun pada saat Mbah Dipo akan wafat, dia memberi pesan kepada masyarakat yaitu: "Andai saja kelak Gunung Semeru meletus, Jangan sempat lari ke arah Desa Gunung Sawur namun larilah menuju ke arah sungai.". Hingga dikala ini tak ada yang mengerti dari pesan Mbah Dipo tersebut, dan untung saja Semeru tetap aman-aman saja hingga waktu ini.

6. Ikan Mas di Ranu Kumbolo

Tak hanya ampilan sosok hantu perempuan di Ranu Kumbolo, di kawasan ini juga terdapat ikan mas yang tak ketahuan asal usulnya. Para penduduk disana punya anggapan ikan mas tersebut yakni jelmaannya para dayang dewi penunggu danau Ranu Kumbolo. Terdapat larangan menangkap atau memancing ikan disini. Bila dilanggar bersiaplah menerima hal-hal yang tak diharapkan.

Demikianlah pembahasan tentang misteri-misteri yang terdapat di Gunung Semeru. Sekarang Ini semuanya kembali kediri masing-masing untuk mempercayai cerita misteri ini.Mudah-mudahan artikel singkat ini mampu menambah pengetahuan dan wawasan Sobat seluruhnya. Yakin atau tak yakin inilah kejadian yang sempat berlangsung di Gunung Semeru.

0 Response to "6 Teori dan Misteri Gunung Semeru"

Post a Comment

# Dilarang Meninggalkan Link di Kolom Komentar
# Berikan Saran dan Komentar Anda Jika menurut Anda Benar :)