Pencetus Robot Pertama Bukanlahlah Jepang atau AS, Melainkan Seorang Muslim

Faktakah.com - Siapa yang kenal pencetus pembuat robot? Jepang, Amerika?.... Bukan !!!, Tapi seorang Muslim. Selama ini penciptaan teknologi robot identik dengan negara maju seperti Jepang dan Amerika Serikat, tetapi tidak banyak orang mengetahui bahwa sebenarnya pencetus robot pertama kali adalah seorang ilmuwan Muslim bernama Abū al-'Iz Ibn Ismā'īl ibn al-Razāz al-Jazarī dari Al-Jazira. Lalu bagaimana kisah dan apa saja karya dari Al-Jazari ini?
Pencetus Robot Pertama Bukanlahlah Jepang atau AS, Melainkan Seorang Muslim

Berikut kisah atau biografi dari Al-Jazari:

Al-Jazari, merupakan seorang penulis buku tentang ilmu pengetahuan mekanik tahun 1206. Di dalam buku yang Ia buat berisi tentang 50 peralatan mekanik beserta instruksi bagaimana cara merakitnya. Karena buku itulah Al-Jazari disebut sebagai ilmuwan muslim penemu konsep robot pertama di dunia.

Nama Al-Jazari sendiri berasal dari Mesopotamia yang sekarang dikenal sebagai wilayah tenggara dari Turki. Kehidupan sehari-hari dari Al-Jazari tidak berbeda jauh dari sang Ayah yang mengabdi sebagai kepala insinyur di Istana Artuklu. Istana dimana Al-Jazari hidup merupakan kediaman dari Dinasti Artuqid yang mempunyai wewenang di wilayah timur Anatolia.

Setiap hari dia selalu melakukan penemuan-penemuan merakit mekanik-mekanik robot walaupun sering mengalami kegagalan. Namun kegagalan bukanlah sesuatu yang dia hindari, melainkan dari kegagalan tersebut dia bisa mendata kegagalan menjadi keberhasilan.

Al-Jazari, ilmuwan muslim perancang pertama robot ternyata Ia juga seorang seniman. Dalam bukunya Ia memberikan tulisan tentang penemuannya dan menggambarkannya dalam sebuah lukisan miniatur bergaya seni Islam abad pertengahan.

Berikut hasil dari penemuan Al-Jazari yang sudah terungkap:

1. Elephant Clock

Dalam zaman masih tradisonal, seorang Al-Jazari sudah mampu menemukan berbagai macam alat sederhana yang menjadi dasar membuat robot saat ini. Hasil karya tulisan pertamanya berjudul “The Book of Knowledge of Ingenious Mechanical Devices” menjelaskan 100 alat dengan teknologi mekanik beserta cara untuk membuatnya. Berkat hasil karyanya, bangsa barat ikut memujinya. Salah satu aplikasi teknologi milik Al_Jazari adalah jam astronomi milik Giovanni de Dondi di tahun 1364 dan kini ide-idenya tentang membuat mesik seduah menyebar luas di kawasan Eropa. Al-Jazari, ilmuwan jenius penemu robot canggih berhasil membuat satu karya terkenal yakni The Elephant Clock atau jam gajah. Jam tersebut terdiri dari komponen hidrolik yang bergerak selama 1 jam.

Sampai saat ini para pakar ilmu pengetahuan masih mengakategorikan sebagai satu informasi penting dan sosok Al-Jazari menjadi satu orang yang mampu menggabungkan ilmu Arab dan non Arab serta dibumbui dengan kreatifitasnya.

2. A Musical Toy

Satu penemuan lain dari Al-Jazari adalah A Musical Toy, merupakan 1 set robot drumband otomatis yang digunkan dalam hiburan pementasan drama. A Musical Toy terdiri dari replika manusia buatan yang sedang duduk di atas perahu dengan teknologi hidrolik dan mampu menggerakkan sekaligus memainkan alat musik yang masing-masing mereka pegang. Al-Jazari berhasil membuat settingan yang cocok untuk membuat satu mesin untuk menghasilkan irama merdu. Mungkin penemuannya yang satu ini juga berpengaruh terhadap perkembangan dunia musik pada zaman itu.

Nah itulah artikel tentang pencetus robot pertama di dunia. Kita sebagai muslim seharusnya patut berbangga karena pencetus robot pertama ialah seorang muslim bukanlah Jepang ataupun Amerika.

0 Response to "Pencetus Robot Pertama Bukanlahlah Jepang atau AS, Melainkan Seorang Muslim"

Post a Comment

# Dilarang Meninggalkan Link di Kolom Komentar
# Berikan Saran dan Komentar Anda Jika menurut Anda Benar :)