Mengungkap Misteri Lukisan Mona Lisa

Faktakah.com - Mengungkap Misteri Lukisan Monalisa, Hay Sobat Faktakah, topik pembahasan kita kali ini yakni sekitar Lukisan Monalisa. Banyak orang yang  mengetahui bahwasanya dibalik keanggunan perempuan dalam Lukisan tersebut tersimpan satu buah misteri besar yang akan kita ungkap dalam pembahasan kita nantinya. Berikut penjelasan singkat menyangkut Lukisan Monalisa tersebut.

Mengungkap Misteri Lukisan Mona Lisa
Lukisan Mona Lisa ©aribicara.com

Terungkapnya Misteri Lukisan Mona Lisa

Lukisan Monalisa yaitu suatu karya seni yang amat sangat fenomenal yang di mana lukisan ini dibuat oleh “Leonardo Da Vinci”. Umur Lukisan ini telah lebih dari 500 tahun, dan sekarang ini keberadaannya ditempatkan di museum Louvre di Paris, Prancis. Lukisan minyak di atas kayu poplar bersama objek perempuan elegan ini tampak merapatkan ke-2 belah tangannya dan tubuhnya menghadap ke arah pelukis.

Pelukis Monalisa 'Da Vinci' menyelesaikan maha karya nya ini waktu yang tak singkat, banyak proses yang berlangsung dalam pengerjaannya. Penekanan dalam tiap-tiap rincian lukisannya menyebabkan karyanya ini baru selesai dalam kala 4 tahun. Lukisan Monalisa karya Da Vinci berukuran panjang 77 centi meter dan lebar 53 centi meter. 500 tahun sudah berlalu, saat ini karya Da Vinci tersebut jadi objek wisata dari jutaan wisatawan seluruhnya dunia. Museum Louvre nyaris tidak sempat sepi dari wisatawan yang cuma sekedar mau menonton bentuk original Lukisan Monalisa tersebut. Tidak Cuma kekaguman bakal maha karya yang indah ini, misteri yang ada kepada Lukisan Monalisa pula jadi daya tarik lain dari jumlahnya wisatawan yang datang.

Tentu banyak orang bertanya-tanya tentang kejanggalan yang ada kepada lukisan tersebut. Kalau kita tonton dengan cara seksama terhadap raut wajah lukisan itu, jarang sekali manusia memiliki senyuman se misterius senyuman Mona Lisa. Senyuman itu tampak tidak serupa seandainya diliat dari sisi yang tidak serupa.

Tidak khayal lukisan itu menjadi objek menarik bagi peneliti didunia. Para ahli seni dan psikologi mengartikan makna dibalik senyuman misterius tersebut dengan bermacam-macam persepsi. Nyaris tiap-tiap sisi dari lukisan tersebut diteliti dengan cara detil demi membongkar rahasia yang ada. Tak mampu dengan cara kasat mata, teknologi juga dipakai dalam penelitian ini. Objek Monalisa direka ulang demi mengetahui perasaan perempuan dalam lukisan tersebut ketika dirinya melepas senyuman yang amat sangat aneh itu.

Kampus illinois dan Kampus Amsterdam merupakan Kampus mengeluarkan suatu acara khusus mau membandingkan ekspresi Mona Lisa dengan ekspresi wajah manusia normal kebanyakan. Mulai Sejak dari kerutan mata, lengkungan di bibir, diukur dengan teramat cek oleh acara tersebut. Hasilnya acara yang dikasih nama 'pengenal emosi' itumendapatkan ringkasan bahwa sosok perempuan yang dikenal yang merupakan Mona Lisa dalam lukisan tersebut sedang dalam keadaan gembira dengan cara emosional dengan angka 83%, sedang dalam perasaan kesal 9%, sedang dalam rasa takut 6%, dan sedang dalam emosi beram dalam angka 2%.

Tahun 2003, Seseorang ilmuan dari Harvard University memaparkan bahwa posisi matanya menonton mengakibatkan senyuman Mona Lisa cuma terlihat unik waktu satu orang menyaksikan sudut lain dari lukisan itu.

Sekumpulan peneliti dari Kanada baru-baru ini berpendapat bahwa senyuman dari Lukisan Monalisa yaitu suatu tanda dari kegembiraan model objek lukisan yang baru saja melahirkan dua orang anaknya. Yaaah, makin aneh saja yaa.. Namun opini tersebut jelasnya bukan asal-asalan aja lo, peneliti mengamati dengan cara seksama sektor tiap sector di lukisan tersebut. Dari pengamatan mereka, terlihat bahwa pakaian yang dipakai oleh Monalisa dilapisi kain kasa lutsinar, sebab kain kategori ini banyakdipakai oleh perempuan asal Italia yang sedang mengandung atau baru saja melahirkan kepada abad ke-16.

Mata dari Mona Lisa senantiasa tertuju terhadap tiap-tiap visitor yang menonton lukisan ini dari bermacam segi, dan inilah segi lain misteri dari lukisan tersebut terlepas dari senyumannya yang pula aneh dan misterius.

Tetapi ada satu buah faktor yang jadi misteri terbesar terkecuali wujud raut wajah dan senyumannya, apa itu ? Tak lain dan tak bukan ialah siapa sebenarnya sosok perempuan yang ada dalam lukisan Leonardo Da Vinci tersebut ?

Ada teori yang mengaitkan bahwa model yang ada di lukisan Da Vinci tersebut yaitu seseorang model yang bernama Lisa Ghererdhini, yang ialah istri dari seseorang pedagang 'Fransesco de Giocondo'. Madam Lisa ialah satu buah nama asli yang dipakai kepada nama Mona Lisa dilukisan tersebut. Terkecuali Lisa Ghererdini, ada perempuan lain yang dikaitkan dengan sosok asli perempuan terhadap lukisan itu, diantaranya merupakan Caterina Sforza, Constanza D’Avalos, dan Isabella of Aragon.

Serge Bramly yaitu seseorang penulis terkenal berteori bahwa model dalam lukisan tersebut yakni ibu kandung dari Leonardo Da Vinci yang bernama Caterina. Terkecuali itu pengkaji seni menyebut sosok Mona Lisa yang ada dalam lukisan itu tak menunjukkan ke perempuan manapun, faktor itu yakni yaitu kreatifitas dari Da Vinci sendiri tuturnya.

Terhadap hasilnya muncul satu buah teori yang mencengangkan dunia, teori ini di sampaikan oleh Dr. Lillian Schwartz dari Bell Labs bahwasanya gambar wanita dalam lukisan Mona Lisa tersebut ialah bentuk dari Da Vinci sendiri, namun dalam wujud menyerupai perempuan.

Usai membaca pernyataan dari pengkaji seni dan psikologi di atas, jelas Misteri Lukisan Mona Lisa masihlah jadi suatu misteri agung terutama objek perempuan dalam lukisan tersebut. Tetapi meskipun bagaimanapun biarlah elemen ini jadi satu buah dinamika yang menciptakan narasi ini jadi menarik. Menurut saya sendiri siapa yang ada dalam lukisan tersebut cuma Leonardo Da Vinci dan Tuhan lah yang tahu.

1 Response to "Mengungkap Misteri Lukisan Mona Lisa"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete