10 Kemampuan Manusia Yang Hilang Karena Smartphone Dan Teknologi Lainnya

loading...
loading...


10 Kemampuan Manusia Yang Hilang Karena Smartphone Dan Teknologi Lainnya


Faktakah.com10 kemampuan kita yang hilang karena smartphone dan teknologi lainnya. Kemampuan hilang akibat teknologi adalah segala aktivitas manual yang biasanya dikerjakan manusia sudah digantikan oleh mesin akan tetapi akan membuat manusia itu sendiri kehilangan kemampuannya karena terlalu bergantung kepada teknologi.

Teknologi diciptakan untuk mempermudah segala aktivitas manusia, seiring perkembangan zaman, sudah banyak teknologi yang semakin canggih dipergunakan manusia. Nah apakah kamu sudah merasa ada kemampuan kamu yang hilang akibat semakin canggihnya teknologi?

Kemampuan apa sajakah yang hilang akibat teknologi? Berikut adalah daftar 7 kemampuan manusia yang hilang akibat teknologi:

10 kemampuan kita yang hilang karena smartphone dan teknologi lainnya


1. Komunikasi


10 Kemampuan Manusia Yang Hilang Karena Smartphone Dan Teknologi Lainnya

Berkomunikasi dengan orang lain tentu hal yang penting dilakukan. Namun, sejak munculnya teknologi seperti smartphone, laptop dan lainnya. Berbicara ataupun berkomunikasi dengan orang lain secara langsung sangat jarang terjadi. Kebanyakan dari mereka tetap fokus terhadap smartphone miliknya, tidak mencoba berbicara kepada orang lain.

Jika hal ini terus-menerus dibiarkan, pastinya akan membuat kemampuan berbicara seseorang terutama terhadap orang-orang baru akan menurun dengan sendirinya. Sehinnga setiap berbicara secara langsung akan membuatnya gugup.

2. Kemampuan Navigasi


10 Kemampuan Manusia Yang Hilang Karena Smartphone Dan Teknologi Lainnya

Sebelum adanya Maps Online, orang-orang bisa membaca navigasi yang ada pada peta, menentukan arah yang ingin dilewati, menghapal tempat dan lain-lain. Namun, sekarang kita dipermudah dengan Maps atau peta online. Dengan bantuan sebuah Maps, kamu tidak perlu kesulitan lagi menentukan arah kemana tempat yang ingin kamu tuju.

Bahkan Google Maps sudah memberitahumu rute terbaik dan tercepat agar sampai ketempat tujuan. Dengan begini, lama-kelamaan kemampuan manusia untuk membaca navigasi akan menghilang.

3. Matematika


10 Kemampuan Manusia Yang Hilang Karena Smartphone Dan Teknologi Lainnya

Saat ini, sudah banyak aplikasi Kalkulator yang bisa di download gratis dan mudah di ponsel kita. Kalkulator tersebut tentunya akan mempermudah kamu untuk melakukan perhitungan, baik itu hitungan yang sederhana maupun yang rumit secara cepat dan mudah.

Sejak munculnya kalkulator, banyak orang yang mulai mengandalkan kalkulator saja sebagai alat hitungnya. Kemampuan menghitung orang tersebut secara perlahan-lahan akan menghilang dengan sendirinya digantikan dengan kalkulator.

4. Mengingat Nomor Telepon


10 Kemampuan Manusia Yang Hilang Karena Smartphone Dan Teknologi Lainnya

Mengingat nomor telepon juga menjadi salah satu kemampuan manusia yang semakin hilang. Padahal, dengan mengingat paling tidak tiga nomor telepon, akan menyelamatkan kamu dari keadaan darurat yang mungkin saja terjadi.

5. Menulis


10 Kemampuan Manusia Yang Hilang Karena Smartphone Dan Teknologi Lainnya

Menulis dengan pulpen semakin jarang dilakukan semenjak adanya komputer, laptop ataupun smartphone. Kebanyakan mereka lebih suka mengetik daripada menulis. Jika hal ini semakin sering dilakukan, tidak menutup kemungkinan bahwa orang-orang akan kehilangan kemampuan menulisnya, sehingga membuat tulisan tangan pengguna menjadi jelek.

Nah itulah 5 Kemampuan Manusia yang Hilang Akibat Kecanggihan Teknologi, silakan berkomentar jika ada kemampuan manusia yang hilang lainnya yah.

6. Membuat Api

Mari kita mulai pembicaraan membuat api dari sesuatu yang sangat sederhana dengan pemantik dan korek, membuat api unggun sederhana hanya dengan korek atau pemantik api. Mungkin terdengar sangat sederhana, Anda hanya perlu menyalakan korek atau pemantik Anda dan kemudian membakar kayu yang Anda pegang. Tapi percayalah tidak sedikit orang-orang yang harus berusaha keras untuk melakukan hal ini. Itupun kalau ada pemantik atau korek.

Lalu bagaimana jika Anda tidak memiliki barang-barang seperit ini dan harus mengandalkan baja, batu api, kayu, dan cara-cara primitif lainnya? Keahlian seperti ini sudah hilang sejak lama, tapi setidaknya pastikan Anda bisa menyalakan korek tradisional.

7. Mengeja

iPhone Autocorrect, Microsoft Word, Google adalah sedikit dari banyaknya teknologi yang menyediakan fitur memperbaiki ejaan kita. Teknologi-teknologi ini memang sangat banyak membantu kita dalam mengetik berbagai kata dan kalimat. Berhati-hatilah karena apabila kita terlalu mengandalkan hal-hal ini akan ada saatnya dimana saat kita menulis dengan tangan tanpa bantuan autocorrect atau spell checker ini, kita akan mulai merasa aneh, berhenti, dan mempertanyakan: "Apakah kata ini benar-benar dieja seperti ini?"

Bentuk sederhana lainnya di bahasa Indonesia adalah penggunaan kata baku, seperti contohnya Apotik dan Apotek, Febuari dan Februari, kasatmata dan kasatmata, walikota dan wali kota, dan seterusnya. Yakinkah Anda bahwa Anda dapat mengeja semua ini dengan benar?

Itulah artikel mengenai 7 kemampuan kita yang hilang akibat teknologi yang semakin canggih, dan ternyata Admin telah mengupdate 3 lagi yaitu sebagai berikut:

8. Berjalan

Oke, yang dimaksud berjalan di sini bukan benar-benar kemampuan kita untuk sekedar berjalan melainkan berjalan tanpa mengotak-atik berbagai teknologi genggam seperti smartphone, ponsel, mp3, dan sejenisnya. Tahukah Anda bahwa ternyata berjalan tanpa memperhatikan sekitar kita alias berjalan sembari menggunakan handphone memiliki resiko kecelakaan yang menyerupai berkendara selagi menggunakan ponsel, dan ia adalah salah satu hal yang juga berbahaya apalagi jika kita membicarakan Anda sedang berjalan di jalanan.

Fenomena yang dikenal dengan nama "distracted walking" ini muncul dan semakin sering terlihat seiring perkembangan teknologi smartphone dan messaging seperti sms, email, instant messaging, hingga browsing. Ada sebuah studi menunjukkan bahwa sejak tahun 2010 ada sekitar 1.500 pejalan kaki yang harus masuk UGD karena berjalan sembari menggunakan handphone.

9. Buku tidak berguna lagi

Pernah ada saat dimana kamus dan buku-buku referensi adalah informasi yang sangat berharga untuk mendapatkan sebuah informasi. Mereka telah direview oleh para ahli dan memang sudah dipastikan kebenarannya namun dengan kemunculan era Internet hal itu sudah tidak tepat adanya. Orang-orang sering dengan mudahnya mempercayai apapun yang mereka baca di Internet dari berita sekilas sampai berita penampakan hantu atau UFO. Apalagi jika informasi itu sudah bersumber dari wikipedia, ensiklopedia digital terbesar di dunia.

Ada alasan mengapa Wikipedia sering disebut-sebut sebagai sumber tidak terpercaya dan tidak boleh dijadikan referensi resmi. Internet adalah sebuah tempat dimana berbagai macam informasi dapat ditemukan dimulai yang paling aktual hingga yang paling bohong, dan itu juga termasuk Wikipedia. Jadi jangan percaya apapun yang Anda baca di Internet sebelum Anda meklarifikasikannya lagi.

10. Meletakkan Teknologi

Di Internet, ada banyak sekali video-video yang menekankan topik " be disconnected " yakni sebuah ajakan yang mengajak orang-orang untuk meletakkan smartphone mereka dan menikmati hidup dalam cara yang lebih tradisional. Pernahkah Anda melihat sebuah keluarga atau sekumpulan teman yang sedang makan, namun sepanjang hal itu salah satu atau seluruh anggota keluarga hanya memainkan handphone mereka? Hal itu sangatlah menyedihkan, apa bedanya mereka makan sendiri dengan makan dikelilingi orang-orang terdekat mereka.

Dahulu hal ini bukan dapat dibilang sebagai kemampuan tapi sekarang ini, meletakkan keterikatan atas teknologi adalah sebuah keahlian tesendiri. Mengenai bagaimana seseorang dapat menahan diri untuk lebih menikmati hidup sebagaimana seharusnya. Kapan terakhir kali Anda menonton dan benar-benar hanya menonton tanpa mengotak atik smartphone atau komputer Anda?

Nah itulah artikel mengenai kemampuan hilang akibat teknologi informasi, semoga dapat menjawab pertanyaanmu tentang 10 kemampuan kita yang hilang karena smartphone dan teknologi lainnya.

Baca juga: 
    loading...

    0 Response to "10 Kemampuan Manusia Yang Hilang Karena Smartphone Dan Teknologi Lainnya"

    Post a Comment