Fenomena Petir Abadi di Venezuela, Disambar Jutaan Kali Dalam Setahun!


Fenomena Petir Abadi di Venezuela, Disambar Jutaan Kali Dalam Setahun!
Fenomena Petir Abadi di Venezuela, Disambar Jutaan Kali Dalam Setahun!

Faktakah.com - Fenomena badai petir abadi di venezuela. Tahukah kamu wilayah extreme di dunia ini yang mendapat sambaran petir paling banyak di dunia? apa penyebab petir abadi di Venezuela? dan bagaiaman fenomena petir di danau maracaibo venezuela?

Tempat sambaran petir di venezuela tersebut adalah di benua Amerika Selatan, Negara Venezuela. Petir setiap menit menyambar kawasan Danau Maracaibo yang bertemu dengan Sungai Cataumbo.

Kenapa Venezuela Paling Sering Disambar Petir?

Dilansir dari Daily Mail, Sabtu 15 Agustus 2015, di danau tersebut setiap menit terjadi 28 kali sambaran petir, dan setiap tahun lokasi itu memiliki 260 hari badai petir di Venezuela yang memicu munculnya petir. Bahkan, atmosfer yang unik di danau tersebut menghasilkan 1,2 juta sambaran petir setiap tahun dan bisa terlihat dari jarak 400 Km.

Danau Maracaibo termasuk rekor dunia sebagai tempat dengan sambaran petir terbanyak, setelah mengalahkan Kifuka, sebuah kota di Kongo, Afrika yang hanya memiliki 250 hari badai setiap tahun.

Baca Juga: Terungkapnya Misteri Pembangunan Piramida Mesir

Beberapa teori mencoba menjelaskan fenomena unik di Danau Maracaibo tersebut. Ada teori yang menjelaskan badai yang terus menerus terjadi tersebut karena topografi yang unik.

Petir di danau maracaibo venezuela terjadi karena cekungan Danau Maracaibo yang dikelilingi pengunungan terjebak angin hangat yang muncul dari Karibia.

Datangnya angin hujan petir di venezuela tersebut kemudian menabrak udara dingin di lokasi dan bertumpah di Pegunungan Andes. Para ilmuwan percaya kondisi ini memaksa angin terkondensasi menjadi awan dan selanjutnya menciptakan 28 sambaran petir per menit.

"Banyak titik sambaran petir di venezuela terikat ke dalam fitur medan lereng gunung, garis pantai melengkung atau kombinasi dari keduanya. Dengan adanya penyimpangan pada medan tersebut bisa membantu menghasilkan pola angin, pola pemanasan pendinginan yang akan meningkatkan kemungkinan badai," jelas Daniel Cecil, tim peneliti petir dari Global Hydrology and Climate Centre.

Fenomena badai dan petir menyambar setiap menit itu memang diketahui sejak lama terjadi. Keberadaan badai petir abadi di venezuela nyaris tiada henti di satu sisi bisa juga menjadi berkah bagi para nelayan setempat. Badai petir abadi di venezuela dipakai para nelayan sebagai mercusur alami, sehingga mereka bisa menavigasi malam hari tanpa masalah.

Petir yang kerap datang juga dicatat menolong penyerangan pasukan invasi di masa lalu. Buku sejarah Venezuela mencatat petir di lokasi tersebut pada masa lalu bisa menggagalkan serangan kapal yang dinakhodai Sir Francis Drake dari Inggris. Peristiwa itu terjadi pada 1595.

Kemudian petir juga bisa mengusir tentara Spanyol selama masa Perang Kemerdekaan Venezuela pada 1823. Akibat serangn petir tersebut, tentara Spanyol terpaksa harus menunda untuk mendarat di tanah Venezuela.

Meski fenomena petir abadi di venezuela menyambar tiap menit, fenomena unik itu pernah berhenti menyambar selama beberapa pekan. Terakhir kali petir 'berpuasa' terjadi pada 2010. Saat itu penduduk sekitar khawatir, petir yang 'berpuasa' itu merupakan dampak dari kekeringan ekstrem.

Namun, saat itu, petir hanya 'puasa' selam lima pekan saja. Setelah itu petir kembali menyambar tiap menit di danau tersebut.

Jauh sebelumnya, pada 1906, petir juga sempat tak muncul. Puasa petir itu terjadi usai gempa besar di lepas pantai Kolombia dan Ekuador yang saat itu menyebabkan tsunami.

Nah itulah artikel petir abadi di venezuela, semoga dapat menjawab rasa penasaran kamu tentang informasi petir abadi di venezuela & fenomena petir di danau maracaibo venezuela.

Sumber: Viva.co.id

Baca juga: Danau Karachay Rusia, Danau Paling Berbahaya Membunuh 1800 Orang

    4 Responses to "Fenomena Petir Abadi di Venezuela, Disambar Jutaan Kali Dalam Setahun!"