Sejarah, Ciri dan Pengobatan Penyakit Chagas + Kasus Penyakit Chagas

loading...
loading...
Faktakah.com - Penyakit ChagasAIDS adalah penyakit nomor satu yang menjadi ketakutan bagi semua orang di dunia ini. Bahkan sampai saat ini penyakit AIDS belum ditemukan juga obat untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Seiring perkembangan zaman berbagai penyakit baru bermunculan. Salah satunya adalah Chagas, penyakit mematikan nomor dua setelah AIDS.

Sejarah, Ciri dan Pengobatan Penyakit Chagas + Kasus Penyakit Chagas

Definisi penyakit chagas

Apa yang dimaksud penyakit chagas? pengertian penyakit chagas adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh ulah serangga berbahaya. Penyakit berbahaya paling mematikan setelah AIDS ialah Chagas. Sebenarnya Chagas bukanlah penyakit yang baru muncul, tapi sebenarnya penyakit ini sudah lama ada, tapi lantaran penyakit ini tidak pernah dipublikasikan.

Para peneliti memperkirakan bahwa ciri penyakit chagas ini hampir mirip dengan penyakit AIDS, namun penyebab penyakit ini muncul karena ulah serangga berbahaya. Dan kini para ilmuwan telah berhasil menemukan jenis serangga yang diklaim merupakan penyebab dari penyakit Chagas ini dan kemudian mereka mempublikasikan penemuan ini. Sudah banyak korban dari warga Amerika yang terkena penyakit ini.

Sejarah penyakit chagas pada tahun 1909, kasus penyakit chagas ditemukan oleh Carlos Ribeiro J. lah yang dan nama Chagas diambil dari nama belakang sang penemu.

Penyebaran penyakit chagas

Penyebab penyakit chagas ini ditularkan oleh organisme yang menyebabkan penyakit chagas adalah serangga kecil hitam sebesar belalang biasa. Nama spesiesnya adalah Triatome/Triatominae/Triatomine/Triatoma yang merupakan serangga penghisap darah manusia untuk menularkan virus mematikan yang dibawanya melalui gigitan.

Science Daily berpendapat bahwa faktor utama penyebaran virus Chagas ini adalah karena perubahan iklim yang terjadi. Sehingga membuat serangga ini berevolusi dan pergi bermigrasi kearah utara yang lebih dingin.

Penyakit ini telah mulai menyebar dari Amerika Selatan (Meksiko, Bolivia, dan Kolombia), Amerika Tengah, sampai ke beberapa negara lain di Eropa.

Berdasarkan jurnal PloS Neglected Tropical Diseases, diagnosa penyakit Chagas dapat menyebabkan jantung membengkak. Apabila penyakit sudah parah, maka bisa menyebabkan gagal jantung total.

Hal ini membuat para ilmuwan khawatir, terlebih gejala klinis penyakit chagas ini susah untuk dideteksi sehingga memerlukan waktu yang lebih lama hingga bertahun-tahun untuk mengetahui gejala penyakit chagas ini muncul. Inilah alasan kenapa para ilmuwan menyebutnya dengan sebutan Chagas penyakit AIDS versi baru.

Tanda tanda penyakit chagas ini memiliki kharakteristik yang hampir sama dengan AIDS. Cara penularan penyakit chagas sangat mudah terjadi, yaitu bisa melalui transfusi darah ataupun keturunan (bawaan gen), namun tidak dapat tersebar melalui hubungan seks.

Susahnya pendeteksian mengenai gejala penyakit chagas ini membuat pengobatan sulit dilakukan sejak dini. Jika penyakit ini telah diketahui sejak dini pun membutuhkan waktu hampir 3 bulan untuk pengobatannya. Terlebih penyakit ini banyak menyerang warga dengan kondisi ekonomi yang rendah. Namun belum diketahui mengapa hal ini terjadi. Tapi dimungkinkan jika kondisi rumah berantakan dan kotor dapat menjadi sarang utama serangga ini.

Bahayanya penyakit ini membuat kita harus semakin waspada dengan keadaan sekitar dan senantiasa menjaga kesehatan agar tidk mudah terserang penyakit. Pengecekan atau pengontrolan kesehatan secara rutin sangat diperlukan untuk mendeteksi gejala penyakit sedini mungkin.

Obat untuk penyakit chagas

Obat untuk mengobati para penderita penyakit chagas bisa dibilang belum ditemukan sampai saat sekarang ini. Namun pencegahan dapat mudah dilakukan dengan pemberian pestsida.

Demikianlah artikel tentang penyakit chagas, dengan adanya berita penyakit chagas yang mematikan nomor dua setelah AIDS. Maka dari pada itu jagalah kesehatan, karena kesehatan merupakan sesuatu yang sangat mahal, biasakanlah melakukan pencegahan terlebih dahulu.

Cara mengatasi penyakit chagas dapat dilakukan dengan melakukan cara-cara pencegahan penyakit chagas dapat dilakukan dengan memberi pestisida ke tanaman-tanaman kebun.


Baca juga:
    loading...

    0 Response to "Sejarah, Ciri dan Pengobatan Penyakit Chagas + Kasus Penyakit Chagas"

    Post a Comment