Ternyata Jurusan Kuliah Tak Jamin Pekerjaan Kelak

Faktakah.com – Persaingan dunia kerja zaman sekarang ini sangatlah susah dan ternyata jurusan kuliah tak jamin pekerjaan bagi seseorang, sehingga saat ini banyak para sarjana yang masih menganggur padahal mereka sudah mengantongi ijazah sarjana. Mengapa demikian?
Ilustrasi Pekerjaan @koreanvibe.com
Memilih jurusan kuliah merupakan hal yang cukup susah karena jika kita memilih jurusan kuliah yang tidak tepat maka setelah lulus kuliah kelak kita akan kesulitan untuk mencari pekerjaan. Jadi sebelum memilih jurusan kuliah sebaiknya kita harus memikirkan prospek kedepannya.

Ternyata jurusan kuliah gak jamin pekerjaan, Mengapa demikian? Berikut bisa jadi alasannya:

1. Minat perusahaan

Sebuah riset yang telah dilakukan oleh Amerika pada tahun 2013 menunjukkan bahwa 93% perusahaan lebih cendrung mencari calon karyawan yang berpikir kritis, mampu berkomunikasi dengan baik, dan dapat mencari jalan keluar yang lebih baik. Oleh sebab itu minat peruhaan berbeda dengan minat anda.


2. Jurusan kuliah tidak dapat menuntun karir

Banyak orang yang bekerja diluar jurusan yang telah mereka pilih saat kuliah, selain itu jurusan kuliah yang telah kita pilih tidak dapat menjamin besarnya gaji yang akan kita terima, jadi apa salahnya kita memilih jurusan kuliah yang berbeda dari minat, karena jurusan kuliah tidak akan menuntun karir melainkan kerja keras dalam mencari pekerjaan.


3. Mungkin pekerjaan belum tersedia

Ada beberapa pekerjaan yang belum ada sepuluh tahun yang lalu seperti konsultan pendidikan, manajer media, atau pengembang aplikasi. Jadi jika Anda masih belum menemukan pekerjaan, mungkin saat ini pekerjaan yang sesuai dengan jurusan kuliah Anda belum tersedia.

Ternyata Jurusan Kuliah Tak Jamin Pekerjaan Kelak
Ilustrasi kuliah @kompas.com
Tapi masih ada yang mengatakan beberapa jurusan di bawah ini dapat menjanjikan masa depan dan karir. Berikut adalah 7 jurusan kuliah yang menjanjikan di masa depan, yaitu:


1. Desain

Ada banyak sekali jenis desain yang menjanjikan seperti desain gambar, desain produk, desain industri, dan desain banners.


2. Teknik

Jurusan teknik selalu dibutuhkan sepanjang masa selama masih ada pembangunan di mana-mana. Jurusan tekhnik ini hanya dipilih orang-orang yang ingin menjadi karyawan saja, bukankah menjadi bos/manajer.


3. ICT

Jurusan ICT saat ini sangat banyak dibutuhkan karena seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi seperti gadget. Jurusan ini mempelajari software dan hardware dan saat ini telah populer game online yang banyak dibutuhkan orang-orang yang memiliki jurusan ICT ini.


4. Bahasa dan komunikasi

Kemajuan internasional memicu orang-orang yang ingin memilih jurusan komunikasi. Jurusan komunikasi mengharuskan bisa berbahasa asing dengan lancar.


5. Planologi

Planologi merupakan jurusan yang mempelajari perencanaan kota atau wilayah. Semakin berkembangnya zaman maka semakin banyak orang yang akan tinggal di kota sehingga dibutuhkan orang-orang yang mengetahui bagaimana merencanakan penataan kota yang baik sehingga dapat memberikan dampak positif bagi pengembang usaha.


6. Pendidikan dan kesehatan

Kedua jurusan ini semakin meningkat setiap tahunnya karena kedua jurusan ini memiliki prospek yang baik kedepannya, selain gaji yang menjanjikan juga banyaknya pahala yang akan mereka terima.


7. Bisnis

Dunia bisnis merupakan hal yang utama dicari-cari orang dalam mengumpulkan kekayaan mereka. Pemerintah juga mendukung bagi siapa saja yang mau mengembangkan bisnis mereka seperti memberi unit usaha kecil menengah.

Nah, jika dilihat dari beberapa jurusan yang katanya menjanjikan, apakah Anda masih percaya kalau ternyata jurusan kuliah tak jamin pekerjaan?

0 Response to "Ternyata Jurusan Kuliah Tak Jamin Pekerjaan Kelak"

Post a Comment

# Dilarang Meninggalkan Link di Kolom Komentar
# Berikan Saran dan Komentar Anda Jika menurut Anda Benar :)