MENGGERIKAN! Ditemukan Planet Raksasa Milik Alien Jauh dari Bumi

loading...
loading...
Faktakah.com - Planet alien raksasaDitemukan planet raksasa berukuran 8 kali jupiter. planet raksasa adalah planet yang sering disebut jovian (planet yang mendapat julukan si tubuh raksasa). Astronom kembali menemukan planet raksasa asing milik alien. Tapi temuan kali ini cukup istimewa, sebab planet asing ini berada pada posisi terjauh dari planet asing yang sudah ditemukan astronom.

MENGGERIKAN! Ditemukan Planet Raksasa Milik Alien Jauh dari Bumi
foto planet raksasa
Ditemukan planet raksasa ini memang masih dalam Galaksi Bima Sakti, posisinya ditemukan pada ring pertama dari pusat Galaksi Bima Sakti. Baca juga: 5 Planet Yang Bisa Ditempati Manusia Jika Kiamat Terjadi


Planet Raksasa Milik Alien Jauh dari Bumi

Dikutip dari Space.com, Kamis 16 April 2015, penemuan planet raksasa alien terjauh ini merupakan planet yang disebut bola gas raksasa berjarak lebih dari 13 ribu tahun cahaya dari bumi.

"Kami tak mengetahui jika planet lebih umum di 'tonjolan' pusat, atau piringan galaksi kita. Inilah, kenapa pengamatan ini sangat penting," ujar Jennifer Yee, astronom dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics, dalam pernyataan resminya tentang planet alien raksasa.

Planet yang dijuluki planet raksasa oleh teleskop Spitzer milik Badan Antariksa Nasional AS (NASA) menemukan planet itu dengan teknik mikrolensing. Teleskop itu juga mendapat bantuan dari teleksop di bumi yakni Polish Optical Gravitational Lensing Experiment (OGLE) Warsaw Telescope pada fasilitas Las Campanas Observatory di Chile. Planet berukuran raksasa berukuran berukuran 8 kali jupiter.

Teknik mikrolensing mendeteksi planet alien dengan mengambil momentum, saat satu bintang lewat di depan pengamat, dalam konteks ini adalah teleskop di bumi, atau di antariksa.

Saat bintang lewat, gravitasi bintang akan memperbesar cahaya bintang yang berada di belakangnya. Aksi ini mirip dengan lensa. Selama pembesaran itu, planet dari bintang itu akan menciptakan 'titik sinar'.

Tantangannya, yaitu menangkap seberapa jauh bintang yang lebih dekat dari Bumi.

Mikrolensing cenderung memperbesar bintang yang berada di belakang, tetapi biasanya bintang di depan terlihat pengamat.

Untuk mengatasi tantangan ini, Teleskop Spitzer dibantu dengan OGLE, yang secara rutin menyelidiki mikrolensing.
Ditemukan Planet Raksasa Milik Alien Jauh dari Bumi
Posisi planet raksasa alien menurut (www.space.com)
Dalam temuan planet asing terjauh itu, Teleskop Spitzer melihat 'titik sinar' pada perbesaran sekitar 20 hari sebelum OGLE. Dengan membandingkan delay antara apa dilihat Spitzer dan OGLE, astronom dapat menghitung jarak planet tersebut dari bumi. Usai mengetahui jarak tersebut, astronom mampu memperkirakan massa planet asing itu, yang setengah dari Planet Jupiter.

Selama ini, teknik mikrolensing telah berkontribusi atas penemuan 30 planet asing.

Temuan ini adalah yang pertama bagi Spitzer bisamenemukan planet dengan teknik mikrolensing. Keberhasilan ini, setelah teleskop NASA itu melakukan upaya selama 22 kali dengan OGLE dan teleskop darat lainnya.

Namun, astronom masih akan memanfaatkan Spitzer pada 120 usaha mikrolensing sepanjang musim panas tahun ini. Penemuan planet raksasa alien terus dilakukan penelitian lebih lanjut guna memastikan kebenaran ada alien disana.

Nah itulah planet yang mendapat julukan planet raksasa yang sering diberi sebutan planet raksasa jovian.

Baca Juga: Tornado Raksasa di Matahari Ini Dapat Menampung 7 Bumi Sekaligus!
loading...

2 Responses to "MENGGERIKAN! Ditemukan Planet Raksasa Milik Alien Jauh dari Bumi"

  1. wah keren ya, ntah gimaana caranya bisa nemuin planet kaya gituan, keren gan informasinya :D buat nambah pengentahuan :D yang tentang" astronomi kayannya bagus gan di post di blog :D saran aja :D

    ReplyDelete