Alasan Burung Terbang Dengan Formasi V + Foto Formasi V Burung

Faktakah.com - Alasan burung terbang dengan formasi VBurung memiliki berbagai spesies yang beragam. Biasanya burung-burung selalu berkumpul dengan rekannya demi melindungi diri dari pemangsa. Nah sering kali kita melihat ada burung terbang dengan formasi v, kenapa burung terbang membentuk formasi V? dan apa alasan burung terbang dengan formasi V?

Alasan Burung Terbang Dengan Formasi V + Foto Formasi V Burung
Alasan Burung Terbang Membentuk Formasi V + Foto Formasi V Burung
Berikut Ini Alasan Mengapa Burung Terbang Membentuk Formasi V
Burung yang terbang dengan formasi dilakukan dalam penelitian yang dipimpin oleh Royal Veterinary College Ingrris, melakukan sebuah studi dan menerbitkannya dalam Jurnal Nature. Mereka mengungkapkan bahwa terdapat misteri aneh pada formasi kumpulan burung yang sedang terbang tersebut.

Saat berada di formasi V burung, burung terdepan mengepakkan sayapnya sehingga membuat pusaran udara. Pusaran udara tersebut akan membuat kawanan dibelakangnya terangkat naik karena udara yang dihasilkan mendorong mereka ke atas. Hal tersebut berarti kawanan burung yang ada di belakang dapat energi tambahan. Karena penggunaan energi yang tidak begitu besar seperti burung yang terdepan. Burung memang paling mengerti dalam menggunakan fenomena tersebut agar menguntungkan bagi penerbangan mereka. Intinya Terbang formasi V menghemat energi.

Fenomena ini memanglah rumit. Namun, dalam membentuk formasi V burung-burung memiliki kesadaran yang luar biasa untuk membantu kawanannya yang lemah dibelakang. Pertahanan dan strategi sangat perlu dikembangkan oleh kawanan burung untuk mengatasi jalur gelombang yang dinamis atau tubulensi karena kepakan sayap tersebut.

Para ilmuwan mencoba mengenakan sensor pada sayap salah satu burung Ibis. Mereka memperkirakan, paling tidak setiap burung terbang pada jarak 1 meter di belakang burung yang lain serta hampir 1 meter ke samping. Sehingga ternyata mereka mempunyai titik aman dalam menggunakan formasi V saat terbang. Hal tersebut dilakukan agar mereka mendapatkan ruang sekitar 1 meter. Selain itu juga dibuktikan mereka juga bertukar posisi jika yang terdepan sudah lelah. Itulah alasan mengapa burung membentuk formasi V.

Kenapa burung terbang membentuk formasi V?

Mengapa burung terbang formasi V? Formasi V burung dalam penerbangan kawanan burung menunjukkan bahwa mereka adalah hewan yang mampu menghemat energi saat terbang. Berdasarkan data laporan dari penelitian yang dilakukan pada tahun 2000 lalu, menjelaskan bahwa burung terdepan memiliki denyut jantung yang sangat cepat ketimbang di belakang yang lebih lambat. Hal ini telah membuktikan bahwa burung diposisi terdepan mengalami kelelahan yang signifikan.

Ternyata selama ini, kenapa burung terbang dalam formasi V? burung tidak hanya sekedarnya dalam membentuk suatu formasi. Mereka mengerti bagaimana caranya terbang sejauh ratusan kilometer tanpa istirahat sekalipun. Mereka saling berganti posisi agar perjalanan mereka tidak terhenti.

Demikianlah artikel ini mengapa burung terbang membentuk formasi V. Semoga dengan artikel ini dapat menambah pengetahuan kita lebih banyak tantang formasi V pada burung.

Terima kasih telah membaca artikel kenapa burung terbang dengan formasi V.

Baca juga:

    4 Responses to "Alasan Burung Terbang Dengan Formasi V + Foto Formasi V Burung"

    1. kunjungi balik blog ane gan www.aguskusuma.com

      ReplyDelete
    2. ini sama kayak orang balap sepeda, dan emang formasi V itu efektif untuk burung yang lagi migrasi jauh

      ReplyDelete