Mitos Burung Gagak Pembawa Sial

Faktakah.com - Mitos Burung Gagak Pembawa Sial - Gagak merupakan spesies burung yang paling jelek dari spesies burung manapun juga, oleh karena itulah orang beranggapan bahwa burung gagak ini si pembawa sial. Kemunculan burung gagak hitam acap kali dihubung-hubungkan dengan adanya kematian ataupun pertanda sebuah pesan akan datangnya berita kematian. Ada sebuah mitos bahwa jika ada burung gagak yang berputar-putar diatas rumah, maka salah seorang di dalam rumah tersebut akan meninggal dunia.

Mitos Burung Gagak Pembawa Sial
burung gagak @tempo.co.id

Mitos Burung Gagak Si Pembawa Sial

Sekilas tentang gagak hitam, gagak hitam merupakan jenis burung yang sangat suka dengan daging bangkai. Bila ada sebuah bangkai hewan, maka sekumpulan gagak akan beramai-ramai akan datang memakan daging tersebut. Kemunculan segerombolan gagak dalam sebuah kampung sering kali dicap bahwa akan terjadi hal-hal buruk di kampung tersebut.

Selain itu masih dalam kepercayaan masyarakat Jawa, bila ada orang yang sedang sakit kemudian terdengar suara burung gagak, maka akan menjadi pertanda bahwa orang sakit tersebut akan segera menemui ajalnya. Menurut mereka orang yang akan menemui ajalnya akan mengeluarkan bau khas menyerupai bau mayat. Menurut ceritanya, gagak mempunyai insting serta penciuman yang sangat peka, bahkan mencapai radius ribuan km, serta Burung Gagak adalah jenis burung pemakan bangkai.

Namun itu semua tidaklah benar. Mengapa ? Dari beberapa literatur yang saya baca, ternyata Mitos Burung Gagak Pembawa Sial adalah tidak benar. Burung gagak bukanlah burung pembawa sial apalagi pembawa kematian, namun burung gagak memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi, seperti menguburkan rekannya yang telah mati,sekaligus yang memberi petunjuk kepada Qabil bagaimana cara menguburkan mayat saudaranya) dan merupakan burung yang disebutkan di dalam Al qur'an.

Kemudian Allah menyuruh seekor burung gagak menggali-gali di bumi untuk memperlihatkan kepadanya (Qabil) bagaimana seharusnya menguburkan mayat saudaranya. Berkata Qabil: “Aduh celakalah aku, mengapa aku tidak mampu berbuat seperti burung gagak ini, lalu aku dapat menguburkan mayat saudaraku ini?” Karena itu jadilah dia seorang diantara orang-orang yang menyesal.”
QS Al-Ma’idah [5] : 31

Begitulah Mitos Seputar burung gagak, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan dunia binatang. Mitos boleh anda percayai dan boleh tidak, tergantung dari mana anda menilai dan bukti yang mendukung.

2 Responses to "Mitos Burung Gagak Pembawa Sial"