Inilah Alasan Kepala Pusing Saat Terkena Hujan

Faktakah.com - Musim hujan merupakan musim paling ditunggu-tunggu oleh kebanyakan orang terutama oleh anak-anak, karena anak-anak biasanya suka bermain hujan-hujanan hingga basah kuyup tetapi akibatnya badan menjadi meriang dan kepala pusing setelah terguyur air hujan. Hal ini memanglah kebenaran yang benar-benar terjadi, bahkan orang dewasapun terkena air hujan secara cepat atau lambat akan membuat kepala mereka pusing dan demam. Kenapa bisa terjadi hal seperti itu?
Inilah Alasan Kepala Pusing Saat Terkena Hujan
Ilustrasi

Mengapa Pusing Terkena Air Hujan? Inilah Alasannya!

Air merupakan sumber kehidupan manusia, seperti hujan yang turun di daerah pedesaan akan membuat para petani senang hati karena sawahnya tidak perlu di aliri air lagi. Tetapi berbeda dengan orang kota, jika terjadi hujan di kota maka banyak para pekerja akan berhenti bekerja karena banjir dan akan membuat kepala pusing.

Ketika seseorang terguyur air hujan hingga basah kuyup atau hanya terkena gerimis hujan maka dapat dipastikan bahwa mereka akan mengalami tidak enak badan dan kepala pusing. Apakah Anda juga pernah mengalami hal itu? Kenapa kehujanan bisa bikin kepala sakit?

Hingga saat ini belum ada pernyataan yang benar kenapa kepala bisa pusing jika terjadi hujan, namun menurut pengamatan dilapangan dapat dimungkinkan bahwa alasan logis air hujan dapat menyebabkan kepala pusing yaitu:

1. Adanya perubahan suhu secara mendadak

Setelah seseorang terguyur air hujan maka secara otomatis suhu tubuhnya akan turun secara mendadak atau menjadi dingin khususnya pada bagian kepala. Hal ini dapat menyebabkan menurunnnya system kekebalan tubuh dan juga pembuluh darah mengalami penyempitan secara drastis. Nah dalam kondisi kekebalan yang menurun dapat mengakibatkan jantung akan kehilangan menjaga peredaran darah, sehingga suhu yang turun drastis akan menyebabkan penyempitan darah pada otak dan terjadilah sakit kepala.

2. Infeksi yang disebabkan oleh virus

Kenapa pusing terkena guyuran hujan? Pada saat suhu panas yang tiba-tiba menjadi akan memicu virus berkembang dengan cepat, dan akan menyerang system kekebalan tubuh manusia sehingga terjadilah badan meriang dan kepala terasa nyeri.

3. Kandungan air hujan

Air hujan mengandung gas-gas asam atau senyawa yang ada dalam udara, kandungan-kandungan itulah yang menyebabkan air hujan yang turun bersifat asam dan akan semakin besar dengan seiring turunnya air hujan itu ke bumi karena tercampur dengan udara bebas. Agar bisa kehujanan tanpa pusing Anda dapat langsung membilas tubuh dengar air bersih agar tubuh dapat dinetralkan.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 25 anak-anak dan remaja yang memiliki penyakit migraine dan sakit kepala lainnya, ternyata anak-anak atau remaja akan sering mengalami sakit kepala pada saat musim hujan dan pada saat kondisi kelembapan udara lebih tinggi dari biasanya. Partisipan yang mengikuti penelitian ini akan cenderung mengalami sakit kepala 3 kali lebih banyak ketika dalam cuaca hujan dari pada dalam cuaca kering atau panas. Jadi dapat disimpulkan bahwa seseorang akan mengalami sakit kepala setelah terguyur air hujan karena turunnya suhu udara secara drastis dan kandungan air hujan asam yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh mereka.

Nah itulah beberapa informasi penyebab nyeri di kepala jika terjadi hujan, maka untuk anda yang tidak ingin merasakan nyeri tersebut diharapkan untuk berhenti di tempat yang teduh.

0 Response to "Inilah Alasan Kepala Pusing Saat Terkena Hujan"

Post a Comment

# Dilarang Meninggalkan Link di Kolom Komentar
# Berikan Saran dan Komentar Anda Jika menurut Anda Benar :)