KOCAK..! Alasan Orang Jepang Tidak Pernah Setrika Baju

Faktakah.com - Orang jepang tidak pernah setrika bajuJepang merupakan negara yang beraktivitas tinggi dalam hal pekerjaan. Nah tahukah kamu bahwa orang Jepang tidak pernah menyerika bajunya setiap hari? Apa alasan mereka tidak pernah menyetrika baju? Yuk disimak isinya berikut.
KOCAK..! Alasan Orang Jepang Tidak Pernah Setrika Baju
Ilustrasi

Alasan orang jepang tidak pernah setrika baju

Orang Jepang memang terkenal memiliki segudang aktivitas dalam kesehariannya, sehingga ada beberapa pekerjaan rumah yang biasa dilakukan oleh ibu rumah tangga yang ada di Indonesia tidak dilakukan di negara sakura itu. Pekerjaan rumah yang biasa dikerjakan ibu rumah tangga seperti mencuci, menyapu, mengurus anak dan menyerika baju ada lho batasan-batasan mereka untuk bekerja.

Bagi orang Jepang pekerjaan menyetrika baju merupakan pekerjaan rumah tambahan. Baju yang wajib disetrika yaitu hanya kemeja kerja dan saputangan saja, sedangkan baju sehari-hari tidak wajib untuk disetrika karena tidak memberatkan pekerjaan para ibu rumah tangga dan tentu saja meringankan biaya listrik harian. Jika hal ini diterapkan juga di Indonesia pastilah semua kaum ibu menyambut dengan suka cita karena satu pekerjaan mereka berkurang.

Orang jepang tidak pernah setrika baju, dalam kesehariannya mereka tidak malu memakai baju yang tidak disetrika dan mereka menganggap hal itu merupakan hal yang biasa. Kondisi ini sangat berbeda dengan kondisi di Indonesia, orang Indonesia lebih cenderung malu ketika mengenakan pakaian yang kusut karena tidak disetrika. Ternyata pakaian keseharian orang Jepang tidak terlalu kusut karena cara menjemur mereka berbeda dengan cara menjemur di Indonesia.

Orang jepang memiliki teknik menjemur yang sangat unik. Baju yang telah dicuci mereka keringkan dengan menggunakan gantungan khusus yaitu gantungan baju yang berbentuk segi empat, jadi caranya yaitu dengan menjepitkan bagian ujung-ujung pakaian pada keempat sudut gantungan baju itu. Ternyata cara ini dapat meminimalisir kekusutan pada baju sehingga baju tidak terlalu kusut meskipun tidak disetrika, itulah alasan orang jepang tidak setrika baju.

Baca Juga: Hiiii, Inilah 10 Makanan Jepang Paling Aneh dan Menjijikan
KOCAK..! Alasan Orang Jepang Tidak Pernah Setrika Baju
Ilustrasi cara menjemur baju orang jepang
Pengalaman unik ini ternyata telah dialami oleh Weedy Koosino yang menikah dengan seorang kewarganegaraan Jepang. Weedy tinggal bersama suaminya di Jepang dan selayaknya rutinitas yang biasa dialakukannya di Indonesia, dia memasak, membersihkan rumah, mencuci baju, dan menyetrika baju. Pada saat menyetrika, suami Weedy malah melarangnya untuk melakukan pekerjaan itu. Melihat hal itu, dia sangat terheran-heran mengapa suaminya harus melarangnya menyetrika. Ternyata di Jepang kegiatan menyetrika bukanlah kegiatan yang wajib dilakukan oleh ibu rumah tangga dan baju yang harus disetrika hanyalah kemeja kerja dan saputangan saja, sedangkan yang lainnya tidak perlu untuk disetrika. Mengapa demikian? Alasannya adalah ternyata orang Jepang banyak yang tidak menggunakan tenaga pembantu rumah tangga, sehingga setiap ibu rumah tangga memiliki pekerjaan yang cukup banyak untuk dikerjaan sendiri. Untuk itu pekerjaan menyetrika tidak diharuskan bagi orang Jepang karena sangat memberatkan dan menyita lebih banyak waktu, namun jika seseorang ingin menyetrika baju sehari-hari diperbolehkan kalau ada waktu luang.

Itulah informasi mengenai orang Jepang yang tidak pernah menyetrika bajunya, dengan meniru budaya yang satu ini, diharapakan Indonesia bisa lebih efektif dan efisien dalam kegiatan sehari-hari.

Terima kasih telah membaca artikel tentang orang jepang tidak setrika baju, semoga dapat menambah wawasan kamu tentang orang jepang tidak pernah setrika baju yang sanat fenomenal.

Baca Juga: 5 Cara Jepang Ajari Indonesia Atasi Kemacetan, Terbukti Ampuh..!

0 Response to "KOCAK..! Alasan Orang Jepang Tidak Pernah Setrika Baju"

Post a Comment