Mengapa Indonesia Tidak Menggunakan Bahasa Belanda Sebagai Bahasa Resmi?

Loading...
Loading...
Faktakah.com - Alasan indonesia tidak menggunakan bahasa belanda.
Alasan indonesia tidak menggunakan bahasa belanda adalah: Pada jaman dahulu, Indonesia adalah salah satu negara jajahan Jepang dan Belanda. Bangsa Belanda lebih lama dalam menguasai Indonesia, sekitar 350 tahun. Saat itu penduduk Indonesia banyak sekali yang memakai bahasa Belanda dalam kehidupan sehari-hari. Nah kenapa sekarang tidak ada memakainya ya? dan mengapa indonesia tidak menggunakan bahasa belanda?


[Lengkap] Mengapa Indonesia Tidak Menggunakan Bahasa Belanda Sebagai Bahasa Resmi?


Alasan Mengapa indonesia tidak menggunakan bahasa belanda adalah...

Menjawab pertanyaan tentang mengapa indonesia tidak menggunakan bahasa Belanda?Bangsa Belanda adalah adalah salah satu penjajah yang sangat lama memperbudak nenek moyang kita. Hal ini sebenarnya memperbesar kemungkinan jika Indonesia menjadikan bahasa Belanda sebagai bahasa resmi di Indonesia. Terlebih, sebagian besar Negara yang pernah dijajah sering kali menjadikan bahasa resminya yaitu bahasa negara penjajah.

Alasan indonesia tidak menggunakan bahasa belanda?. Bahasa Belanda pernah dipakai bangsa Indonesia untuk dipakai dalam kehidupan sehari-hari, namun semenjak datangnya Jepang bahasa Belanda dihapuskan. Meskipun terdapat beberapa keuntungan jika siapa saja yang dapat menggunakan bahasa Belanda yaitu:

1. Budak yang bisa berbahasa Belanda diperbolehkan untuk mengenakan topi.
2. Bagi wanita pribumi yang dapat berbahasa Belanda diperbolehkan untuk menikahi laki-laki bangsa Eropa.


Kenapa indonesia tidak memakai bahasa belanda

Pada masa Hindia Belanda, berbagai sekolah di Indonesia menggunakan bahasa Belanda. Namun, tak semua masyarakat dapat bersekolah di situ. Jadi hanya orang-orang dengan kelas di atas yang dapat bersekolah dan mengerti bahasa Belanda. Itupun mereka hanya menggunakan bahasa Belanda saat berada di sekolah, saat di rumah mereka tetap menggunakan bahasa daerahnya masing-masing, seperti bahasa Melayu.

Bahasa Melayu menjadi semakin penting, saat beberapa negara jajahan tetangga menggunakan bahasa Melayu, seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei sebagai Lingua Franca. Sejak abad ke-20, bahasa Belanda semakin dikenal dan dipakai dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Pada tahun 1942, Jepang menguasai Indonesia dan melarang pemakaian bahasa Belanda bagi masyarakat Indonesia

Setelah masa kemerdekaan, banyak orang yang bisa menggunakan bahasa Belanda. Hal ini menunjukkan bahwa orang tersebut memiliki pendidikan yang layak.

Setelah Aksi Polisionil Belanda, orang Indonesia telah berani menantang bangsa Belanda secara brutal. Namun, masih terdapat beberapa orang yang merasa terhormat saat mereka menggunakan bahasa Belanda. Begitu juga dengan presiden pertama kita, Soekarno juga masih menggunakan bahasa Belanda dan membaca pula buku-buku berbahasa Belanda. Pada tahun 1949, bahasa Belanda masih dipakai di Pulau Irian Jaya, jadi Soekarno masih mengangap Irian Jaya masih kesatuan lokal Indonesia.

Perkembangan bahasa Indonesia cukup menarik, karena Indonesia dulu sempat menggunakan beberapa bahasa seperti Belanda, Jepang, Inggris, ataupun Melayu yang hingga kini masih meninggalkan bekas-bekas penggunaan ejaan bahasa tersebut. Peggunaan bahasa resmi Indonesia dirasa sangat tepat karena setiap negara mempunyai kharakteristiknya masing-masing. Dan Indonesia mempunyai bahasa tersendiri yang tidak dimiliki oleh bangsa lain, yaitu bahasa Indonesia. Itulah alasan mengapa indonesia tidak menggunakan bahasa belanda sebagai bahasa resmi.

Demikianlah artikel kenapa indonesia tidak menggunakan bahasa belanda sebagai bahasa resmi. Namun keputusan ini memberikan kebahagiaan tersendiri bagi Indonesia, karena Indonesia jadi mempunyai identitas diri sebagai pembeda dari negara-negara yang lain.

Terima kasih telah membaca alasan indonesia tidak menggunakan bahasa belanda sebagai bahasa resmi. Semoga dapat menambawah wawasan kamu tentang pertanyaan mengapa indonesia tidak menggunakan bahasa belanda.

Baca juga:
    Loading...

    0 Response to "Mengapa Indonesia Tidak Menggunakan Bahasa Belanda Sebagai Bahasa Resmi?"

    Post a Comment

    Komentar Sopan Akan di Approve