Sejarah Elang Jawa, Ciri, Populasi, Dampak Perburuan & Tempat Penangkaran Elang Jawa

Faktakah.com - Asal usul elang jawa dan hewan langka di indonesia elang jawaSiapa yang gak kenal dengan burung Garuda? nama ilmiah atau nama lain dari elang jawa ini adalah Nisaetus bartelsi.

Indonesia memiliki lambang negaranya berupa burung garuda. Jumlah bulu, leher, ekor dan sayap mengandung makna tersendiri yakni 17-08-1945. Tapi kenapakah burung garuda mirip sekali dengan elang Jawa? bagaimanakah sejarah elang jawa? apakah elang jawa masih ada? dan apakah elang jawa terancam punah?

Berikut gambar elang jawa dan fakta unik tentang elang jawa:

Baca Juga: Mitos Burung Gagak Pembawa Sial

Sejarah Elang Jawa, Ciri, Populasi, Dampak Perburuan & Tempat Penangkaran Elang Jawa
foto elang jawa

Elang Jawa Merupakan Sosok Asli Sang Garuda

Burung garuda telah lama dikenal dan disegani di Indonesia karena merupakan bentuk dari lambang negara kita. Jenis burung yang mempunyai ciri sangat dekat dengan garuda Indonesia adalah elang jawa. Burung garuda lambang negara kita sering dianggap mitos, karena beberapa orang mengira bahwa gambar garuda atau burung garuda hanya mitos belaka.

Ciri khusus elang jawa

Ukuran elang jawa atau bisa disebut sebagai burung garuda memiliki postur yang gagah berani dengan jambul di atas kepalanya. Elang jawa berasal dari daerah mana? Dalam kitab Adiparwa dijelaskan bahwa garuda adalah burung yang gagah berani sehingga dijadikan sebagai lambang panji Dewa Wisnu. Diketahui bahwa burung ini tinggal di surga setelah misinya selesai. Ia memiliki misi untuk membebaskan ibunya yang ditahan oleh naga. Berdasarkan cerita budaya di Indonesia, pada abad ke-10 Masehi, burung ini mulai menjadi mitologi. Pada tanggal 15 Februari 1950 presiden Soekarno mengenalkan burung garuda sebagai lambang negara kita ke khalayak umum dan burung elang jawa merupakan acuan lukisan burung garuda.

Populasi elang jawa

Elang jawa hewan langka, mengapa burung elang jawa termasuk hewan langka dan apakah apakah elang jawa sudah punah? benar hampir saja punah! itu disebabkan oleh adanya dampak kegiatan manusia terhadap populasi elang jawa akan mengakibatkan elang jawa hampir punah sekarang ini, karena kurangnya perhatian masyarakat terhadap mereka. Jumlah elang jawa sekarang ini hanya hitungan jari saja di penagkaran khusus elang jawa di pulau jawa.

Dampak perburuan elang jawa

Persebaran elang jawa di indonesia haya berada diwilayah jawa saja dan tinggal hanya beberapa ekor saja di daerah Jawa. Alih fungsi berbagai hutan sebagai pemukiman dan bangunan lain membuat juga habitat elang jawa ini menjadi terganggu. Banyak di antara mereka yang kehilangan sarang dan terpaksa berpindah ke tempat yang bukan habitat elang jawa. Hal ini membuat mereka sulit untuk beradaptasi dan membuatnya menjadi lebih rapuh hingga menyebabkannya mati.

Masalah mirisnya elang ini, penyebab elang jawa hampir punah tidak hanya berkaitan dengan habitat elang jawa yang semakin berkurang. Tetapi juga perdagangan burung yang ilegal. Burung ini memiliki kharakteristik sendiri. Banyak orang yang terpikat akan sosok elang jawa yang gagah ini. Terlebih dengan sosoknya yang menyerupai lambang negara Indonesia. Beberapa oknum tak bertanggung jawab memperjual belikan elang Jawa ini secara illegal.

Berdasarkan informasi yang telah didapatkan, harga burung elang jawa ini memiliki harga yang cukup tinggi. Sehingga akan terasa menggiurkan apabila menjadi mata pencaharian bagi mereka yang kurang dalam hal ekonomi. 

Tempat penangkaran elang jawa

Upaya melestarikan elang jawa, bagaimana cara mencegah kepunahan elang jawa dan cara melestarikan burung elang jawa? yaitu dengan pengawasan mengenai pelanggaran ini harus semakin ditingkatkan untuk melestarikan burung ini dari kepunahan, serta dibuatnya penangkaran khusus elang jawa di setiap kebun binatang di kota-kota besar. Sehingga lambang negara kita akan terus ada dan tidak mati.

Demikian informasi tentang burung elang jawa, inilah sosok asli sang garuda. Burung ini memiliki makna tersendiri bagi bangsa Indonesia. Hendaknya kita dapat menjaga populasi burung elang jawa jangan sampai punah.

Itulah artikel tentang burung elang jawa, semoga dapat menambah wawasan kamu tentang elang jawa dan ciri cirinya, beserta misteri elang jawa.

Baca Juga :

    0 Response to "Sejarah Elang Jawa, Ciri, Populasi, Dampak Perburuan & Tempat Penangkaran Elang Jawa"

    Post a Comment